Sukses


Cara Menghasilkan Uang dari Youtube, Menggiurkan dan Cocok buat Pemula

Bola.com, Jakarta - Youtube merupakan satu di antara jenis platform digital yang kini sangat diminati pengguna internet hampir di seluruh dunia. Melalui situs Youtube, memungkinkan pengguna unutk mengunggah, menonton, dan berbagi video.

Hal tersebut yang menjadikan banyak orang yang memilih YouTube sebagai sarana untuk menyalurkan hobi dan kreativitas. Bahkan, Youtube bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Banyak kreator konten yang sukses meraup pendapatan bernilai fantastis dari Youtube. Hal tersebut yang membuat YouTube berubah menjadi potensi bisnis yang menggiurkan.

Kini banyak orang dari berbagai kalangan memanfaatkan Youtube sebagai sarana mencari uang. Bahkan, tidak sedikit yang menjadikan Youtube sebagai mata pencaharian utama.

Bagi kamu yang ingin menyalurkan ide kreatif dan mendapat uang, membuat channel Youtube bisa menjadi solusi. Kamu bisa memiliki channel YouTube sendiri dan bebas mengunggah video kreatifmu.

Berikut ini rangkuman tentang cara menghasilkan uang dari Youtube, seperti dilansir dari laman Telset.id, Jumat (9/7/2021).

2 dari 7 halaman

Buat Channel dan Konten yang Menarik

Pertama, buat akun Youtube dan tentukan fokus pada konten yang ingin dibuat. Konsep dari channel yang menarik dan tidak membosankan tentu akan menarik banyak viewers dan subcriber. Berikut beberapa tips yang bisa perlu dilakukan:

- Hasilkan video dengan tema menarik dan konsisten.

- Buat judul yang menarik, namun tidak menipu.

- Promosikan setiap video baru di media sosial.

- Jangan membuat konten plagiat.

- Hasilkan konten yang memberikan dampak positif bagi penonton.

3 dari 7 halaman

Kerjasama Endorse

Perusahaan yang menawarkan endorse kepada kreator konten tentu ingin produk atau jasanya ditayangkan dalam video. Pemilik produk dan jasa menginginkan kreator konten melakukan ulasan dan menayangkannya di channel Youtubenya.

Melalui video yang diunggah, kita bisa melakukan soft promotion bahkan dengan mencantumkan link produk dalam kolom deskripsi. Seperti yang kita lihat, banyak para vlogger dan Youtuber yang membuat konten review tentang barang tertentu.

Kontrak yang ditawarkan tentu beragam. Dengan begitu, kamu bisa menghasilkan uang berdasarkan kontrak yang disepakati.

4 dari 7 halaman

Menjual Merchandise

Selain membuat konten video yang kreatif dan menarik, kamu bisa mencoba membuat merchandise resmi, seperti baju, topi, hingga stiker. Manfaatkan platform e-commerce untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan.

Dengan menjual merchandise, kamu akan mendapatkan uang tambahan dari para subscriber setia yang membeli baju atau topi tentang channel YouTube milikmu.

5 dari 7 halaman

YouTube Premium Revenue

YouTube sudah lama meluncurkan fitur YouTube Premium kepada pengguna. Sebagai kreator konten, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari YouTube Premium Revenue.

Sekadar informasi, YouTube Premium adalah fitur langganan berbayar bebas iklan dari YouTube. Platform ini nantinya akan memberikan sejumlah uang kepada channel yang videonya banyak ditonton pelanggan YouTube Premium.

Fitur tersebut bisa dimanfaatkan dengan mengajak subscriber menonton video lewat YouTube Premium.

6 dari 7 halaman

Daftar ke YouTube AdSense

Selain penghasilan dari jumlah viewers, kamu bisa mendapatkan uang tambahan dari iklan. Caranya, dengan mengaktifkan AdSense ke YouTube account milikmu.

Layanan tersebut merupakan kerja sama periklanan yang dikelola oleh Google Adsense. Tracking penghasilanmu nantinya dapat tersedia pada fitur YouTube Analytic.

Melalui YouTube Adsense, video yang diunggah di platform akan menampilkan iklan. Kamu sebagai kontren kreator akan mendapatkan uang dari setiap iklan yang tayang di channel YouTube.

Iklan biasanya akan mulai muncul pada video yang diunggah setelah monetisasi diaktifkan, dan pihak Youtube telah melakukan verifikasi lanjutan.

7 dari 7 halaman

Langganan Channel

Terakhir, berikan kesempatan kepada subscriber untuk berlangganan channel YouTube milikmu. Fitur ini memungkinkan subscriber melakukan pembayaran bulanan berulang dengan imbalan berupa keuntungan khusus yang kamu tawarkan.

Syarat mengaktifkan fitur ini adalah pemilik YouTube berusia minimal 18 tahun dan memiliki lebih dari 30 ribu subscriber.

 

Sumber: Telset

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer