Sukses


8 Cara Mengurangi Penyebaran Virus Corona, Pakai Masker dan Tetap di Rumah Saja

Bola.com, Jakarta - Pandemi virus corona penyebab COVID-19 belum berlalu. Kemungkinan diri kita dan orang terdekat kita terpapar virus, yang saat ini telah memiliki banyak varian tersebut, masih cukup tinggi.

Untuk mengatasi penyebarannya, pemerintah Indonesia telah menganjurkan warganya di rumah saja sehingga hanya keluar rumah untuk kebutuhan yang sangat mendesak.

Para pekerja yang tidak pada sektor vital seperti toko bahan pokok, petugas medis, dan perbankan, dianjurkan untuk bekerja dari rumah.

Agar pandemi virus corona penyebab COVID-19 cepat berlalu, kita harus bersedia mematuhi kebijakan yang ada. Dengan mematuhinya, kita telah membantu menurunkan risiko penyebaran virus corona.

Perlu diketahui, satu di antara cara penyebaran virus corona adalah dengan melakukan kontak langsung kepada orang yang telah terpapar. Alhasil, menjauhi kerumunan menjadi hal yang sebaiknya selalu Anda lakukan.

Ada beberapa cara lain, yang dapat Anda terapkan untuk membantu pemerintah mengurangi penyebaran virus corona, seperti menggunakan masker di mana pun Anda berada.

Berikut delapan cara mengurangi penyebaran virus corona, yang dapat Anda jadikan sebagai panduan di masa pandemi COVID-19, seperti dikutip dari Honorhealth dan Healthline, Kamis (8/7/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Mengurangi Penyebaran Virus Corona

1. Mencuci Tangan Setelah Melakukan Aktivitas Apa pun

Setelah melakukan aktivitas apa pun di luar rumah, cuci tangan terlebih dahulu agar tidak ada virus yang menempel pada tangan.

Gunakan air hangat serta sabun dan gosok tangan Anda setidaknya selama 20 detik. Oleskan busa ke pergelangan tangan Anda, di antara jari-jari Anda, dan di bawah kuku. Anda juga bisa menggunakan sabun antibakteri dan antivirus.

Gunakan pembersih tangan ketika Anda tidak dapat mencuci tangan dengan benar. Cuci kembali tangan beberapa kali sehari, terutama setelah menyentuh apa pun, termasuk ponsel atau laptop Anda.

2. Jaga Jarak Sosial

Jika Anda atau orang lain membawa virus corona, virus itu akan ditemukan dalam jumlah tinggi di ludah. Ini bisa terjadi bahkan jika Anda tidak memiliki gejala.

Jaga jarak fisik (sosial), juga berarti tinggal di rumah dan bekerja dari jarak jauh apabila memungkinkan.

Jika Anda harus keluar untuk keperluan mendesak, jaga jarak 2 m dari orang lain. Anda atau orang lain dapat menularkan virus dengan berbicara kepada seseorang.

3 dari 5 halaman

Cara Mengurangi Penyebaran Virus Corona

3. Menggunakan Masker

Para peniliti dan tenaga kesehatan merekomendasikan bahwa memakai masker di tempat umum akan dapat menurunkan risiko penyebaran virus corona.

Jika digunakan dengan benar, masker dapat membantu mencegah orang tertular, khususnya mereka yang tidak menunjukkan gejala atau tidak terdiagnosis menularkan virus corona ketika mereka bernapas, berbicara, bersin, atau batuk. 

Gunakan setidaknya masker medis atau masker jenis N95, yang dapat melindungi Anda agar tidak terpapar oleh virus corona.

4. Hindari Menyentuh Wajah

Coba untuk menjauhkan tangan Anda dari lokasi mana pun di wajah Anda di mana virus dapat masuk ke tubuh. 

Virus corona dapat hidup di beberapa permukaan hingga 72 jam. Anda bisa mendapatkan virus di tangan Anda jika menyentuh permukaan seperti gagang pintu, pegangan tangga, ponsel, dan tombol lift.

Hindari menyentuh bagian wajah atau kepala Anda, termasuk mulut, hidung, dan mata. Hindari juga menggigit kuku. Ini dapat memberi kesempatan kepada virus corona untuk berpindah dari tangan ke tubuh Anda.

4 dari 5 halaman

Cara Mengurangi Penyebaran Virus Corona

5. Hindari Jabat Tangan

Selama pandemi COVID-19, disarankan untuk menghindari menjabat tangan seseorang. Anda atau orang lain dapat menularkan virus tersebut satu sama lain sehingga saat bertemu orang yang Anda kenal, lambaikanlah saja tangan atau lempar senyuman kepada mereka.

6. Hindari Makan atau Minum di Tempat Umum

Sekarang bukan waktunya untuk makan di luar. Hal ini berarti menghindari restoran, kedai kopi, bar, dan tempat makan lainnya.

Virus dapat ditularkan melalui makanan, peralatan makan, piring, dan cangkir. Mungkin juga sementara mengudara dari orang lain di tempat tersebut.

Anda masih bisa mendapatkan makanan melalui pengiriman atau takeaway. Pilih makanan yang benar-benar matang dan bisa dipanaskan kembali. Panas yang tinggi (setidaknya 132°F/56°C , menurut satu penelitian laboratorium baru-baru ini) membantu membunuh virus corona.

5 dari 5 halaman

Cara Mengurangi Penyebaran Virus Corona

7. Karantina Mandiri jika Sakit

Hubungi dokter jika Anda memiliki gejala apa pun. Tetap di rumah sampai Anda pulih. Hindari duduk, tidur, atau makan dengan orang yang Anda cintai, meski Anda tinggal di rumah yang sama.

Pakai masker dan cuci tangan sesering mungkin. Jika Anda membutuhkan perawatan medis yang mendesak, kenakan masker dan beri tahu mereka bahwa Anda mungkin memiliki COVID-19.

8. Hindari Perjalanan yang Tidak Perlu

Meski Anda mungkin menginginkan untuk mengunjungi teman atau keluarga Anda, jangan bepergian selama waktu ini karena dapat membuat Anda terpapar dengan seseorang yang mungkin terinfeksi.

Tetaplah di rumah dan jaga kesehatan karena virus corona dapat menular dengan mudah kepada mereka yang memiliki imun rendah.

 

Sumber: Honrohealth, Healthline

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer