Sukses


Cara Mempercepat Koneksi Internet di Smartphone, Mudah dan Bikin Ngebut

Bola.com, Jakarta - Di era digital seperti sekarang, internet menjadi sebuah kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi, kini internet sudah bisa diakses oleh semua orang dari berbagai kalangan.

Dengan internet, seseorang bisa melihat perkembangan dunia dengan cepat dan nyaman tanpa harus datang keluar negeri. Oleh karena itu, koneksi internet yang lancar sudah menjadi kewajiban.

Kecepatan koneksi adalah hal paling utama dan paling penting dalam internet. Terlebih jika sedang browsing atau menonton video streaming. Koneksi yang cepat dan stabil sangat dibutuhkan.

Para pengguna internet akan merasa sebal dan dongkol saat koneksinya lemot atau lelet. Jika kamu mengalami masalah tersebut, jangan khawatir.

Ada berbagai cara untuk mengetasi koneksi internet yang lemot atau bermasalah pada smartphone.

Berikut ini rangkuman tentang cara mempercepat koneksi internet pada smartphone, seperti dilansir dari laman Prosiding.bbkkp.go.id, Kamis (8/7/2021).

2 dari 7 halaman

Aktifkan Fitur Ad-Blocker

Lambatnya kecepatan internet, terutama pada smartphone dapat disebabkan beberapa hal. Satu di antaranya karena tidak memblokir iklan.

Untuk memblokir iklan pada browser, kamu dapat menggunakan aplikasi browser yang sudah dibekali dengan fitur Ad-Blocker. Misalnya saja seperti Opera Browser atau UC Browser.

 

3 dari 7 halaman

Gunakan Jaringan 3G Only, 4G Only atau 5G Only

Jika smartphone android yang kamu gunakan sudah mendukung jaringan 3G, 4G atau 5G, aturlah jaringan pada ponselmu menggunakan dua pilihan tersebut.

Untuk mengaktifkan jaringan 3G only, 4G only atau 5G only dengan cara masuk ke menu Settings > Network & Internet > Mobile Network > Preferred Network Type > Pilih 3G, 4G atau 5G.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi 3G atau 4G Speed Optimizer. Aplikasi tersebut memiliki fungsi untuk mempercepat koneksi internet hingga 200 persen.

Aplikasi ini akan berjalan dengan memberikan tweak khusus sehingga kamu dapat memilih dan mengatur kecepatan internet sesuai kebutuhan. Namun, untuk menggunakan aplikasi ini, ponsel atau smartphone harus di-root terlebih dahulu.

4 dari 7 halaman

Menghapus Cache

Aplikasi yang menyimpan banyak cache jika dibiarkan terus-menerus akan makin menguras memori sehingga akan memberatkan performa smartphone yang kamu gunakan.

Selain berdampak pada performa, cache yang menumpuk dapat membuat proses muatan data menjadi berat. Maka dari itu, supaya koneksi internet pada smartphone makin cepat, lakukan pembersihan cache secara rutin.

Cara membersihkan cache pada smartphone sangat mudah. Kamu dapat memanfaatkan aplikasi One Tap Cache Cleaner atau Clean Master untuk membersihkan cache dengan mudah.

Selain itu kamu juga dapat membersihkan cache melalui menu Settings pada ponselmu. Caranya, masuk ke menu Settings > Storage > Cache > Clear Cache.

5 dari 7 halaman

Gunakan VPN

Ada banyak aplikasi VPN yang tersedia secara gratis maupun berbayar di Google Play Store, yang bisa kamu gunakan. Kamu perlu memilih aplikasi VPN yang memiliki ratting bagus.

Selain dapat mempercepat koneksi internet, aplikasi VPN bisa digunakan untuk membuka situs yang diblokir oleh pemerintah. Namun, perlu pastikan kamu terhubung dengan IP di negara yang tepat. 

6 dari 7 halaman

Matikan Tethering

Tethering adalah sebuah fitur yang digunakan untuk membagi koneksi internet. Hampir semua smartphone pada saat ini berfungsi sebagai hotspot.

Dengan kata lain, kita menjadikan smartphone sebagai WiFi portable, yakni membagikan koneksi internet pada smartphone yang kita miliki ke perangkat atau orang lain.

Namun, banyaknya perangkat terhubung pada smartphone akan membuat koneksi internet yang kita gunakan akan makin lambat.

Maka dari itu, jika kamu menginginkan koneksi internet yang lebih cepat, kamu perlu mematikan fitur ini sehingga jaringan internet akan kembali cepat dan stabil.

7 dari 7 halaman

Setting User Agent

Saat ini masih banyak orang memaksa untuk menggunakan tampilan desktop di smartphone. Padahal, hal tersebut akan menyebabkan koneksi internet menjadi lebih lambat.

Maka dari itu, untuk mempercepat koneksi internet, kamu dapat mengubah user agent di aplikasi browser pada smartphone kamu menjadi tampilan mobile.

Penggantian user agent ini bertujuan supaya data akan di-kompres sesuai tampilan mobile.

 

Sumber: prosiding.bbkkp.go.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

5 Atlet Indonesia di Thomas dan Uber Cup yang Punya Followers Instagram Terbanyak

Video Populer

Foto Populer