Sukses


8 Cara Asyik Usir Kebosanan di Rumah Selama PPKM Darurat

Bola.com, Jakarta - Seiring melonjaknya kasus positif COVID-19 belakangan ini, pemerintah menginstruksikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat di Jawa dan Bali mulai 3-20 Juli 2021.

Tujuannya untuk memutus rantai penyebaran virus corona penyebab COVID-19 yang masih belum bisa diredam sepenuhnya.

Selama PPKM Darurat di Jawa dan Bali diterapkan, beberapa sektor kegiatan masyarakat dibatasi secara ketat sehingga mengharuskan masyarakat melakukan kegiatan di rumah saja sesuai anjuran pemerintah.

Agar tidak bosan saat di rumah saja selama PPKM Darurat diberlakukan, lebih baik melakukan kegiatan yang asyik dan bermanfaat. Jangan jadikan pandemi COVID-19 sebagai hambatan Anda dan keluarga untuk lebih produktif.

Berikut beberapa cara asyik usir kebosanan yang dapat Anda lakukan di rumah selama PPKM Darurat berjalan, seperti dilansir dari laman Pedulicovid19.kemenparekraf.go.id, Senin (5/7/2021). 

2 dari 4 halaman

Cara Asyik Usir Kebosanan di Rumah Selama PPKM Darurat

1. Menata ulang rumah

Menata ulang rumah bisa menjadi opsi kegiatan di rumah ketika PPKM Darurat diberlakukan. Selama di rumah saja, jadikan sebagai momentum yang tepat untuk mulai merapikan rumah, misalnya mengubah tatanan ruangan tertentu untuk menciptakan suasana baru.

Menata ulang rumah dipercaya bisa mendatangkan kebahagiaan bagi pemilliknya, selain membuat rumah makin tertata.

2. Menonton film

Aktivitas lain di dalam rumah yang bisa dilakukan saat PPKM Darurat berjalan adalah menonton film. Anda bisa memutar film favorit bersama keluarga. Kegiatan ini mampu memperat hubungan antaranggota keluarga sekaligus mengisi waktu.

3. Memasak

Memasak dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu di rumah selama PPKM Darurat diterapkan. Tidak harus sendiri, Anda bisa melakukan kegiatan memasak bersama keluarga, seperti putri atau putra Anda.

Melakukan kegiatan memasak bersama keluarga sebagai satu di antara cara quality time dan berbagi tanggung jawab.

3 dari 4 halaman

Cara Asyik Usir Kebosanan di Rumah Selama PPKM Darurat

4. Membuat barang kerajinan

Selama PPKM Darurat berlaku, Anda bisa meluangkan waktu dengan membuat kerajinan. Anda bisa membuat kerajinan dengan memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah.

Kegiatan ini selain mengurangi jumlah sampah yang ada, barang-barang bekas yang didaur ulang ini bisa memiliki nilai ekonomis tinggi. Alhasil, Anda berpotensi mendapatkan penghasilan tambahan.

5. Membaca buku

Membaca merupakan satu di antara kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu di rumah. Tidak perlu bacaan yang topiknya berat.

Anda bisa membaca novel romantis, buku motivasi, buku tentang perjalanan, atau komik sambil diiringi alunan musik instrumental yang memberikan efek relaksasi. Secangkir teh atau kopi hangat bisa jadi teman setia selama membaca.

6. Mengikuti kursus atau pelatihan daring

Anda bisa mengikuti kursus atau pelatihan daring untuk mengisi waktu selama di rumah. Tak hanya mengisi waktu, mengikuti kursus online bisa mengasah kemampuan. Apalagi, kini ada banyak kursus online yang bisa Anda akses secara gratis.

4 dari 4 halaman

Cara Asyik Usir Kebosanan di Rumah Selama PPKM Darurat

7. Menjalin jejaring via daring (online networking)

Seiring berkembangnya teknologi, sistem work form home (WFH) dapat dilakukan dengan lebih mudah. Hadirnya aplikasi virtual meeting dan media kerja virtual, seperti Google Docs, Sheets, dan Slides, memungkinkan para pekerja untuk tetap terhubung dengan tim dan para kolega.

Tidak sedikit mereka yang melakukan WFH meluangkan waktu dengan memulai membangun online networking demi menunjang karier yang lebih baik.

8. Wisata virtual

Situasi PPKM Darurat yang mengharuskan masyarakat melakukan aktivitas di rumah saja tidak boleh dijadikan halangan untuk memanjakan mata Anda.

Meski tak bisa keluar rumah, Anda bisa berwisata secara virtual yang banyak tersedia di internet. Anda juga bisa mengajak anggota keluarga Anda untuk merelaksasi padangan dan pikiran dengan piknik bersama secara virtual.

 

Sumber: Pedulicovid19.kemenparekraf.go.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer