Sukses


4 Cara Mudah Memindahkan Foto dan Video dari PC ke iPhone

Bola.com, Jakarta - iPhone merupakan satu di antara ponsel tercanggih yang ada di dunia, namun ada beberapa kelemahan saat menggunakannya dibanding jenis ponsel lainnya, satu di antaranya yakni terkait cara memindahkan file atau foto dari PC yang tidak semudah ponsel Android.

Dibandingkan ponsel yang berbasis Android, penggunaan iPhone terbilang sedikit ribet. iPhone memerlukan iTunes untuk segala aktivitas pemindahan data, sedangkan Android dapat dengan mudah layaknya menggunakan flashdrive.

Akan tetapi, banyak pengguna ponsel yang tetap memilih iPhone daripada Android dikarenakan masih banyak kelebihan yang didapatkan para pemakai iPhone dibandingkan dengan Android.

Meski demikian, pada akhirnya semua kembali kepada selera masing-masing, dan tentu saja kepentingan serta bujet saat akan membeli ponsel cerdas.

Bagi Anda pengguna baru iPhone, khususnya yang sebelumnya menggunakan basis Andorid, tidak usah khawatir ketika akan memindahkan foto dan video dari PC ke iPhone Anda. Ada beberapa cara mudah yang dapat Anda ikuti.

Berikut empat cara mudah memindahkan foto dan video dari PC ke iPhone, seperti diktuip dari laman EaseUS dan Timelope, Senin (12/7/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Mudah Memindahkan Foto dan Video dari PC ke iPhone

Memindahkan dengan iTunes

1. Untuk langkah awal, jika laptop Anda belum ter-install iTunes, silakan unduh dan install iTunes terlebih dahulu. 

2. Buka iTunes dan sambungkan iPhone ke laptop atau PC dengan kabel USB bawaan.

3. Setelah iPhone terhubung dengan laptop, pilih Device (icon iPhone) di bar atas iTunes.

4. Setelah tampilan Device terbuka, pilih Photos lalu centang opsi Sync Photos untuk memilih sumber foto mana di laptop untuk ditransfer ke iPhone. Untuk langkah ini, sebaiknya persiapkan satu folder khusus foto-foto yang akan dipindahkan ke iPhone. Misalnya Anda menyimpan foto di folder D:iPhone. Copy atau pindahkan seluruh foto yang ingin ditransfer ke iPhone ke folder Foto iPhone yang sudah Anda buat. Selanjutnya, silakan centang All Folders (transfer semua folder) atau Selected Folders (transfer hanya folder yang dipilih). Terakhir, centang Include Videos jika Anda ingin memindahkan video dari PC ke iPhone dari folder Foto iPhone tadi.

5. Langkah terakhir, pilih Sync dan tunggu hingga proses pemindahan foto dari laptop ke iPhone selesai. Foto yang sudah disinkron dari laptop akan ada di galeri dalam iPhone.

 

Memindahkan dengan iCloud

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengubah pengaturan pada iPhone. Untuk upload foto ke iCloud Web dan tersinkronisasi ke iPhone, terlebih dahulu Anda harus mengizinkan akses dari iPhone dengan cara, buka Settings di iPhone > [Apple ID Anda] > iCloud > Photos > lalu centang atau enable iCloud Photos.

2. Selanjutnya, buka PC atau laptop dan buka Browser, lalu arahkan ke website iCloud dan login dengan akun Apple ID yang sama dengan iPhone untuk sinkronisasi foto.

3. Setelah login akan muncul dashboard iCloud dengan beberapa pilihan aplikasi yang ada dan pilihlah Photos.

4. Langkah berikutnya, pilih icon Upload di bar atas iCloud lalu Browse lokasi foto di PC atau laptop dan upload ke iCloud.

5. Selesai dan semua foto yang diupload ke iCloud akan tersinkronisasi secara otomatis ke iPhone dengan jaringan Wi-Fi atau dengan paket data jika diaktifkan. Foto dapat diakses melalui aplikasi Photos di iPhone.

3 dari 3 halaman

Cara Mudah Memindahkan Foto dan Video dari PC ke iPhone

Memindahkan dengan Google Photos

1. Langkah awal, buka browser dan kunjungi Google Photos. Masuk dengan email Google yang Anda miliki.

2. Hal berikutnya, pilihlah foto yang ingin Anda pindahkan ke iPhone. Untuk kenyamanan dan mempermudah pemindahan, Anda dapat membuat folder baru yang dikhususkan untuk memindah foto dan video. Selanjutnya, pilihlah icon upload dan beri nama album yang akan Anda unggah.

3. Pada iPhone Anda, unduh Google Photos melalui App Store.

4. Masuk ke aplikasi Google Photos, dan Login dengan email yang sama Anda gunakan saat masuk ke Google Photos di Browser.

5. Pilih dan unduh semua foto dan video yang ingin Anda pindahkan ke iPhone.

 

Memindahkan dengan Google Drive

1. Langkah pertama, menggunakan laptop atau PC. Buka browser dan akses Google Drive. Masuk dengan alamat Gmail yang dimiliki.

2. Unggah foto dan video ke Google Drive, buat folder khusus di dalamnya.

3. Langkah berikutnya, buka iPhone dan download Google Drive di App Store.

4. Setelah itu, masuk dengan akun Gmail yang sama dengan yang Anda masukkan di PC untuk mengunggah foto dan video.

5. Pilih dan unduh semua foto dan video yang ingin Anda pindahkan ke iPhone.

 

Sumber: EaseUS, Timelope

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer