Sukses


7 Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Tak Sedap, Mudah dan Aman

Bola.com, Jakarta - Bau kaki yang tak sedap kerap kali menganggu diri sendiri dan orang lain. Maka dari itu, cara menghilangkan bau kaki banyak diburu, terutama oleh mereka yang mengalami masalah ini.

Bau kaki kerap kali berasal dari keringat berlebih di daerah kaki dan sering lupa dibersihkan. Apalagi jika orang tersebut sering mengenakan alas kaki saat beraktivitas seharian.

Bau kaki makin parah saat melepas alas kaki karena telah tertutup seharian tanpa mendapat asupan udara.

Itulah mengapa, penting merawat kaki agar terhindar dari jamur atau aktivitas lain yang mengeluarkan bau. Perlu perawatan rutin dan saksama agar bau kaki bisa hilang.

Melakukan perawatan kaki bisa dilakukan di rumah agar lebih murah dan tak mengeluarkan ongkos yang mencekik.

Berikut cara menghilangkan bau kaki yang tak sedap, dinukil dari Klikdokter, Jumat (18/6/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Tak Sedap

1. Jaga kebersihan kaki

Cara pertama untuk menghilangkan bau kaki, yakni membersihkan kaki secara rutin dengan sabun dan air mengalir. Jangan lupa untuk menggosok kaki secara perlahan dengan spons, paling tidak satu hari sekali.

Pastikan sel kulit mati terangkat dan daerah sela jari kaki bersih sempurna. Ini penting agar bakteri atau jamur penyebab bau kaki tidak datang menghampiri.

2. Potong kuku

Jika kuku sudah terlihat memanjang, segera potong sebelum menjadi sarang bakteri atau kuman penyebab bau kaki. Setelah dipotong, jangan lupa untuk membersihkannya sampai pinggiran kuku hingga kotoran yang menempel hilang sepenuhnya.

3. Ganti kaus kaki secara berkala

Ganti kaus kaki setiap hari, lebih sering lagi jika Anda rutin olahraga atau melakukan aktivitas berat. Jangan menggunakan kaus kaki yang lembap atau basah karena dapat meningkatkan laju pertumbuhan bakteri atau jamur penyebab bau kaki.

Anda disarankan untuk menggunakan kaus kaki yang mampu menyerap keringat dengan baik. Dengan begitu, kelembapan kaki akan senantiasa terjaga dan bau kaki tak sedap tidak akan menghampiri.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Tak Sedap

4. Mengganti sepatu secara berkala

Jika memungkinkan, batasi penggunaan satu sepatu yang sama dalam sehari. Misalnya, Anda dapat melepas sepatu sementara dan menggunakan sandal. Hal ini dapat memberikan kesempatan bagi kaki Anda untuk mengering sehingga kemungkinan timbul bau kaki juga lebih kecil.

Di samping itu, usahakan untuk mengganti sepatu yang digunakan setiap dua hari sekali. Hal ini dilakukan agar sepatu yang sebelumnya dipakai bisa mengering dan terbebas dari kelembapan.

Pada proses ini, jangan lupa untuk mengeluarkan alas sepatu bagian dalam agar proses pengeringan berlangsung sempurna.

5. Gunakan alas kaki yang sesuai

Pakailah sepatu dengan ventilasi udara yang baik. Hindari menggunakan sepatu yang terlalu tertutup karena lebih mudah lembap dan menyebabkan bau kaki.

Hindari pula menggunakan sepatu yang masih basah atau belum kering sepenuhnya karena dapat membuat bakteri dan jamur penyebab bau kaki tumbuh lebih pesat.

Dalam keadaan santai atau saat cuaca sedang panas, gunakan alas kaki yang terbuka agar kaki tidak mudah lembap.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Tak Sedap

6. Gunakan antijamur dan anti bau

Gunakan semprotan atau bedak khusus yang bersifat antijamur di kaki sekali sehari. Hal ini bertujuan agar kaki tidak ditumbuhi jamur yang bisa menyebabkan bau kaki.

Pada sepatu, semprotkan cairan anti bau secara berkala. Penggunaan semprotan ini dapat membantu melepaskan bau yang terperangkap di dalam sepatu dan menggantinya dengan aroma yang lebih sedap jika terhirup.

7. Rendam kaki dengan air garam

Merendam kaki di air garam bisa membantu proses pembuangan sel-sel kulit lama dan kotoran di kaki. Karenanya, ini bisa membantu mengatasi aroma kaki yang tak sedap.

Caranya mudah, yakni larutkan setengah cangkir garam Epsom atau garam Inggris dalam sebaskom air. Rendam kaki dalam air garam selama 10-20 menit.

 

Sumber: Klikdokter

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer