Sukses


10 Cara Menambah Berat Badan Secara Alami, Efektif dan Jauh dari Risiko

Bola.com, Jakarta - Memiliki berat badan atau tubuh ideal menjadi idaman banyak orang. Kondisi tubuh yang ideal dapat membuat penampilan seseorang menjadi lebih menarik

Tidak hanya itu, berat badan yang ideal juga dapat menandakan bahwa seseorang memiliki keadaan tubuh yang sehat.

Dengan demikian, tidak heran banyak yang mencoba untuk memiliki kondisi tubuh atau berat badan yang ideal.

Untuk mereka yang merasa memiliki berat badan berlebih, program diet dianggap menjadi satu di antara pilihan yang tepat.

Namun, bagi Anda yang memiliki badan kurus atau kurang berisi, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menambah berat badan sehingga terlihat lebih ideal.

Cara menambah berat badan secara alami terbilang cukup mudah, hanya membutuhkan kesabaran dan ketelatenan agar bobot bertambah dengan efektif.

Berikut 10 cara menambah berat badan secara alami, yang efektif serta jauh dari risiko, disadur dari Liputan6, Senin (5/7/2021).

2 dari 6 halaman

Menambah Berat Badan Secara Alami

1. Makan Lebih Sering

Akan lebih efektif untuk menaikkan berat badan dengan mengonsumsi makanan lebih dari tiga kali sehari. Mungkin Anda sudah terlanjur berpikir kalau tidak kuat konsumsi makanan sebanyak itu.

Ada cara mudah agar bisa makan lebih sering, yaitu dengan makan lima sampai enam kali, namun dengan porsi yang kecil. Hanya, tetap perlu diperhatikan, makanan yang dikonsumsi harus makanan dengan kandungan gizi yang baik.

2. Konsumsi Jus atau Smoothies

Cara menambah berat badan yang tidak kalah menarik adalah konsumsi jus atau smoothies. Biasanya, komposisi jus atau smoothies akan lebih baik untuk menambah berat badan jika ditambahkan pisang di dalamnya.

Sebab, selain kaya akan vitamin dan mineral, pisang memiliki kandungan karbohidrat yang sangat bagus untuk meningkatkan berat badan. Selain itu, konsumsi jus atau smoothies juga mempercepat penyerapan berbagai nutrisi ke tubuh.

3 dari 6 halaman

Menambah Berat Badan Secara Alami

3. Konsumsi Karbohidrat Lebih Banyak

Cara menambah berat badan yang penting untuk dilakukan adalah dengan mengonsumsi karbohidrat lebih banyak. Meski cara menambah berat badan ini efektif, pastikan jenis karbohidrat yang dikonsumsi merupakan karbohidrat baik.

Beberapa sumber karbohidrat tersebut, seperti nasi, kentang, singkong, ubi jalar, oat, dan gandum.

4. Tambahkan Makanan Kaya Vitamin dan Mineral

Sumber makanan yang kaya vitamin dan mineral bisa berasal dari sayuran, buah, dan beragam kacang-kacangan. Konsumsi makanan kaya vitamin dan mineral ini agar nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehari-hari bisa terpenuhi serta mencegah dari beragam penyakit.

Selain itu, kandungan serat dalam buah dan sayur juga kacang-kacangan, bisa membantu agar sistem pencernaan selalu sehat.

4 dari 6 halaman

Cara Menambah Berat Badan Secara Efektif

5. Hindari Minum Sebelum Makan

Mungkin hal ini terdengar sederhana, namun menghindari konsumsi air sebelum makan bisa memaksimalkan makanan yang masuk ke perut. Mengingat, air yang diminum bisa menyebabkan rasa kembung dan berujung pada hilangnya nafsu untuk mengonsumsi makanan.

6. Makan Camilan Sehat

Cara menambah berat badan selanjutnya, yakni dengan meongosumsi jenis camilan sehat. Hal ini bisa mempermudah Anda dalam mencapai makan 5-6 kali sehari. Makan 5-6 kali sehari bukan berarti Anda harus mengonsumsi nasi dan lauk-pauknya, terus-terusan.

Anda bisa menambahkan camilan Sehat di sela kegiatan. Jenis camilan sehat tersebut bisa berupa buah-buahan, seperti pisang, apel, dan semangka.

Bisa juga mengonsumsi susu. Namun, selalu hindari makanan yang digoreng atau direndam dengan minyak dengan jumlah besar, sebab bisa meningkatkan kadar kolesterol.

5 dari 6 halaman

Menambah Berat Badan Secara Alami

7. Konsumsi Susu

Selanjutnya, cara menambah berat badan yang sangat efektif, dengan mengonsumsi susu. Susu mengandung berbagai nutrisi, lemak, dan protein yang penting dalam pertumbuhan otot dan bisa meningkatkan berat badan.

Jika tidak terlalu suka susu murni, Anda bisa menggantinya dengan jenis olahan susu, seperti yoghurt, puding, atau es krim.

Konsumsi susu tersebut setelah bangun tidur dan sebelum tidur. Atau jika Anda latihan angkat beban, bisa mengonsumsi susu sebelum dan setelah olaharaga angkat beban.

8. Perbanyak Konsumsi Protein

Menambah berat badan bukan berarti turut menaikkan lemak tubuh dalam jumlah berlebih. Maksudnya, kalori yang masuk ke tubuh hendaknya merupakan kalori dari sumber makanan yang baik. S

Selain itu, mengimbangi dengan angkat beban di gym juga berpengaruh terhadap kenaikan berat badan.

Tetapi, agar proses pertumbuhan otot yang nantinya membuat berat badan ikut bertambah bisa berjalan optimal, perlu asupan protein yang cukup. Protein yang dikonsumsi berasal dari telur, kedelai, susu sapi, daging ayam, dan berbagai sumber protein lainnya.

Tubuh membutuhkan protein sebanyak 0,8 gram/berat badan (kg)/hari agar bisa membentuk otot baru. Itulah mengapa, jika konsumsi lebih banyak protein yang berkualitas, proses pembentukan otot juga akan berjalan dengan baik, dan dampaknya pada penambahan berat badan.

6 dari 6 halaman

Menambah Berat Badan Secara Alami

9. Olahraga

Dengan olahraga secara rutin bisa menjadi satu di antara cara menambah berat badan yang tepat. Olahraga tidak melulu untuk menurunkan berat badan. Anda bisa melakukan olahraga seperti angkat beban.

Namun, ada baiknya untuk tidak menggunakan repetisi yang terlalu tinggi. Cukup 3-5 repetisi saja dengan beban terberat agar perumbuhan otot maksimal dan berat badan turut meningkat.

10. Wajib Sarapan

Sarapan menjadi fondasi paling dasar jika ingin menambah berat badan. Sebab, sarapan bisa menjadi tolok ukur kebutuhan kalori dalam sehari, mengingat dalam sehari kalori yang dibutuhkan harus lebih dari biasanya.

Sarapan selain menjadi cara menambah berat badan yang ampuh, juga menjadi sumber tenaga agar Anda bisa melakukan aktivitas sehari-hari.

 

 

Disadur dari: Liputan.com (Penulis: Fakhriyan Ardyanto. Editor: Rizky Mandasari. Published: 12/11/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer