Sukses


4 Cara Mudah Mengecilkan Ukuran Foto, Bisa Lewat Smartphone dan Laptop

Bola.com, Jakarta - Dalam kehidupan sehari-hari yang makin canggih dan kompleks, banyak kebutuhan yang muncul, semisal cara untuk mengecilkan ukuran foto.

Hadirnya teknologi mengecilkan ukuran foto memiliki pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Mengecilkan ukuran foto umumnya digunakan dalam berbagai kepentingan sehari-hari, paling terasa seperti keperluan melamar pekerjaan, di mana calon pelamar diminta untuk mengunggah ukuran foto dengan ukuran tertentu.

Biasanya foto yang diminta berukuran tidak lebih dari 200kb, 2MB, atau 5MB.

Meski sudah lekat dengan kehidupan sehari-hari, masih ada di antara kita yang kurang memahami cara mengecilkan ukuran foto sehingga timbul kebingungan.

Nah, Anda tak perlu bingung lagi. Anda bisa menyimak cara mudah untuk mengecilkan ukuran foto di bawah ini dan mempraktikkannya.

Berikut beberapa cara mudah mengecilkan ukuran foto yang bisa dilakukan, baik itu di smartphone maupun laptop, disadur dari Merdeka, Kamis (1/7/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Smartphone

1. Cara mengecilkan ukuran foto di smartphone dengan aplikasi Photo Compress 2.0

Kini telah banyak beredar aplikasi untuk mengecilkan ukuran foto. Anda bisa mengecilkan ukuran foto melalui aplikasi Photo Compress 2.0. Adapun cara mengecilkan file foto dengan Photo Compress 2.0, sebagai berikut:

  • Langkah pertama, download aplikasi Photo Compress 2.0.
  • Setelah itu, buka aplikasi Photo Compress 2.0, pilih opsi Gallery, dan pilih foto yang akan Anda kompres.
  • Setelah memilih foto yang ingin diperkecil, ketuk tombol Compress, pilih kualitas dengan geser toogle yang tersedia, dan ketuk Compress sekali lagi.
  • Langkah berikutnya, simpan foto yang sudah terkompres, dengan cara ketuk Exit dan foto otomatis akan tersimpan.

2. Cara mengecilkan ukuran foto di smartphone tanpa aplikasi

Cara mengecilkan ukuran file foto juga bisa dilakukan tanpa aplikasi. Ada banyak situs web yang bisa digunakan untuk kompres foto, satu di antaranya adalah situs iLoveIMG. Adapun langkah-langkahnya, seperti berikut:

  • Buka situs iLoveIMG di https://www.iloveimg.com/id pada Chorme, lalu pilih foto untuk mulai memperkecil foto.
  • Setelah itu, pilih menu Kompres Gambar> Pilih Gambar untuk mengunggah foto yang ingin diperkecil.
  • Selanjutnya, ketuk Kompres Gambar di bagian bawah dan tunggu proses berjalan.
  • Jika sudah selesai, Anda bisa mengetahui ukuran foto dari gambar yang telah diproses oleh iLoveIMG. Untuk download, Anda hanya perlu ketuk Unduh Gambar yang Dikompres, maka otomatis akan tersimpan pada folder Downloads di smartphone.
3 dari 3 halaman

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop

3. Cara mengecilkan ukuran foto di laptop tanpa aplikasi

Tak hanya bisa melalui smartphone, Anda juga bisa mengecilkan file foto menggunakan laptop atau PC. Berikut ini cara mengecilkan ukuran file foto di laptop tanpa aplikasi:

  • Pertama, buka aplikasi browser di Laptop atau PC, kemudian buka situs IMGOnline di https://www.imgonline.com.ua/eng/compress-image-size.php.
  • Selanjutnya, unggah foto yang hendak dikompres dengan cara klik Choose File. Jika sudah, pilih opsi Compress jpg-file to: (...) Kbytes untuk memperkecil sesuai keinginan, lalu klik OK.
  • Klik Download processed image, simpan pada laptop atau PC.

4. Cara mengecilkan ukuran foto di laptop dengan aplikasi Paint

Cara mengecilkan ukuran file foto bisa menggunakan aplikasi bawaan laptop, yaitu aplikasi Paint. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Paint dan pilih foto yang ingin Anda perkecil.
  • Setelah itu, pilih opsi Resize pada toolbar.
  • Selanjutnya akan muncul jendela Resize and Skew dan atur Percentage atau Pixels sesuai kebutuhan. Pastikan Maintain aspect ratio sudah diaktifkan.
  • Terakhir, klik menu File>Save As>JPEG picture.

 

 

Disadur dari: Merdeka (Penulis: Jevi Nugraha. Published: 28/10/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer