Sukses


Cara Mencuci Tangan Secara Benar untuk Mencegah COVID-19, Ayo Jaga Kebersihan!

Bola.com, Jakarta - Hampir dua tahun sejak kali pertama ditemukan pada Desember 2019, pandemi COVID-19 masih belum bisa diredam sepenuhnya. Virus corona telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan jutaan korban jiwa.

Belakangan, kasus terinfeksi COVID-19 di Indonesia mengalami kenaikan, apalagi sudah teridentifikasi masuknya varian baru virus corona, yang membuat masyarakat harus lebih waspada lagi. 

Untuk mencegah penyebaran virus corona, pemerintah terus mengimbau masyarakar untuk selalu menjalankan dan menjaga protokol kesehatan 5M.

Menjalankan dan menjaga protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker dengan benar, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan mencuci tangan.

Cara terakhir, yakni mencuci tangan, merupakan satu di antara cara pencegahan yang paling sederhana, namun efektif. Anda disarankan untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik beberapa kali sehari.

Mencuci tangan tidak hanya dapat mencegah tertular COVID-19, namun membuat Anda dan keluarga tetap sehat, terhindar dari infeksi saluran pernapasan dan diare dari satu orang ke orang lain yang disebabkan oleh kuman.

Jangan lupa juga, sebelum Anda mencuci tangan, jangan sering-sering menyentuh mata, hidung, dan mulut.

Berikut ini cara dan waktu yang tepat untuk mencuci tangan dalam upaya terhindar dari terinfeksi COVID-19, dilansir dari laman Padk.kemkes.go.id, Kamis (8/7/2021).

2 dari 3 halaman

Waktu yang Tepat untuk Mencuci Tangan

Berikut waktu yang tepat untuk mencuci tangan agar Anda dan keluarga tetap sehat:

  • Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan.
  • Sebelum makan.
  • Sebelum dan sesudah merawat seseorang di rumah yang sakit muntah atau diare.
  • Sebelum dan sesudah merawat luka atau luka.
  • Setelah menggunakan toilet.
  • Setelah mengganti popok atau membersihkan anak yang telah menggunakan toilet.
  • Setelah membuang ingus, batuk, atau bersin.
  • Setelah menyentuh hewan, pakan ternak, atau kotoran hewan.
  • Setelah menangani makanan hewan atau camilan hewan peliharaan.
  • Setelah menyentuh sampah.

Selain itu, selama pandemi COVID-19, Anda juga harus mencuci tangan setelah Anda berada di tempat umum dan menyentuh barang atau permukaan yang mungkin sering disentuh orang lain. Mencuci tangan juga penting dilakukan sebelum menyusui bayi atau memerah ASI.

3 dari 3 halaman

Cara Mencuci Tangan dengan Benar

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana, namun efektif untuk mencegah penyebaran virus corona penyebab COVID-19. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik.

Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan.

Jika Anda berada di tempat umum yang mengalami kesulitan untuk menemukan air dan sabun. Anda bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen agar lebih efektif membasmi kuman.

 

Sumber: Padk.kemkes.go.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer