Sukses


Cara Mudah Membuat Daftar Isi Secara Otomatis, Cepat dan Enggak Ribet

Bola.com, Jakarta - Daftar isi merupakan penyajian sistematik dalam sebuah karya tulis, seperti makalah atau skripsi. Daftar isi berfungsi untuk memudahkan pembaca mencari subjudul atau halaman yang ingin ditinjau.

Tak bisa dimungkiri, saat berhadapan dengan dokumen yang panjang terkadang sulit mengingat halaman berapa informasi yang sedang dicari. Maka dari itu penting adanya daftar isi dalam dokumen yang panjang.

Untuk membuat daftar isi sebenarnya cukup mudah diterapkan. Namun, terkadang masih ada yang bingung membuat daftar isi dan belum rapi.

Kondisi tersebut yang biasanya membuat seseorang menghabiskan banyak waktu hanya untuk menyelesaikan atau merapikan daftar isi saja. Apalagi jika membuatnya masih secara manual.

Membuat daftar isi makalah yang rapi bisa menggunakan cara otomatis pada Microsoft Word. Cara tersebut terbilang mudah dan cepat alias tidak perlu ribet. Bagaimana caranya?

Berikut ini rangkuman tentang cara membuat daftar isi secara otomatis, seperti dilansir dari laman Bocahkampus.com, Kamis (17/6/2021).

2 dari 4 halaman

Langkah-Langkah Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Langkah-Langkah Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

1. Blok Judul atau Subjudul yang Ada pada Dokumen

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan blok pada judul atau subjudul yang kamu inginkan. Kamu bisa melakukannya dengan melakukan select atau langsung klik tiga kali pada judul/subjudul.

2. Pilih Tipe Heading yang Diinginkan

Selanjutnya, pilih tipe heading yang diinginkan pada tab Home.

3. Atur Style pada Heading yang Dipilih

Setelah memilih tipe heading, biasanya secara default akan terpilih dengan style font yang berwarna biru. Untuk mengubahnya, klik kanan pada tipe heading kemudian pilih Modify.

4. Lakukan lagi pada Judul atau Subjudul yang Lain

Lakukan langkah-langkah di atas pada judul atau subjudul yang lain sampai halaman terakhir dokumen kamu.

5. Sisipkan Halaman Khusus untuk Daftar Isi (jika belum ada)

Nah, jika sebelumnya kamu sudah menyiapkan halaman khusus untuk daftar isi, kamu bisa melewati tahap ini. Namun, jika belum, kamu bisa menambahkan halaman khusus untuk daftar isi dengan memilih tab Insert > Blank Page.

Setelah diklik, nanti akan muncul halaman kosong baru pada dokumenmu. Kamu bisa juga menambahkan judul pada halaman tersebut

3 dari 4 halaman

Langkah-Langkah Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

6. Masukkan Daftar Isi melalui Tab References

Selanjutnya, untuk memasukkan daftar isi secara otomatis, pergi ke tab References > kemudian pilih Table of Contents.

7. Pilih Jenis Daftar Isi

Di menu Table of Contents, kamu akan diberi pilihan untuk menggunakan style daftar isi yang mana. Untuk membuat daftar isi secara otomatis, silahkan pilih Automatic Table 1 atau Automatic Table 2.

8. Update Konten pada Daftar Isi (jika diperlukan)

Jika kamu melakukan perubahan pada dokumen yang menyebabkan urutan halamannya berubah atau bertambah, kamu harus meng-update daftar isi yang kamu buat agar tetap sesuai.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu klik tombol Update Table yang ada pada halaman daftar isi. Nantinya, kamu akan diberi dua pilihan, yaitu update page numbers only dan update entire table.

  • Update Page Numbers Only

Menu ini digunakan jika kamu tidak mengubah judul, namun hanya menambah tulisan saja sehingga menyebabkan halamannya bertambah atau berkurang. Menu ini akan meng-update nomor halamannya saja sesuai dengan perubahan yang kamu lakukan.

  • Update Entire Table

Menu ini digunakan jika kamu telah mengubah isi dan judul atau subjudul pada dokumen. Menu ini akan meng-update judul yang ada pada daftar isi sekaligus perubahan nomor halamannya.

Tips: Sebaiknya, selalu pilih opsi kedua (update entire table) agar daftar isi dan kontennya selalu sinkron.

4 dari 4 halaman

Langkah-Langkah Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

9. Sesuaikan Format Tulisan pada Daftar Isi

Setelah melakukan tahap di atas, seharusnya daftar isi secara otomatis sudah muncul, lengkap beserta titik-titik dan nomor halamannya. Namun, biasanya format tulisannya masih menggunaan format default.

Untuk menyesuaikannya, kamu bisa melakukan blok atau select pada keseluruhan tulisan yang ada pada kotak daftar isi, kemudian pilih font dan format tulisan yang sesuai dengan dokumen.

Jika kamu ingin menggunakan font Times New Romans ukuran 12, kamu bisa melakukan langkah berikut:

  • Pertama, blok konten pada daftar isi dengan mengklik titik 3
  • Kemudian, atur jenis font dan ukurannya pada tab Home.

10. Simpan Dokumen

Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan dokumen agar perubahannya tidak hilang. Simpan dengan menekan CTRL + S atau memilih icon save pada bagian atas.

Selesai. Daftar isi otomatis berhasil dibuat pada dokumen wordmu.

 

Sumber: Bocahkampus

Video Populer

Foto Populer