Sukses


Unsur-unsur Cuaca dan Iklim yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Perbedaan cuaca dan iklim adalah perihal ukuran waktu. Cuaca adalah keadaan yang terjadi pada atmosfer, langit atau udara di bumi.

Cuaca berbeda di berbagai belahan dunia terjadi dalam hitungan menit, jam, hari, dan minggu. Perbedaan cuaca biasanya terjadi akibat suhu dan kelembapan yang berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya.

Perubahan cuaca sangat dipengaruhi beberapa faktor di sekitar wilayahnya. Itulah sebabnya kondisi udara di setiap pulau bisa berbeda karena sudut pemanasan matahari dan kemiringan sumbu bumi.

Sementara, iklim adalah rata-rata peristiwa cuaca selama periode waktu yang lebih lama (biasanya 30 tahun atau lebih). Beberapa ilmuwan mendefinisikan iklim sebagai cuaca rata-rata untuk wilayah dan periode waktu tertentu.

Jadi, perbedaan cuaca dan iklim adalah bahwa cuaca terdiri dari perubahan jangka pendek (menit ke bulan) yang terjadi di atmosfer.

Cuaca dan iklim di bumi ini senantiasa berubah-ubah. Walau begitu, sifat dan polanya pada kawasan tertentu memiliki kecenderungan yang sama.

Cuaca dan iklim dapat terbentuk karena beberapa unsur-unsur. Apa saja unsur-unsur cuaca dan iklim?

Berikut ini rangkuman tentang unsur-unsur cuaca dan iklim yang perlu diketahui, seperti dilansir dari lamanĀ Pendidikan.co.id, Jumat (7/5/2021).

2 dari 4 halaman

Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim

Sinar Matahari

Matahari memancarkan sinarnya ke segala arah, dan bumi yang mengelilinginya menerima sinar matahari tersebut.

Proses penyinaran matahari pada bumi disebut insolasi. Sebagai akibat penyinaran matahari, terjadi pemanasan di permukaan bumi. Proses pemanasan tersebut dinamakan radiasi. Radiasi dari sinar matahari menjadi sumber pemanas utama bagi bumi.

Tekanan udara

Tekanan udara merupakan gaya yang timbul akibat keberadaan berat lapisan udara. Tekanan udara disebut juga dengan kerapatan massa udara dalam suatu wilayah tertentu, dan bisa berubah. Tekanan udara diukur menggunakan barometer.Ā 

3 dari 4 halaman

Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim

Kelembaban udara

Kelembapan udara adalah kandungan uap air yang ada di udara pada waktu tertentu. Kelembaban udara bisa berubah-ubah dan tergantung pada suhu di suatu tempat. Pengukuran kelembapan udara menggunakan higrometer.

Suhu

Suhu menjadi satu di antara faktor dari perubahan cuaca. Suhu dengan temperatur berbeda dari tempat yang satu dan lainnya akan berpengaruh pada cuaca.

Penyebab perubahan suhu hingga memengaruhi cuaca dan iklim adalah:

  • Durasi dan sudut sinar matahari ke bumi, akibat letak lintang suatu wilayah.
  • Ketinggian suatu wilayah. Area datar biasanya menerima panas matahari lebih besar.
  • Kondisi awan. Makin banyak awan, maka panas matahari akan banyak terserap oleh awan tersebut dan bumi hanya menerima lebih sedikit.
  • Kondisi pepohonan di bumi. Makin banyak tumbuhan tinggi, maka panas matahari akan tertahan.
4 dari 4 halaman

Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim

Angin

Angin dalam jumlah yang besar diakibatkan oleh rotasi bumi serta adanya perbedaan tekanan udara di sekitar. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan rendah. Angin dapat diukur dengan anemometer.

Curah hujan

Curah hujan adalah jumlah atau intensitas air hujan yang turun di suatu tempat dalam kurun tertentu. Tingginya curah hujan di setiap wilayah berbeda-beda, tergantung garis lintang, ketinggian tempat, arah angin, suhu udara, serta luas daratan. Curah hujan diukur dengan ombrometer.

Awan

Awan merupakan kumpulan titik air atau kristal es yang terjadi karena adanya kondensasi uap air yang terdapat pada atmosfer, awan terjadi karena udara yang mengandung uap air naik sehingga suhunya turun sampai di bawah titik embun, awan ini dapat berupa benda padat atau gas.

Ā 

Sumber: Pendidikan

Video Populer

Foto Populer