Sukses


Bacaan Niat Mandi Idul Fitri Lengkap Beserta Tata Caranya

Bola.com, Jakarta - Idul Fitri diartikan sebagai hari suci atau hari di mana umat Islam seperti terlahir kembali dan bersih dari dosa. Satu di antara amalan sunah di Hari Raya Idul Fitri adalah mandi sebelum melaksanakan salat Id.

BACA JUGA: Bacaan Niat Puasa 9 Dzulhijjah Di Awal Bulan Sebelum Idul Adha

Yap, disunnahkan mandi di pagi hari dengan mengguyur seluruh tubuh dan anggota badan, yakni dari rambut di kepala hingga telapak kaki dengan air. Mandi sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri bertujuan untuk menyucikan diri.

Namun, mandi sebelum sholat Idul Fitri tak seperti mandi biasa. Ada niat dan tata caranya yang penting untuk diketahui dan dipahami.

Adapun niat mandi Idul Fitri yang dimaksud ialah mandi sunnah yang dianjurkan sebelum salat Id. Hal tersebut mendapat pahala jika dilakukan dan tidak apa-apa jika ditinggalkan.

Jika kamu hendak menjalankan sunah tersebut, hal mendasar yang perlu diketahui adalah bacaan niat mandi hari raya Idul Fitri.

Berikut ini rangkuman tentang bacaan niat mandi Idul Fitri lengkap beserta tata caranya, seperti disadur dari Merdeka, Senin (10/5/2021).

2 dari 4 halaman

Bacaan Niat Mandi Idul Fitri

Telah diijelaskan dalam suatu hadits bahwa Rasulullah melakukan mandi terlebih dahulu sebelum melaksanakan salat dua rakaat pada Hari Raya Idul Fitri sebagaimana berikut ini:

"Bahwasannya Nabi Sallallahu 'Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha." (HR. Ibnu Majah)

Sementara itu, waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan mandi sunnah Idul Fitri adalah sebelum ataupun setelah dikerjakannya salat subuh. Namun, sesuai ajaran agama Islam, mandi sunnah sebelum salat Idul Fitri ini juga dapat dikerjakan mulai tengah malam. Hal tersebut sesuai penjelasan Syekh al-Baijuri berikut ini:

"Waktu masuknya mandi sunnah (Idul Fitri/Idul Adha) pada tengah malam." (Hasyiyatu Asy-Syaikh Ibrahim al-Baijuri ala Syarh al-Allamah Ibn al-Qasim al-Ghazi 'ala Matn asy-Syaikh Abi Syuja dalam al-Ilmiyyah, 1999).

Berikut niat mandi Idul Fitri untuk salat Id:

"Nawaitul ghusla li 'îdil fithri sunnatan lillahi ta’aalaa."

Artinya:

"Aku niat mandi untuk merayakan Idul Fitri sebagai sunnah karena Allah ta'aalaa."

3 dari 4 halaman

Tata Cara Mandi Idul Fitri

Tata cara mandi wajib Idul Fitri hendaknya dilakukan dengan benar sesuai tuntunan islam. Berikut langkahnya:

Tata cara mandi untuk pria

1. Membaca niat salat mandi sunnah Idul Fitri

Yang membedakan mandi sunnah dengan mandi seperti hari biasa yaitu membaca niat. Niat ini kita tujukan kepada Allah untuk menyucikan diri dan menghilangkan hadas besar.

2. Membasuh tangan sebanyak tiga kali dengan air yang mengalir

Setelah membaca niat, basuhlah tangan sebanyak tiga kali dengan air yang mengalir.

3. Membersihkan semua najis atau kotoran yang masih menempel pada tubuh

Bersihkan semua najis atau kotoran yang masih menempel pada tubuh, terutama pada sela-sela dubur dan kemaluan.

4. Melakukan wudu

Setelah bersih, berwudulah untuk menyucikan tubuh.

5. Mengguyur kepala

Setelah berwudu, langkah selanjutnya adalah mengguyur kepala sebanyak tiga kali.

6. Siram anggota badan

Mulailah menyiram anggota badan dari sebelah kanan terlebih dahulu, kemudian menyiram anggota badan sebelah kiri. Masing-masing anggota tubuh lakukan sebanyak tiga kali siraman.

7. Membasuh rambut

Bersihkan kepala dan rambut dengan cara memasukkan kedua tangan ke air lalu gosokkan ke kepala melalui sela-sela rambut, kemudian bilas sebanyak tiga kali.

8. Menggosok tubuh

Gosokklah bagian tubuh dari atas hingga bawah, depan, dan belakang tubuh sebanyak tiga kali.

9. Membilas tubuh

Langkah terakhir, bilas seluruh tubuh menggunakan air mengalir di mulai dengan sisi kanan terlebih dahulu kemudian ke bagian tubuh sisi kiri.

4 dari 4 halaman

Tata Cara Mandi Idul Fitri

Tata Cara Mandi untuk Wanita

1. Membaca niat salat mandi sunnah Idul Fitri

Sama seperti melakukan niat mandi haid dan nifas, bacalah niat mandi sunnah Idul Fitri terlebih dahulu. Niat ini kita tujukan kepada Allah untuk menyucikan diri dan menghilangkan hadats besar.

2. Mencuci tangan

Sama seperti pria, lakukan cuci tangan terlebih dahulu sebanyak tiga kali sebelum tangan tersebut dimasukkan ke ember atau bak air sebelum mandi.

3. Membersihkan kemaluan

Bersihkan kemaluan dengan tangan menggunakan tangan kiri, bersihkan kemaluan dari arah depan ke belakang agar tidak ada kotoran atau bakteri dari anus yang masuk ke kemaluan.

4. Mencuci tangan kembali

Setelah membersihkan kemaluan, bersihkan tangan kembali dengan menggosokkan tangan ke lantai atau dengan menggunakan sabun.

5. Berwudu

Setelah tangan bersih, berwudulah dengan sempurna seperti ketika hendak salat.

6. Menyiramkan kepala

Sama seperti pria setelah berwudu, langkah selanjutnya adalah mengguyur kepala sebanyak tiga kali.

7. Membasuh rambut

Bersihkan kepala dan rambut dengan cara memasukkan kedua tangan ke air lalu gosokkan ke kepala melalui sela-sela rambut, kemudian bilas sebanyak tiga kali.

8. Menggosok tubuh

Gosokklah bagian tubuh dari atas hingga bawah, depan, dan belakang tubuh sebanyak tiga kali.

9. Membilas tubuh

Langkah terakhir, bilas seluruh tubuh menggunakan air mengalir dimulai dengan sisi kanan terlebih dahulu kemudian ke bagian tubuh sisi kiri.

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter: Ani Mardatila. Published: 4/5/2021).

Video Populer

Foto Populer