Sukses


Jenis-Jenis Statistik Beserta Penjelasannya yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Statistik adalah hasil data yang ditampilkan dalam bentuk grafik, tabel, dan lain sebagainya. Secara umum, statistik banyak digunakan dalam berbagai bidang studi, seperti ekonomi, bisnis, manufaktur, pemasaran, dan lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), statistik adalah angka-angka atau catatan yang dikumpulkan, dikelompokkan, dan ditabulasi sehingga didapatkan informasi berkaitan dengan masalah tertentu.

Angka atau data yang ditampilkan dalam statistik ini diperoleh dari hasil pengumpulan data baik berupa wawancara maupun tanpa wawancara.

Statistik pada dasarnya adalah data-data yang dihasilkan dari pengolahan yang dipelajari di statistika. Jadi, statistika adalah ilmunya, sedangkan statistik adalah datanya.

Di sisi lain, ada beberapa jenis statistik yang perlu diketahui. Apa saja jenis-jenis statistik yang ada?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis statistik beserta penjelasannya, seperti dilansir dari lamanĀ Sarjanaekonomi, Senin (10/5/2021).

2 dari 4 halaman

Tujuan dan Fungsi Statistik

Sebelum membahas jenis-jenis statistik, perlu diketahui tujuan dan fungsinya. Berikut ini tujuan dan fungsi statistik:

Tujuan Statistik

1. Untuk membuat deskripsi atau untuk menjelaskan data mengenai populasi yang diselidiki.

2. Untuk membantu membuat estimasi mengenai nilai yang tidak diketahui dengan berdasarkan data yang dianalisis.

3. Untuk membuat estimasi tentang suatu akibat hipotesis yang diterima. Estimasi tersebut yang nantinya akan dipakai sebagai dasar dalam mengambil keputusan.

4. Untuk mengurangi jumlah populasi yang luas pada ukuran yang lebih kecil supaya lebih mudah untuk dipahami.

Fungsi Statistik

Statistik mempunyai dua fungsi utama yang sangat penting bagi kegiatan atau aktivitas penelitian:

1. Fungsi Deskriptif

Fungsi statistik dapat mendeskripsikan atau menerangkan data serta peristiwa yang dikumpulkan dengan melalui proses penelitian dan penyelidikan.

2. Fungsi Inferensial

Fungsi statistik selanjutnya ialah digunakan untuk memprediksi serta mengendalikan seluruh populasi dengan berdasarkan data, gejala, dan peristiwa yang terdapat proses penelitian. Fungsi tersebut dimulai dengan membuat suatu estimasi dan hipotesis.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Statistik

Statistik dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan kriteria tertentu. Adapun jenis-jenis statistik, sebagai berikut:

1. Berdasarkan Orientasi Pembahasan

  • Statistik Matematika

Statistik matematika merupakan satu di antara jenis statistik yang lebih mengedapankan pemahaman terhadap model, rumus-rumus statistika secara matematika-teoritis, penurunan konsep. Misalnya, uji normalitas, analisis regresi, galat, dan lain-lain.

  • Statistik Terapan

Statistik terapan merupakan satu di antara jenis statistik yang lebih mengedapankan pada suatu pemahaman konsep, teknik statistika, serta penerapannya dalam disiplin ilmu tertentu.

2. Berdasarkan Fase dan Tujuan Analisis

  • Statistik Deskriptif

Statistik deskriptif merupakan satu di antara bentuk statistik yang berhubungan dengan pengumpulan pengolahan, analisis, dan penyajian data tanpa adanya suatu kesimpulan secara umum. Jenis statistik ini umumnya dalam bentuk tabel, grafik, diagram, modus, dan lain-lain.

  • Statistik Inferensial

Statistik inferensial merupakan satu di antara bentuk dari statistik yang prosesnya memungkinan diambilnya kesimpulan secara umum terhadap data yang diolah.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Statistik

3. Berdasarkan Asumsi Distribusi Populasi Data

  • Statistik parametik

Statistik parametik merupakan suatu jenis statistik yang dilakukan berdasarkan model distribusi normal.

  • Statistik Non-Parametik

Statistik non-parametik merupakan statistik yang dilakukan dengan metode distribusi bebas atau tidak berdasarkan pada suatu model distribusi normal.

4. Berdasarkan Jumlah Variabel Terikat

  • Statistik Univariat

Statistik univariat merupakan satu di antara jenis statistik yang hanya mempunyai satu variabel terikat.

  • Statistik Multivariat

Statistik multivariat merupakan suatu bentuk statistik yang mempunyai lebih dari satu variabel terikat.

Ā 

Ā 

Sumber: Sarjanaekonomi

Video Populer

Foto Populer