Sukses


Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar, Pahami Strukturnya

Bola.com, Jakarta - Makalah adalah karya tulis yang memuat pembahasan topik atau masalah tertentu. Bagi para pelajar atau mahasiswa, penting untuk mengetahui cara membuat makalah yang baik dan benar.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makalah mempunyai dua makna. Pertama, makalah merupakan tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan.

Kemudian yang kedua, makalah merupakan karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Banyak orang mengira bahwa makalah, paper, dan jurnal ilmiah merupakan suatu produk yang sama, tetapi sebenarnya beberapa jenis karya tulis tersebut memiliki karakter dan tujuan yang berbeda-beda.

Seperti karya tulis lainnya, dalam membuat makalah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar?

Berikut ini rangkuman tentang cara membuat makalah yang baik dan benar, seperti dilansir dari laman Sarjanaekonomi.com, Senin (21/6/2021).

2 dari 5 halaman

Struktur Makalah

Sebelum membahas cara membuat makalah yang benar, perlu diketahui terlebih dahulu strukturnya. Berikut ini struktur makalah:

Cover

Cover atau sampul dalam makalah harus memuat judul makalah, nama penulis, logo lembaga/institusi, tempat dan tahun terbit. Untuk bagian cover atau depan kertas, sebaiknya penulisan menggunakan aturan rata tengah (center) agar cover terlihat lebih rapi dan bagus.

Kata Pengantar

Kata pengantar mencakup keseluruhan makalah yang membahas isi makalah secara menyeluruh, tetapi tidak spesifik dan detail. Hal ini bertujuan agar pembaca mempunyai pandangan umum mengenai arah dari penelitian yang ada dalam makalah tersebut.

Selain itu, pada bagian ini juga berisi penjelasan waktu penulisan makalah, tempat penelitian, serta pihak-pihak yang ikut mengarahkan dalam menyelesaikan makalah baik individu, instansi maupun lembaga-lembaga tertentu yang terlibat atau memberikan sumbangsih.

Daftar Isi

Daftar isi merupakan sebuah halaman yang memuat sebuah informasi dari halaman dari sebuah konten dalam makalah atau daftar dari susunan informasi tentang halaman yang ingin dibaca.

Pendahuluan

Pendahuluan adalah pembahasan dari awal topik penelitian dalam makalah, disusun oleh dan dari sudut pandang penulis. Pendahuluan dapat dijelaskan secara umum dan singkat dan biasanya terdiri dari tiga subbab yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan.

  • Latar Belakang

Pada bagian ini dijelaskan permasalahan yang ditemukan dan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti serta dianalisis dalam makalah.

  • Rumusan Masalah

Rumusan masalah adalah hasil dari bahasan pada latar belakang yang telah diulas sebelumnya. Rumusan masalah biasanya singkat dan padat, berisi poin-poin pertanyaan atau masalah yang diteliti.

  • Tujuan Pembahasan

Tujuan pembahasan berisi manfaat penelitian yang akan dilakukan. Manfaat diperoleh setelah ditemukan hasil atau kesimpulan dari permasalahan dan konfirmasi dari hipotesa awal.

Tujuan pembahasan biasanya ditulis secara singkat tetapi menggambarkan dan mendeskripsikan manfaat penelitian kepada pembaca.

3 dari 5 halaman

Struktur Makalah

Isi/Pembahasan

Isi menjelaskan tentang permasalahan, penelitian yang dilakukan, metode penelitian, tempat penelitian, sasaran penelitian, serta penjabaran hasil data-data yang diperoleh di lapangan.

Data yang diperoleh bisa berupa data kualitatif, data kuantitatif, maupun metode campuran.

Kesimpulan

Kesimpulan adalah penjabaran dari hasil penelitian yang didapatkan. Kesimpulan juga menjabarkan apakah penelitian yang dilakukan telah menjawab rumusan masalah atau masih diperlukan penelitian lanjutan.

Saran

Saran ditujukan kepada pembaca. Saran diambil dari kesimpulan penelitian agar dapat dikembangkan, ditindaklanjuti, maupun diterapkan.

Saran berisi manfaat penelitian kepada pembaca berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan harapan agar dilaksanakan atau diterapkan oleh pembaca.

Penutup

Penutup berisi harapan penulis kepada pembaca. Penulis dapat memberikan kesan dan pesan serta ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung penulis atas kontribusinya untuk menyelesaikan makalah penelitian.

Pada bagian penutup perlu dijelaskan kekurangan serta kelebihan dalam penulisan makalah penelitian.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi referensi yang dicantumkan atau yang digunakan dalam penyusunan makalah. Referensi tersebut bisa berasal dari jurnal, maupun buku.

Penulisan daftar pustaka harus disusun secara sistematis serta diurutkan secara sistematis berdasarkan abjad nama pengarang.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Makalah

1. Tentukan Tema/Topik Pembahasan

Dalam membuat makalah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan sebuah tema atau topik yang ingin kamu bahas dalam sebuah makalah.

Jika kamu mendapat tugas dari guru/dosen dan temanya telah ditentukan, kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya. Tetapi, kalau belum, kamu harus memikirkan dulu tema atau topiknya.

Sebisa mungkin, pilihlah tema yang sekiranya bisa menguasai dan memiliki wawasan lebih tentang topik yang dipilih.

2. Tentukan Judul Makalah

Judul makalah sangat penting, terutama untuk menentukan topik dalam makalah yang akan dikerjakan. Buatlah judul semenarik mungkin agar para pembaca tertarik untuk membaca makalah yang kamu buat.

Selain manarik, judul harus jelas dan berhubungan dengan tema yang kamu pilih.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Makalah

3. Kumpulkan Bahan Referensi

Setelah memiliki tema dan judul, saatnya mengumpulkan bahan referensi atau data yang diperlukan dalam penyusunan makalah.

Referensi bisa kamu dapatkan dari berbagai jurnal, buku, atau artikel yang ada di internet seperti media online. Khusus untuk artikel yang ada di internet, pilihlah yang sumbernya jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

4. Tulis Makalah Secara Sistematis

Dalam menyusun makalah, sebaiknya dilakukan secara sistematis sesuai struktur makalah yang sudah dijelaskan di atas.

Mulai dari bagian pendahuluan terlebih dahulu, fokus terhadap isi makalah yang kamu pilih temanya, kemudian tutup dengan kesimpulan yang jelas.

5. Sunting Makalah

Setelah makalah yang dibuat selesai, jangan terburu-buru untuk mempublikasikannya. Penting untuk memeriksa isi makalah yang dibuat agar tidak ada kesalahan.

Cek terlebih dahulu apakah makalah yang kamu buat sudah sesuai struktur makalah yang ada. Kemudian cek juga kesalahan ejaan, dalam penulisan, dan bahasa yang kamu gunakan. 

 

Sumber: Sarjanaekonomi

Video Populer

Foto Populer