Sukses


Macam-Macam Komunikasi Beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Komunikasi adalah sebuah bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Komunikasi tersebut bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, yakni dengan menggunakan media.

Secara etimologis, kata komunikasi berasal dari bahasa latin communicare yang artinya 'menyampaikan'.

Sementara, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.

Secara umum, pengertian komunikasi adalah suatu aktivitas penyampaian informasi, baik itu pesan, ide, dan gagasan, dari satu pihak ke pihak lainnya.

Sementara itu, komunikasi terjadi tentunya melalui sebuah proses. Proses komunikasi biasanya dimulai dengan adanya bahan pembicaraan yang dilontarkan oleh pembicara yang kemudian diterima oleh penerima.

Tak hanya manusia melakukan komunikasi, hewan juga berkomunikasi dengan sesama spesiesnya dengan menggunakan cara komunikasi tersendiri.

Di sisi lain, ada berbagai macam komunikasi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja macam-macam komunikasi tersebut?

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam komunikasi beserta penjelasan, seperti dilansir dari laman Teropong.id, Rabu (19/5/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

1. Macam-Macam Komunikasi Berdasarkan Penyampaiannya

Macam-macam komunikasi berdasarkan penyampaiannya terbagi menjadi dua, yaitu:

Komunikasi Lisan

Komunikasi lisan merupakan suatu yang terjadi secara langsung dan tidak ada batas jaraknya. Contoh komunikasi lisan ialah rapat, wawancara, atau dua orang yang saling mengobrol.

Komunikasi lisan juga bisa terjadi secara tidak langsung karena terpisah jarak seperti berbicara lewat sambungan telepon.

Komunikasi Tertulis

Komunikasi tertulis ini sudah sangat familier pada zaman sekarang. Komunikasi lisan tersebut biasanya dilakukan menggunakan pesan singkat, seperti melalui WhatsApp dan media sosial lainnya.

Dalam contoh lain, ada dalam bentuk naskah, gambar/foto yang diberi tulisan atau kata-kata. Termasuk juga melalui spanduk yang biasa digunakan untuk menyampaikan informasi kepada banyak orang.

3 dari 5 halaman

2. Macam-Macam Komunikasi Berdasarkan Tujuannya

Macam-macam komunikasi berikutnya adalah komunikasi menurut tujuannya. Jadi, dalam komunikasi jenis ini terdapat tujuan dari komunikator.

Apabila tidak ada inisiatif atau tujuan dari komunikator, maka maksud yang disampaikan tidak akan tercapai, contohnya adalah:

  • Berpidato
  • Memberi saran
  • Memerintah sesuatu untuk dilakukan
  • Memberikan ceramah
  • Wawancara

Dari contoh di atas diketahui bahwa inisiatif dari komunikator adalah faktor penting dalam terjadinya sebuah komunikasi.

4 dari 5 halaman

3. Macam-Macam Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup

Berdsarkan ruang lingkupnya, komunikasi dibedakan menjadi:

Komunikasi Internal

Komunikasi internal merupakan komunikasi yang terjadi dalam ruang lingkup atau lingkungan organisasi atau perusahaan, komunikasi ini terjadi antara individu dalam lingkup itu. Dalam aplikasinya, komunikasi internal biasanya ada tiga jenis:

  • Komunikasi vertikal, biasanya terjadi dalam bentuk atasan ke bawahan, seperti perintah bos, teguran, peringatan, dan lain-lain.
  • Komunikasi horizontal, biasanya terjadi dalam lingkup organisasi atau kantor sukarelawan yang semuanya sejajar.
  • Komunikasi diagonal, biasanya terjadi di dalam ruang lingkup organisasi atau kantor.

Komunikasi Eksternal

Komunikasi eksternal adalah komunikasi yang terjalin antara organisasi atau organisasi dengan masyarakat dalam berbagai bentuk. Contoh komunikasi eksternal ialah pameran, publikasi, konferensi pers, siaran televisi, radio, dan bakti sosial.

5 dari 5 halaman

4. Macam-Macam Komunikasi Berdasrkan Aliran Informasi

Selain menurut ruang lingkupnya, macam-macam komunikasi lainnya adalah komunikasi menurut aliran informasi. Dalam komunikasi ada beberapa arah dalam penyampaiannya.

Arah informasi inilah yang akan menentukan macam komunikasi yang terjadi. Maka, menurut aliran informasi yang terjadi, komunikasi terbagi menjadi:

  • Komunikasi satu arah

Komunikasi satu arah adalah komunikasi yang berasal dari satu pihak saja. Biasanya komunikasi ini terjadi apabila dalam keadaan darurat atau memang karena sistem yang berjalan di suatu organisasi seperti itu, misalnya antara guru dengan murid, dan sebagainya.

  • Komunikasi dua arah

Komunikasi ini bersifat timbal balik, dalam aplikasinya, komunikasi ini terjadi tidak hanya satu pihak saja, melainkan keduanya terlibat dalam memberikan respons atau feed back terhadap lawan bicaranya.

  • Komunikasi ke atas

Komunikasi yang terjadi dari bawahan kepada atasan.

  • Komunikasi ke bawah

Komunikasi dari atasan ke bawahan.

  • Komunikasi ke samping

Komunikasi yang terjadi antara orang-orang yang sejajar dalam kedudukan.

 

Sumber: Teropong

Video Populer

Foto Populer