Sukses


6 Cara Melindungi Diri saat Anggota Keluarga di Rumah Positif COVID-19

Bola.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 membuat setiap orang harus selalu waspada karena kemungkinan risiko tertular virus ini sangat tinggi. Protokol kesehatan pun harus selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar terbebas dari virus corona penyebab munculnya COVID-19.

Terlebih lagi jika Anda berada satu rumah dengan anggota keluarga yang mengalami kasus positif COVID-19, berbagai hal harus Anda dan anggota keluarga yang lain lakukan agar tidak ikut tertular.

Hal tersebut, seperti menjaga jarak aman dan mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun atau pencuci tangan yang mengandung 60 persen alkohol.

Meski begitu, anggota keluarga yang terkena virus corona harus selalu diberi dukungan dan bantuan agar cepat pulih.

Anda dapat tetap berada satu rumah dan membantu kesembuhan anggota keluarga yang terkena virus corona dengan mematuhi berbagai protokol yang ada.

Berikut enam cara melindungi diri saat anggota keluarga di rumah terkena COVID-19, seperti dikutip dari Healthline, Kamis (8/7/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Melindungi Diri Saat Seseorang di Rumah Terkena COVID-19

1. Memakai Masker

Para peniliti menyatakan bahwa orang yang sakit harus memakai masker ketika mereka berada di sekitar orang lain, dan siapa pun yang tinggal bersama mereka, harus memakai masker atau penutup wajah juga.

Masker membantu mengatasi infeksi pernapasan dari hidung dan mulut orang yang terinfeksi. Tetapi, data yang lebih baru mendukung bahwa masker melindungi individu agar tidak terinfeksi juga.

Meski memakai masker, tidak menjamin perlindungan 100 persen terhadap penularan virus menyebabkan COVID-19. Namun, memakai masker dapat mengurangi peluang Anda tertular virus corona.

2. Biarkan Jendela Tetap Terbuka

Untuk meningkatkan sirkulasi udara di tempat tinggal Anda, jaga agar jendela tetap terbuka sebanyak mungkin, bahkan bila itu berarti mengundang panas.

Hal ini sangat penting mengingat ketika di dalam ruangan, virus dapat tetap berada di udara dan berpotensi menginfeksi orang lain.

3. Membatasi Kontak Secara Langsung

Para peliti dan petugas kesehatan telah menyatakan beberapa hal yang harus Anda lakukan apabila berada satu rumah dengan seorang yang positif COVID-19, antara lain:

  • Orang dengan COVID-19 harus memisahkan diri dari orang lain di rumah.
  • Jika memungkinkan, pengidap COVID-19 harus menggunakan kamar tidur dan kamar mandi terpisah.
  • Setiap orang di rumah harus menjauh setidaknya 4 m dari orang dengan COVID-19 sesering mungkin.

Orang dengan COVID-19 harus dikarantina selama minimal 14 hari sejak timbulnya gejala atau tes positif, dan lebih lama pada kasus yang parah. Jika Anda berada di ruang sempit, jauhkan orang dengan COVID-19 sejauh mungkin dari orang lain.

3 dari 3 halaman

Cara Melindungi Diri Saat Seseorang di Rumah Terkena COVID-19

4. Melakukan Tes COVID-19

Jika seseorang di rumah Anda telah dinyatakan positif COVID-19, dapatkan tes PCR COVID-19 untuk diri Anda sendiri dan anggota keluarga yang lain, sesegera mungkin.

Jika tes yang dilakukan menyatakan bahwa Anda negatif dari virus corona, segeralah untuk menyiapkan berbagai protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh tim medis.

5. Mencuci Tangan Sesering Mungkin

Coba untuk sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun selama kurang lebih 20 detik, terlebih lagi setelah melakukan kontak secara langsung dengan pasien positiif COVID-19.

Gunakan pembersih tangan yang setidaknya mengandung 60 persen alkohol, jika sabun tidak tersedia di rumah Anda.

Selain itu, Anda dapat menyemprotkan disinfektan ke permukaan barang-barang di rumah yang kemungkinan besar terdapat virus corona.

6.Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat dapat menguatkan imun Anda, dengan demikian tubuh Anda akan sulit untuk tertular virus corona. Terlebih lagi makanan yang mengandung berbagai nutrisi dan vitamin, yang dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan kuat.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer