Sukses


Ternyata Ini Penyebab Kucing Aktif dan Terjaga di Malam Hari

Bola.com, Jakarta Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk tidur dan mengistirahatkan tubuh. Namun, tidak dengan hewan peliharaan berbulu seperti kucing. Hewan yang terkenal suka tidur bahkan hingga 16 jam sehari ini, ternyata kerap kali aktif dan terjaga di malam hari.

Kebiasaan kucing yang masih terbangun di malam hari itu, tentu bisa menjadi kabar baik bagi kamu yang ingin punya teman di malam hari untuk menonton pertandingan sepakbola maupun melakukan aktivitas lain. Namun, jangan anggap sepele bila kucing terus menerus aktif dan tidak bisa tidur malam.

Selain karena naluri sebagai predator berburu, bisa jadi kucing yang selalu terjaga dan tidak bisa tidur di malam hari karena mengalami masalah kesehatan. Berikut ini beberapa alasan dan penyebab yang membuat kucing terjaga di malam hari.

Penglihatan yang spesial

Dokter hewan Marty Becker, DVM, menjelaskan dalam sebuah artikel di VetStreet bahwa alasan utama kucing tidak tidur di malam hari adalah karena berhubungannya dengan penglihatan mereka yang luar biasa. 

“Kucing memiliki penglihatan malam yang membuat malu setiap penemuan buatan. Jika dipikir-pikir, tidak mengherankan jika banyak kucing, terutama yang masih kecil, suka berkeliaran dalam kegelapan. Jika Anda punya rencana lain (seperti tidur), mereka benar-benar tidak peduli. Ini waktunya pertunjukan bagi kucing," kata Becker.

Naluri Berburu di Malam Hari

Kucing adalah salah satu predator terhebat, jadi masuk akal jika penyebab tidak tidur adalah karena mereka berburu mangsanya pada larut malam, meskipun mangsanya ternyata hanya mainan berbentuk tikus. 

 

 

2 dari 3 halaman

Bosan dan Gelisah

Perasaan bosan dan gelisah

Bukan hanya penglihatan malam dan naluri berburu yang membuat kucing tetap terjaga di malam hari. Seperti halnya manusia, ketika diliputi perasaan bosan, gelisah dan kebiasaan tidur yang buruk bisa menyebabkan masalah sulit tidur. Salah satu penyebab munculnya rasa bosan itu bisa jadi kurangnya perhatian dari pemilik.

Kucing merasa lapar

Rasa lapar kucing bisa muncul kapan saja, termasuk malam hari sekalipun. Ketika merasa lapar inilah kucing bisa mengalami susah tidur dan berusaha membangunkan Anda. Kalau Anda sudah memberikan makan, ia bisa dengan mudah tidur pulas.

Ada masalah kesehatan

Dalam kasus tertentu, kucing yang tidak mau dan tidur bisa jadi karena dia sakit atau mengalami masalah kesehatan. Kamu perlu memperhatikan dia untuk melihat gejala-gejala penyakit lain yang dialami kucing. Jika menemukan sesuatu yang tidak benar, bawalah kucing ke dokter hewan sesegera mungkin

 

3 dari 3 halaman

Cara Membantu Kucing Tidur

Menurut National Sleep Foundation, ada beberapa trik yang dapat kamu coba untuk membantu kucing tidur di malam hari.

Pertama, penting untuk memastikan kucing cukup beraktivitas di siang hari. Binatang peliharaan cenderung tidur lebih nyenyak setelah mereka banyak bergerak dan meregangkan kaki-kakinya, seperti halnya manusia. 

Kedua, ada baiknya untuk menjaga reaksimu jika  menangkap kucing yang tidak tidur dan berkeliaran di malam hari. Jika kamu marah atau kesal, reaksi seperti itu kemungkinan besar akan membuat kucing semakin bersemangat dan kecil kemungkinannya untuk tidur. Sebaiknya kamu langsung mencoba untuk menggiring dia tidur di tempat atau ruangan yang lain, sambil memberikan cemilan dan makanan favoritnya.

Bicara seputar makanan, penting sekali untuk memberikan makanan yang jumlah karbohidrat, protein, dan lemaknya seimbang. Ini diperlukan untuk menjaga tubuhnya, tulang dan bulu yang lebih sehat. Kamu bisa memberikan Muezza, makanan kucing yang sangat cocok dikonsumsi untuk kucing dewasa karena mengandung protein yang berkualitas tinggi. Muezza bukan hanya memperkuat tulang dan gigi saja, tapi juga mencukupi kebutuhan nutrisi lengkap dan seimbang lainnya.

Muezza mengandung ekstrak Yucca Schidigera juga sangat berkhasiat untuk menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan, sehingga kesehatan kucing lebih terjamin. Selain keunggulan itu, Muezza juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. Jadi aman banget pastinya dikonsumsi untuk si kucing kesayangan. Segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Video Populer

Foto Populer