Sukses


Cara Mempercepat Jaringan Wifi, Ampuh dan Bikin Internet Langsung Ngebut

Bola.com, Jakarta - Internet merupakan jaringan yang menghubungkan satu media elektronik dengan media lainnya. Untuk mendapatkan jaringan internet, seseorang membutuhkan peralatan elektronik yang dapat bertukar data secara nirkabel atau gelombang radio yang disebut wifi.

Adapun beberapa peralatan teknologi yang bisa tersambung dengan wifi, antara lain komputer, smartphone, tablet, dan pemutar audio digital. Peralatan teknologi tersebut mampu terhubung dengan internet melalui jaringan nirkabel.

Kecepatan koneksi adalah hal paling utama dan paling penting dalam internet. Terlebih jika sedang browsing atau menonton video streaming. Koneksi yang cepat dan stabil sangat dibutuhkan.

Namun, tak jarang jaringan wifi sering terjadi kendala hingga koneksi menjadi lambat dan ngelag. Hal ini tersebut terjadi karena berbagai macam faktor.

Para pengguna wifi tentu akan merasa sebal dan dongkol saat koneksinya lemot atau lelet. Jika kamu mengalami masalah tersebut, jangan khawatir.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat jaringan wifi agar internet kembali ngebut dan tidak ngelag.

Berikut ini rangkuman tentang cara mempercepat jaringan wifi, seperti dilansir dari laman teknoinside.com, Senin (12/7/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Cara Mempercepat Jaringan Wifi

  • Letakkan Router di Tempat Strategis

Penempatan posisi router merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebagai alat pemancar wifi, jika router diletakkan di tempat yang salah maka efektivitasnya akan berkurang.

Maka dari itu, disarankan untuk menempatkan router pada posisi yang sekiranya strategis sesuai kebutuhan.

  • Atur Posisi Antena pada Router

Perlu diketahui, arah dari antena pada router juga berpengaruh terhadap kinerjanya.

Coba untuk mengubah arah dari antena tersebut hingga mendapatkan koneksi yang lebih baik daripada sebelumnya.

  • Coba Aplikasi Heatmapping

Software yang satu ini bisa membantu untuk melihat seberapa efektif cakupan sinyal wifi. Dengan begitu, pengguna wifi bisa menentukan di mana posisi router yang tepat agar sinyalnya menyebar dengan efektif.

3 dari 6 halaman

Cara Mempercepat Jaringan Wifi

  • Ubah Jadi Jaringan Tertutup

Makin banyak orang yang memakai jaringan Wifi, koneksinya akan makin lambat. Maka dari itu, jika Anda tak ingin ada 'orang asing' ikut numpang wifi tanpa izin, sebaiknya berikan password pada jaringan hotspot Anda.

Dengan begitu, hanya perangkat tertentu saja yang bisa terkoneksi dan menggunakan wifi tersebut.

  • Ubah Frekuensi ke 5GHz

Saat ini, terdapat dua jenis frekuensi pada wifi, yaitu 2,4GHz dan 5GHz. Lebih bagus yang mana? Tergantung kondisi tempat Anda. Jika ada banyak barang elektronik yang menggunakan frekuensi 2,4GHz maka koneksi wifi juga ikut terpengaruh.

Disarankan untuk mengubah setting router Anda dari frekuensi 2,4GHz ke 5GHz. Tetapi, pastikan dulu perangkat yang digunakan sudah mendukung frekuensi 5GHz.

  • Pilih Saluran yang Tak Terlalu Ramai

Selain pemilihan frekuensi, pengaturan saluran pada router terbilang penting. Biasanya pada frekuensi 2,4GHz akan banyak yang menggunakan saluran 1, 6, dan 11.

Maka dari itu disarankan untuk memilih saluran yang lain. Namun, akan lebih baik lagi apabila kalian Anda beralih ke frekuensi 5GHz.

 

4 dari 6 halaman

Cara Mempercepat Jaringan Wifi

Tambahkan Perangkat Repeater

Satu di antara penyebab koneksi wifi lemot adalah penyebaran sinyal yang lemah. Solusi dari masalah ini adalah dengan memanfaatkan repeater.

Perangkat tersebut akan berguna untuk memperkuat serta memperluas cakupan sinyal wifi yang ada. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan koneksi yang lebih baik daripada sebelumnya.

Jauhkan dari Elektronik Lain

Menjauhkan router dari perangkat elektronik yang lain bisa menjadi cara untuk mempercepat jaringan wifi.

Hal ini dikarenakan masing-masing perangkat elektronik memancarkan gelombang elektromagnetik yang bisa mengganggu kinerja dari router Wifi.

Jangan Diletakan di Lantai

Router atau pemancar sinyal harus mendapatkan tempat yang tinggi sehingga bisa menjangkau seluruh bangunan.

Jika meletakkan router di lantai atau tempat-tempat yang rendah, pengguna wifi bisa kesulitan untuk mendapatkan sinyal. Hal tersebut membuat koneksi internet bisa menjadi tidak lancar.

5 dari 6 halaman

Cara Mempercepat Jaringan Wifi

Lakukan Speed Test

Jika sudah melakukan berbagai cara, namun tidak kunjung berhasil maka harus melakukan speed test untuk mengetahui di mana letak masalah koneksi wifi Anda.

Jika sudah melakukan semuanya, bisa jadi letak permasalahan wifi ada pada provider internet.

Periksa Kekuatan Sinyal

Untuk mengecek sinyal, bisa dengan mudah Anda coba menggunakan aplikasi. Sekarang banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek kekuatan sinyal.

Anda bisa menggunakan Cloudcheck atau Amped. Aplikasi tersebut dapat membantu Anda memetakan di mana saja lokasi yang menerima sinyal yang kuat atau lokasi dengan sinyal yang lemah.

6 dari 6 halaman

Cara Mempercepat Jaringan Wifi

  • Gunakan CMD

Anda bisa mempercepat koneksi wifi di rumah dengan menggunakan CMD. Berikut ini caranya:

- Buka aplikasi Notepad, tekan tombol di keyboard WINDOWS+R, lalu ketikan kata 'notepad'. Atau bisa klik Start lalu ketikan 'notepad' dan akan muncul program, klik saja notepad tersebut.

- Setelah itu ketikan 'ping google.com -t' tanpa tanda petik.

- Kemudian, tinggal klik Save As dengan type All Files, lalu masukan nama menjadi 'ping.bat', kemudian tentukan lokasi penyimpanan fiel tersebut dan kemudian klik Save.

- Jika sudah buka file ping.bat tersebut, akan koneksi wifi akan mulai meningkat.

  • Setting DNS

Coba setting DNS di laptop atau PC Anda, dengan menggunakan setting-an berikut:

- Klik tombol Start, lalu menuju ke Control Panel.

- Setelah itu klik Network & Internet Connection, selanjutnya pilih Network Connection.

- Jika sudah, klik kanan pada Local Area Connection dan pilih Properties.

- Kemudian, pilih internet protocol (TCP/IP), tinggal klik Properties.

- Lalu klik Use Following DNS Server. Anda dapat mengisi dns server dengan angka 208.67.222.222 atau bisa alternetif dns 208.62.220.220.

- Selanjutnya klik OK, dan Anda dapat mengecek apakah sudah cepat apa belum koneksi wifinya.

 

Sumber: Teknoinside

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer