Sukses


4 Poin Penting Agar Lebih Mudah Melatih Kucing

Bola.com, Jakarta Banyak trik melatih kucing yang bisa kamu praktekkan untuk membuat si kucing merespon dan mengerti instruksi kamu. Tapi, ingatlah bahwa kucing tidak seperti anjing yang bisa lebih mudah patuh dan disiplin. Saat melatih kucing, sangat penting bagi pemilik hewan berbulu lucu ini menghargai setiap upaya mereka. 

Agar semua trik melatih kucing lebih efektif dan berhasil, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan.

1. Siapkan Hadiah

Cara paling efektif bagi kucing untuk belajar adalah dengan fokus pada perilaku yang baik dan memberi mereka hadiah. Misalnya makanan kucing kering, basah, potongan ayam, maupun camilan khusus kucing. Bila makanan yang menjadi hadiah, pastikan berukuran kecil, agar tidak berefek pada masalah berat badan.

Beberapa kucing mungkin lebih suka perhatian ekstra daripada makanan, tetapi jika itu hadiahnya, pastikan itu datang setelah perilaku yang diinginkan sehingga kucing mengerti mengapa mendapatkan sedikit cinta ekstra.

Selain itu, menghukum kucing tidak disarankan, karena ini akan membuat mereka tidak belajar. Mereka malah bisa merasa stres dan menyebabkan masalah perilaku dan kesehatan.

2 dari 3 halaman

2. Clicker

Clicker adalah alat yang sangat baik dan umum digunakan untuk melatih kucing. Alat ini membantu kucing memahami segala hal yang diinstruksikan oleh teman manusianya. Biasanya, mereka akan mematuhi perintah, mendengar bunyi klik, dan kemudian mendapatkan hadiah ini membantu mereka memahami lebih cepat. Pelatihan kucing dengan clicker sangat baik untuk kucing aktif.

3. Trik Singkat

Saat kamu memulai sesi latihan, ingatlah untuk membuatnya pelatihan secara singkat agar kucing bisa fokus. Menggunakan clicker selama perilaku yang diinginkan, bukan setelahnya, adalah kunci untuk membantu kucing memahami suara dan instruksi. Trik singkat bisa kamu prakttekan sebelum waktu makan kucing.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

3 dari 3 halaman

4. Santai saja

Jangan terburu-buru mengajari kucing kamu banyak trik baru sekaligus. Pecahkan menjadi satu trik kecil atau langkah demi langkah dan lanjutkan ke trik lebih lanjut.

Pertahankan sesi latihan hanya dua menit atau 10 kali latihan agar perhatian kucing kamu tidak teralihkan. Mungkin perlu waktu berbulan- bulan bagi kucing kamu untuk memahami triknya, tetapi jika kamu sabar itu akan membuahkan hasil yang menyenangkan.

Penuhi Kebutuhan Gizi Kucing

Banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan kulit dan bulu kucing, termasuk vitamin, mineral, asam lemak dan protein. Kadar yang tidak mencukupi, atau ketidakmampuan untuk menyerap nutrisi sepenuhnya, dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Kucing membutuhkan asam lemak omega 3 dalam kadar yang kecil hingga sedang, tergantung pada pertambahan usia maupun kondisi kesehatannya. Kebanyakan cat food sudah diperkata dengan 0,03 hingga 2 persen omega 3 yang seharusnya cukup untuk memenuhi kebutuhan hariannya. 

Kini, tak perlu repot mencari atau mengolah sendiri makanan kucing demi memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3. Berikan saja Muezza yang dibuat dari bahan-bahan alami dan diolah dengan teknologi modern. Bukan hanya terjamin higienis, kandungan nutrisi di dalamnya pun tetap terjaga dan bermanfaat bagi kesehatan kucing karena tanpa bahan tambahan sintetik.

Muezza tersedia dalam 4 varian rasa lengkap dengan aroma yang kuat untuk meningkatkan selera makan kucing, seperti Salmon Flavor, Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, dan Tuna Flavor. Bukan hanya sehat dan lezat, brand makanan kucing kering ini pun juga sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Tak perlu ragu lagi memegang dan memberikan cat food secara langsung pada anabul, juga bebas khawatir saat terkena liur hewan peliharaan, baik ketika membelai atau mencuci peralatan makan di tempat cuci piring. Bisa dibeli secara online di Shopee dan Tokopedia.

 

(*)

 

Video Populer

Foto Populer