Sukses


Cara Membuat Instagram Reels, Gampang dan Tidak Ribet

Bola.com, Jakarta - Saat ini, Instagram menjadi satu di antara platform media sosial yang paling populer. Apalagi, aplikasi tersebut tak bisa diakses melalui smartphone saja, tetapi juga PC atau laptop.

Melalui Instagram, seseorang bisa berbagi foto dan video serta membuat cerita singkat pada fitur stories hingga fitur music lyric.

Selain menghadirkan fitur music lyrics, Instagram juga membawa Reels untuk pengguna di Indonesia. Fitur tersebut mirip TikTok yang memungkinkan pengguna untuk berbagi video pendek.

Fitur Instagram Reels hadir dengan sedikit mengubah tampilan muka Instagram. Icon fitur Instagram Reels tersebut terdapat di tengah-tengah antara tab Home, Explore, Store, dan Profile menggantikan icon Postingan Baru.

Sementara, icon Postingan Baru tersebut pindah ke sisi atas di samping icon Notification dan Direct Messages.

Nah, bagi yang penasaran dengan fitur tersebut dan ingin membuatnya, bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Berikut ini rangkuman tentang cara membuat Instagram Reels di platform Android dan iOS, seperti dilansir dari laman brankaspedia.com, Sabtu (10/7/2021). 

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Instagram Reels

1. Buka Instagram

Buka Instagram dan ketuk icon kamera di sudut kiri atas. Pada layar berikutnya, ketuk opsi Memulai (Get Started).

Selanjutnya, Anda akan melihat tiga opsi di bagian bawah: Live, Story, dan Reels. Ketuk pada Reels.

2. Panjang video 15 Detik

Pastikan panjang keseluruhan klip video Anda adalah 15 detik. Ketika Anda sudah siap, tekan icon lingkaran putih besar untuk mulai merekam klip. Setelah selesai, ketuk tombol yang sama untuk menghentikan rekaman.

3. Tambahkan musik

Agar klip telihat menarik, bisa ditambahkan musik sesuai keinginan. Untuk melakukannya, ketuk icon musik di sebelah kiri. Kemudian, cari musik yang ingin Anda tambahkan. Ada dua tab, yaitu musik yang sedang tren atau musik untuk Anda. Pilih lagu sesuai pilihan Anda.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Instagram Reels

4. Sesuaikan kecepatan perekaman video Instagram Reels

Ada cara untuk mengatur kecepatan perekaman video. Untuk melakukannya, gunakan icon panah kanan yang terlihat seperti tombol putar. Saat ini, Reels memungkinkan pengguna untuk merekam video dalam gerakan lambat, mulai 1x, 2x,3x, 4x hingga 3x hingga .5x .

5. Tambahkan filter menarik ke Instagram Reels

Sebelum memulai dengan perekaman, Anda dapat memilih berbagai efek menarik untuk membuat klip terlihat estetik pada bagian kiri, seperti gambar bintang tiga. Lalu, pilih filter yang menarik. 

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Instagram Reels

6. Atur timer untuk Instagram Reels

Instagram Reels juga memungkinkan pengguna mengatur penghitung waktu sehingga Anda bisa mengatur waktu dalam merekam atau memotret.

Untuk mengatur timer, ketuk icon timer di sebelah kiri dan kemudian atur durasi untuk klip (0,1 hingga 15 detik). Setelah selesai, ketuk pada Set Timer. Saat Anda memulai merekam klip, penghitung waktu akan muncul di layar.

7. Sejajarkan Instagram Reels

Jika video terlihat agak berantakan, Anda dapat menyelaraskannya supaya sempurna. Untuk melakukannya, cukup ketuk tombol Align.

8. Putar ulang Instagram Reels

Setelah Anda merekam Instagram Reels, ketuk panah belakang di bagian bawah untuk memutar ulang video.

9. Simpan Instagram Reels

Jika Anda ingin menyimpan Instagram Reels di perangkat Anda, ketuk panah maju di bagian bawah. Kemudian, ketuk tombol Simpan di bagian atas untuk menyimpan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Instagram Reels

10. Percantik Instagram Reels

Jika ingin membuat Instagram Reels lebih menarik perhatian, Anda dapat menambahkan teks, emoji, dan stiker yang keren dan menarik. Setelah merekam klip, ketuk panah maju di bagian bawah. Kemudian, ketuk icon emoji di bagian atas untuk memilih dari beragam stiker dan emoji.

Sementara, jika ingin memberikan coretan, ketuk tombol coretan di atas dan kemudian gunakan kreativitas Anda untuk menambahkan sesuatu yang menarik.

Untuk menambahkan teks, ketuk tombol teks di sudut kanan atas layar dan kemudian tambahkan teks yang sesuai.

11. Bagikan Instagram Reels

Setelah mengedit Instagram Reels Anda dapat membagikannya kepada pengikut Anda. Untuk melakukannya, ketuk panah maju di bagian bawah. Selanjutnya, tambahkan judul dan pilih cara berbagi Reels dengan orang lain. Lalu, tekan tombol Bagikan.

 

Sumber: Brankaspedia

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer