Sukses


9 Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Mudah dan Aman

Bola.com, Jakarta - Bau mulut merupakan masalah 'kecil', namun memiliki dampak yang besar. Maka dari itu, cara mengatasi bau mulut patut diperhatikan dengan saksama.

Bau mulut sering mengundang masalah sosial bagi orang yang mengalaminya, seperti karier terhambat, susah mendapat pasangan hidup, dijauhi teman, atau bahkan hubungan seksual bisa terganggu.

Penyebab bau mulut bisa beraneka ragam, mulai kebersihan mulut yang buruk, pembersihan gigi tiruan yang kurang baik, faktor penyakit, dan kebiasaan merokok.

Cara mengatasi bau mulut tak perlu sampai pergi ke dokter atau melakukan perawatan mulut yang mahal. Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara dan bahan alami yang mudah didapat di rumah.

Berikut cara mengatasi bau mulut secara mudah dan aman, disadur dari Merdeka, Selasa (6/7/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Mudah dan Aman

1. Garam epsom

Garam Epsom atau biasa dikenal dengan garam Inggris, mampu menghilangkan bau mulut. Garam ini juga dapat digunakan sebagai antibakteri dan penghilang racun.

Ambil satu sendok teh garam ini dan campurkan dengan segelas air hangat, jadikan sebagai cairan untuk berkumur.

Sebagai pemakaian awal, Anda harus menggunakannya rutin setiap hari. Selanjutnya Anda bisa menerapkannya sesekali saja jika dibutuhkan.

Garam ini dapat dibeli di toko online, apotek, atau toko kecantikan.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan yang kerap kita jumpai di dapur dan digunakan untuk memasak berbagai masakan. Selain itu, minyak kelapa bisa dijadikan obat alami untuk menghilangkan bau mulut.

Anda hanya perlu mengambil satu sendok makan minyak kelapa, lalu berkumur selama 5-10 menit. Setelah itu, gunakan air hangat untuk membersihkan sisa-sisa minyak yang tertinggal di mulut.

3. Jahe

Jahe merupakan satu di antara tanaman apotek hidup yang kaya manfaat. Minuman olahan jahe mampu menghangatkan tubuh dan mengobati tenggorokan yang sakit. Jahe juga mampu mengusir bau tak sedap di dalam mulut.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memarut jahe lalu dicampur dengan air hangat. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Mudah dan Aman

4. Daun mint dan parsley

Selain jahe, daun mint juga mampu mengatasi masalah bau mulut. Cukup dengan mencampurkan dua sendok makan parsley, daun mint, dan secangkir air ke dalam blender. Haluskan selama kurang lebih dua menit.

Setelah itu, saring dan masukkan ke botol dan tutup rapat-rapat. Anda bisa menggunakan ramuan tersebut dengan membilas mulut dengan takaran satu sendok makan.

5. Cuka apel dan air

Cuka apel mampu digunakan untuk mengatasi masalah bau mulut. Anda hanya perlu mencampurkan 1-2 sendok makan cuka apel dengan segelas air.

Setelah itu, campuran tersebut Anda gunakan untuk berkumur-kumur selama 3-5 menit pada pagi hari dan malam hari menjelang tidur.

6. Yoghurt

Yoghurt merupakan jenis makanan sehat yang mengandung lactobacillus, jenis bakteri baik yang terbukti dapat membantu memberantas bakteri jahat di berbagai bagian tubuh.

Penelitian menyebutkan konsumsi yoghurt selama enam minggu mampu menurunkan bau mulut pada 80 persen peserta studi. Manfaat ini mampu berkat kandungan bakteri baik yang ada di dalam yoghurt.

Untuk merasakan manfaat serupa, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi plain yoghurt tanpa lemak satu kali sehari. Lakukan secara rutin agar bau mulut tak datang lagi.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Mudah dan Aman

7. Jeruk

Buah asam yang tinggi akan kandungan vitamin C ini dapat membantu mengatasi bau mulut dan menjaga kesehatan gigi.

Sebuah studi melaporkan bahwa vitamin C yang ada pada jeruk mampu meningkatkan produksi air liur (saliva), yang pada akhirnya mencegah terjadinya bau mulut.

8. Teh hijau

Penelitian mengatakan teh hijau mengandung disinfektan dan senyawa yang mampu menetralkan bau mulut. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, konsumsilah teh hijau yang telah didinginkan sebelumnya.

Pastikan teh hijau yang Anda konsumsi bersifat alami alias tidak ditambahkan bahan kimia atau pemanis buatan jenis apa pun.

9. Jus nanas

Banyak orang percaya rasa asam khas yang dirasakan setelah mengonsumsi jus nanas dapat membantu mengatasi bau mulut. Hal ini bukanlah isapan jempol belaka.

Meski belum ada studi yang dapat dijadikan acuan, beberapa pakar kesehatan percaya minum segelas jus nanas atau mengunyah nanas selama beberapa menit mampu menurunkan risiko terjadinya bau mulut.

 

 

Disadur dari Merdeka.com (Penulis: Novi Fuji Astuti. Published: 14/3/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer