Sukses


6 Cara Menghindari Sakit Punggung akibat WFH selama PPKM Darurat

Bola.com, Jakarta - Makin banyaknya orang yang terpapar virus corona penyebab COVID-19 di berbagai wilayah disikapi pemerintah dengan mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Warga di berbagai wilayah disarankan tidak keluar rumah, kecuali untuk kepentingan mendesak.

Perusahaan harus mematuhi imbauan tersebut dengan menutup kantor mereka untuk sementara, dan meminta para karyawan untuk melakukan tugas mereka di rumah masing-masing atau work from home (WFH).

Mungkin Anda termasuk satu di antara yang melakukan WFH tersebut. Satu di antara hal yang perlu Anda perhatikan saat WFH adalah mengatur ulang kebiasaan karena kondisi berkerja dari rumah sangat berbeda dengan kondisi di kantor.

Jika Anda sering bekerja di depan komputer atau laptop, Anda perlu menemukan tempat yang nyaman untuk mengerjakan pekerjaan Anda dari rumah.

Posisi yang salah ketika Anda duduk menghadap laptop, bisa menyebabkan sakit atau nyeri pada punggung karena posisi duduk berkontribusi dalam memberikan tekanan pada otot leher dan punggung.

Selain itu, kebiasaan duduk terlalu lama menjadi alasan mengapa nyeri punggung muncul. Dengan adanya PPKM Darurat yang mungkin diperpanjang, kemungkinan masa Anda WFH juga akan bertambah.

Setidaknya ada enam cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah terkena sakit punggung saat menjalani WFH selama PPKM Darurat, berikut enam cara tersebut, seperti dikutip dari Kinfolkwellness dan Thelist, Selasa (13/7/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Menghindari Sakit Punggung Saat Bekerja dari Rumah Selama PPKM

1. Ubah Posisi Duduk

Terapis Karen Jacobs mengatakan kepada CNBC bahwa satu hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menghindari sakit punggung adalah mengubah posisi duduk Anda sepanjang hari.

Hal tersebut membuat otot tidak terlalu tegang karena terlalu lama duduk dalam posisi yang sama. Jacobs menambahkan, bertahan pada satu posisi terlalu lama dapat menyebabkan tidak hanya sakit punggung, melainkan juga sakit leher dan bahu.

Membuat otot lebih lemas menjadi satu di antara kunci agar sakit punggung tidak menyerang Anda.

Cari kursi ergonomis untuk Anda duduk selama bekerja di rumah. Kursi itu memungkinkan Anda untuk menyesuaikan ketinggian, sandaran bahu, dan sandaran tangan untuk memberikan dukungan terbaik bagi tulang belakang Anda. 

2. Berikan Bantal Penyangga

Bantal dapat membuat perbedaan besar. Letakkan bantal tipis atau handuk lembut agar posisi duduk Anda lebih nyaman.

Bantal atau gulungan handuk juga dapat membantu mengatasi sakit punggung bagian bawah saat diletakkan di antara punggung dan kursi Anda.

3. Perhatikan Posisi Mengetik

Ubah posisi mengetik setiap jam. Usahakan siku tangan Anda membentuk sudut 90 derajat dari posisi laptop atau papan ketik pada komputer. Kaki yang menapak di lantai juga dapat menjadi solusi untuk duduk yang lebih sehat.

3 dari 3 halaman

Cara Menghindari Sakit Punggung Saat Bekerja dari Rumah Selama PPKM

4. Tempatkan Laptop atau Layar Komputer pada Posisi yang Tepat

Penting bagi Anda memperhatikan posisi laptop atau layar komputer karena hal tersebut dapat memengaruhi posisi duduk Anda yang berkaitan langsung dengan sakit punggung.

Tempatkan layar kerja Anda pada ketinggian yang nyaman, jangan terlalu membungkuk ke bawah. Selain itu jangan memiringkan layar kerja Anda karena hal tersebut dapat memaksa leher Anda untuk sering berputar dan berakhir dengan gangguan yang muncul pada bagian tersebut.

5. Beristirahat secara Teratur

Saat bekerja dari rumah, keuntungan yang dapat Anda miliki adalah dapat bergerak seleluasa mungkin sehingga coba untuk melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit sekali.

Anda dapat melakukan peregangan dan keluar rumah untuk mencari udara segar untuk menjauhkan Anda dari risiko sakit punggung.

6. Selalu Letakan Kaki di Lantai

Saat bekerja di depan komputer atau laptop, selalu letakan kaki Anda di lantai. Hindari mengangkat kaki ke meja atau kursi di dekat Anda. Hal tersebut dapat membuat posisi duduk Anda berubah menjadi lebih ekstrem dan menaikan risiko terkena sakit punggung.

 

Sumber: Kinfolkwellness, Thelist

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer