Sukses


Unsur-Unsur Resensi dan Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Resensi adalah suatu penilaian pada sebuah karya. Resensi juga bisa diartikan sebagai kegiatan menilai, membahas, mengkritik atau mengungkapkan kembali isi dalam sebuah karya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resensi adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku.

Sementara secara etimologi, resensi berasal dari bahasa Belanda 'resentie' dan bahasa Latin 'recensio', 'recensere' atau r'evidere', yang memiliki arti mengulas kembali atau melihat kembali. Dalam bahasa Inggris, resensi dikenal dengan istilah 'review'.

Dalam menulis resensi suatu karya harus terdiri dari kelebihan, kekurangan, dan informasi yang diperoleh dari buku atau karya.

Resensi yang baik harus memiliki unsur resensi yang lengkap dan jelas. Unsur resensi menjadi bagian wajib dalam resensi apa pun baik itu buku, jurnal, film, lagu, dan karya lainnya.

Unsur resensi merupakan tolok ukur dari kesempurnaan sebuah resensi yang dibuat. Apa saja unsur-unsur resensi yang penting untuk diketahui?

Berikut ini rangkuman tentang unsur-unsur resensi dan manfaatnya yang perlu diketahui, dilansir dari lamanĀ Zonareferensi.com, Kamis (3/6/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Unsur Resensi

1. Judul Resensi

Unsur pertama yang harus ada dalam sebuah resensi adalah judul. Judul yang menarik dan menjiwai seluruh isi tulisan menjadi satu di antara unsur yang penting dalam sebuah resensi. Judul tidak perlu dibuat terlebih dahulu, kamu masih bisa membuatnya saat tulisan resensi sudah selesai.

2. Menampilkan Data Buku atau Karya

Mencantumkan data buku, seperti judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit beserta cetakannya, jumlah halaman, serta harga buku.

3. Isi Resensi

Unsur resensi yang ketiga adalah isi. Kamu tentu harus menulis isi resensi buku atau film yang berisi sinopsis, ulasan singkat, dan akan lebih baik jika dilengkapi dengan kutipan singkat dari karya yang diresensi, keunggulan, kelemahan, rumusan kerangka, serta bahasa yang digunakan dalam karya tersebut.

4. Penutup Resensi

Unsur resensi yang keempat adalah penutup resensi. Umumnya pada bagian penutup terdapat alasan mengapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa karya tersebut ditujukan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Resensi

Manfaat Resensi

1. Sebagai bahan pertimbangan

Memberikan gambaran pada pembaca mengenai sebuah karya dan memengaruhi mereka atas karya tersebut.

2. Mendapat imbalan

Mendapat imbalan serta buku yang diresensikan secara gratis dari penerbit buku jika resensinya dimuat di koran atau majalah.

3. Sarana promosi

Buku yang diresensi adalah buku baru sehingga resensi menjadi media untuk mempromosikan buku baru tersebut.

4. Mengembangkan kreativitas

Makin sering menulis maka akan makin terasah dalam kebiasaan menulis untuk setiap individu. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan kreativitas menulis.

Ā 

Sumber: Zonareferensi

Video Populer

Foto Populer