Sukses


7 Cara Alami Menghindari Risiko Terkena Osteoporosis

Bola.com, Jakarta - Osteoporosis adalah penyakit pada tulang yang rentan dialami kalangan lansia di atas umur 50 tahun, terlebih kaum hawa.

Osteoporosis merupakan gangguan di mana tulang mengalami penurunan pemadatan sehingga menyebabkan tulang menjadi mudah keropos dan patah.

Penyakit ini sering kali tidak memunculkan gejala yang berarti. Seseorang biasanya mengetahui mereka terkena Osteoporosis pada saat mereka mendapatkan cidera tulang.

Wanita yang berusia di atas 50 tahun memiliki risiko lebih tinggi daripada pria mengidap penyakit ini karena mereka mengalami pengurangan kadar esterogen yang memiliki fungsi untuk memadatkan tulang.

Pengidap osteoporosis biasanya adalah mereka yang jarang mendapatkan asupan kalsium dan vitamin D, yang merupakan nutrisi untuk menjaga kesehatan tulang.

Alhasil, bagi Anda yang tidak ingin terkena osteoporosis, hal terbaik ialah menjaga kesehatan tulang sejak dini dengan mengonsumsi makanan penuh nutrisi dan melakukan aktivitas fisik secara rutin.

Ada beberapa cara yang dapat menghindarkan Anda dari risiko terkena Osteoporosis, seperti mengurangi konsumsi kafein dan mengurangi stres.

Berikut tujuh cara alami menghindari risiko terkena Osteoporosis, seperti dikutip dari Wallerwalnesscenter, Senin (12/7/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Alami Menghindari Risiko Terkena Osteoporosis

1. Mengurangi Asupan Kafein

Mengurangi minum kopi secara perlahan baik untuk menurunkan risiko terkena osteoporosis. Setiap cangkir kopi yang kita minum, dapat menghilangkan kadar kalsium dalam tulang sebanyak 150mg, yang ikut larut saat kita melakukan buang air kecil.

Anda dapat mengganti kopi dengan teh yang memiliki kadar kafein lebih sedikit. Jika Anda tidak dapat mengganti kopi dengan minuman apa pun, Anda dapat menambah asupan kalsium dalam tubuh dan mengurangi porsi meminum kopi.

2. Sering Berjemur di Bawah Sinar Matahari 

Kekurangan vitamin D menjadi satu di antara penyebab munculnya osteoporosis. Vitamin D membantu tubuh untuk menyerap kalsium yang masuk ke tubuh.

Selain bisa didapatkan dari asupan makanan bernutrisi, vitamin D bisa didapatkan dari berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Sinar matahari yang menyentuh tubuh kita diubah oleh kulit menjadi vitamin D. Waktu yang tepat untuk berjemur adalah antara jam 7-11 pagi, dan lakukan paling tidak selama 15 menit.

3 dari 5 halaman

Cara Alami Menghindari Risiko Terkena Osteoporosis

3. Mengurangi Minum Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi seperti minuman bersoda, sparkling water, dan champagne merupakan jenis minuman yang dapat melarutkan kalsium yang ada pada tulang.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University pada wanita berusia 16 hingga 20 tahun menunjukkan bahwa setengah dari mereka mengalami keropos tulang sebagai akibat dari terlalu banyak meminum minuman bersoda.

Selain itu, dalam minuman berkarbonasi mengandung banyak fosfat, sebuah senyawa yang dapat menghilangkan kandungan kalsium pada tulang manusia.

4. Menjaga Asam dalam Perut

Banyak orang yang mengonsumsi obat penghambat asam saat mereka merasakan sakit perut, sebagian besar dari obat tersebut sering kali menghilangkan asam yang ada dalam perut.

Asam lambung diperlukan oleh tubuh untuk membantu menyerap mineral seperti kalsium, magnesium, dan seng, sehingga jika Anda mengurangi asam lambung secara signifikan, hal tersebut dapat dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

4 dari 5 halaman

Cara Alami Menghindari Risiko Terkena Osteoporosis

5. Melakukan Aktivitas Fisik Secara Rutin

Ketika Anda melakukan aktivitas fisik, otot-otot dalam tubuh akan ikut bergerak dan memberi sinyal kepada tulang bahwa tulang harus bekerja dengan ekstra.

Setiap aktivitas fisik yang Anda lakukan seperti angkat beban, berlari, dan menaiki tangga dapat meningkatkan kepadatan tulang dengan cukup signifikan.

Melatih menahan beban atau angkat beban menjadi aktivitas fisik yang sangat membantu memadatkan tulang. Lakukan setiap hari setidaknya selama 15 hingga 20 menit.

6. Mengurangi Stres

Jika Anda sering mengalami stres dengan berbagai alasan, segera kurangi. Stres dapat meningkatkan risiko terkena osteoporosis.

Stres yang Anda alami meningkatkan kadar kortisol, dan jika kadar kortisol terlalu tinggi untuk jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan keropos pada tulang.

Kortisol sangat tidak baik untuk insulin dan menyebabkan resistensi insulin, yang pada akhirnya meningkatkan gula darah dan menyebabkan hilangnya kalsium yang ikut larut dalam urine.

5 dari 5 halaman

Cara Alami Menghindari Risiko Terkena Osteoporosis

7. Ubah Pola Makan Menjadi Lebih Sehat

Kelebihan makanan yang mengandung gula dapat meningkatkan kadar insulin Anda dan menyebabkan peningkatan osteoporosis. Diet yang ideal, yakni yang mengurangi asupan gula dan mengonsumsi makanan penuh nutrisi dan vitamin.

Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan berubah menjadi gula dalam aliran darah.

Makanan indeks glikemik rendah tidak meningkatkan kadar gula darah atau insulin dengan cepat, termasuk protein tanpa lemak, kacang-kacangan, sayuran, dan lemak baik seperti minyak zaitun, ikan, minyak ikan, dan alpukat.

Meningkatkan asupan serat adalah cara mudah untuk menurunkan kadar gula dan insulin. Serat yang dikonsumsi sebelum makan membantu memperlambat penyerapan gula dan lemak, serta dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, sama seperti obat-obatan. 

 

Sumber: Wallerwalnesscenter

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer