Sukses


10 Cara Ampuh Atasi Insomnia tanpa Obat

Bola.com, Jakarta - Insomnia adalah masalah tidur atau sulitnya untuk tertidur pulas, yang disebabkan berbagai hal. Gangguan ini dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Para pengidap insomnia berupaya mencari cara menghilangkan gangguan ini karena bisa memengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan, tidak hanya kesehatan.

Apabila memiliki gangguan insomnia, Anda terjaga di pagi hari dengan keadaan lelah serta kurang memiliki energi.

Jika memiliki gangguan insomnia, jangan terburu-buru untuk mengonsumsi obat tidur. Ada berbagai hal yang lebih aman dan alami, yang dapat Anda coba untuk mengatasi gangguan tersebut.

Beberapa cara tersebut, seperti Anda dapat mencoba untuk menghilangkan stres dan mengonsumsi susu hangat sebelum tidur yang bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Ada beberapa cara lain yang terbilang aman, yang bisa Anda coba lakukan untuk mengurangi dan bahkan menghilangkan gangguan tidur yang Anda alami.

Berikut 10 cara ampuh untuk mengatasi insomnia, seperti dikutip dari WebMd, Jumat (9/7/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh Mengatasi Insomnia

1. Bangun Pada Waktu yang Sama Setiap Hari

Sangat menggoda untuk tidur larut malam, khususnya pada akhir pekan. Namun, jika Anda menderita insomnia, Anda harus bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk melatih tubuh Anda bangun pada waktu yang konsisten.

Coba untuk bangun lebih awal meski di akhir pekan dan melakukan berbagai kegiatan yang Anda sukai serta bermanfaat bagi kesehatan fisik maupun mental.

2. Hilangkan Alkohol serta Stimulan seperti Nikotin dan Kafein

Efek kafein dapat bertahan selama beberapa jam, mungkin hingga 24 jam, sehingga kemungkinan memengaruhi tidur cukup signifikan. Kafein tidak hanya menyebabkan kesulitan untuk tidur, tetapi juga dapat menyebabkan sering terbangun di tengah malam.

Alkohol mungkin memiliki efek adiktif selama beberapa jam pertama setelah konsumsi, tetapi kemudian dapat menyebabkan sering terbangun dan tidur malam yang tidak nyenyak.

Jika Anda sedang menjalani pengobatan yang bertindak sebagai stimulan, seperti inhaler asma, tanyakan kepada dokter Anda kapan obat tersebut sebaiknya dikonsumsi untuk membantu meminimalkan pengaruh apa pun pada tidur.

3. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Kamar tidur Anda harus menjadi tempat yang damai untuk istirahat dan tidur. Suhu, pencahayaan, dan kebisingan harus dikontrol sehingga lingkungan kamar tidur Anda membantu cepat tertidur.

Jika Anda memiliki hewan peliharaan yang tidur di kamar bersama, pertimbangkan untuk memindahkannya ke tempat lain jika sering mengganggu Anda di malam hari. Hal tersebut dapat memengaruhi kualitas tidur Anda secara menyeluruh.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh Mengatasi Insomnia

4. Batasi Tidur Siang

Tidur siang sepertinya cara yang tepat untuk mengganti waktu tidur yang kurang di malam hari, namun tidak selalu demikian.

Penting untuk membangun dan mempertahankan pola tidur yang teratur dan melatih diri untuk tertidur dalam keadaan yang gelap karena dapat lebih menenangkan kondisi tubuh secara menyeluruh.

Tidur siang dapat memengaruhi kualitas tidur malam hari sehingga kurangi aktivitas ini agar Anda terhindar dari insomnia.

5. Jangan Makan atau Minum Tepat sebelum Tidur

Makan malam atau ngemil sebelum tidur dapat mengaktifkan sistem pencernaan dan membuat Anda tetap terjaga. Jika Anda menderita gastroesophageal reflux (GERD) atau mulas, bahkan lebih penting untuk menghindari makan dan minum sebelum tidur karena ini dapat memperburuk gejala Anda.

Selain itu, minum banyak cairan sebelum tidur dapat membuat kandung kemih kewalahan sehingga harus sering ke kamar mandi dan hal tersebut akan mengganggu waktu tidur Anda.

6. Hilangkan Stres dan Kekhawatiran

Jika Anda berbaring di tempat tidur sambil memikirkan hari esok, pertimbangkan untuk menyisihkan waktu mungkin setelah makan malam untuk meninjau hari itu dan membuat rencana untuk hari berikutnya.

Tujuannya adalah untuk menghindari munculnya kekhawatiran dan stres saat mencoba tertidur. Juga berguna untuk membuat daftar, semisal tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan untuk hari berikutnya.

Hal itu setidaknya dapat menghilangkan satu hal yang dapat menimbulkan kekhawatiran dan pada akhirnya membuat Anda lebih mudah tertidur.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh Mengatasi Insomnia

7. Berolahraga

Olahraga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Olahraga dapat meningkatkan suasana hati Anda, memberi Anda lebih banyak energi, membantu penurunan berat badan, dan meningkatkan kualitas tidur.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus melakukan olahraga ringan setidaknya selama 20 menit per hari. Anda dapat menambahkan beberapa latihan kekuatan atau latihan aerobik yang kuat beberapa kali per minggu.

Temukan waktu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan yang memiliki efek paling positif terhadap tidur di malam hari.

Hindari untuk berolahraga sebelum waktu tidur karena hal tersebut dapat memberikan efek stimulan kepada tubuh. Setidaknya berolahraga tiga jam sebelum waktu tidur yang telah Anda jadwalkan.

8. Meminum Susu

Minum susu dapat dijadikan obat tidur alami. Mengonsumsi segelas susu hangat sebelum tidur dipercaya mampu membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Coba untuk menghangatkan susu segar dan sebisa mungkin jangan tambahkan pemanis.

Tubuh dan pikiran yang rileks dapat membantu Anda untuk lebih mudah tertidur dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Anda juga bisa bangun di pagi hari dengan rasa segar.

9. Mengurangi Stres

Ada sejumlah terapi relaksasi dan metode pengurangan stres yang mungkin ingin Anda coba untuk merilekskan pikiran dan tubuh sebelum tidur. Contohnya, relaksasi otot progresif (mungkin dengan kaset audio), teknik pernapasan dalam, dan meditasi.

Saat melakukan meditasi atau relaksasi, coba untuk menmpatkan pengharum ruangan yang memberikan efek rileks, seperti aroma lavender atau bunga-bungaan yang lain.

10. Meminum Teh Kamomil

Hal berikutnya yang dapat Anda coba untuk mengatasi insomnia adalah dengan mengonsumsi teh jenis kamomil (chamomile). Teh jenis ini memiliki kandungan ekstrak yang memberikan efek sedatif dan membantu Anda lebih mudah tertidur.

Teh kamomil dinilai memiliki efek penenang dan dapat membantu Anda tertidur. Efek ini disebabkan oleh kandungan apigenin pada flavonoid yang dapat berikatan dengan reseptor benzodiazepin pada otak.

 

Sumber: WebMd

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer