Sukses


6 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi COVID-19

Bola.com, Jakarta - Kasus positif COVID-19 masih terus muncul hingga pertengahan 2021. Sejak diputuskan WHO sebagai pandemi tahun lalu, penanganan COVID-19 di seluruh dunia digalakkan, mulai pembatasan kegiatan, lockdown, hingga memperbanyak vaksinasi.

Hal itu dilakukan demi menahan laju penyebaran virus corona penyebab COVID-19.

Virus corona penyebab COVID-19 merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan dan kekebalan tubuh. Masyarakat perlu melakukan beberapa cara untuk dapat meningkatkan imun tubuh.

Ada beberapa cara meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi COVID-19 ini, yang bisa dilakukan di rumah. Pasalnya, langkah pengendalian paling utama adalah peduli dengan kesehatan diri sendiri.

Berikut cara meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi COVID-19, dinukil dari Narayanahealth, Selasa (13/7/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi COVID-19

1. Menjaga pola makan

Menjaga pola makan menjadi kunci menentukan kesehatan dan kekebalan tubuh. Maka dari itu, menghadapi pandemi COVID-19 yang belum usai, asupan gizi yang seimbang patut diperhatikan.

Gizi yang seimbang merupakan susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dengan jumlah serta jenis tertentu sesuai kebutuhan tubuh. Untuk itu seseorang perlu memperhatikan prinsip keberagaman pangan, mengontrol berat badan secara rutin, dan menjaga perilaku hidup bersih.

2. Tidur yang cukup

Waktu tidur yang baik untuk membangun kekebalan tubuh adalah 7-8 jam. Jika kurang dari itu akan mengganggu aktivitas otak dan fungsi tubuh.

Itulah mengapa, disarankan tidur yang cukup demi membangun imunitas dalam menghadapi virus corona penyebab COVID-19.

3 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi COVID-19

3. Minum air yang banyak

Di masa pandemi seperti sekarang, sangat penting untuk tetap menjaga bahkan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terinfeksi virus. Maka dari itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan air sehingga tidak akan mengalami dehidrasi.

Dalam sehari, setidaknya manusia harus mengkonsumsi air sebanyak dua liter atau lebih. Hal itu dapat membantu meningkatkan imun tubuh agar tidak membuat metabolisme menjadi turun sehingga memiliki potensi tertular virus.

4. Rutin Berolahraga

Menurut ahli, olahraga dapat merangsang kinerja antibodi serta sel-sel darah putih sehingga aktivitas ini sangat cocok jika dilakukan pada masa pandemi guna meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Dengan berolahraga, seseorang bisa mengeluarkan bakteri melalui saluran pernapasan, hal ini menjadikannya dapat mengurangi risiko terjangkit berbagai penyakit.

Intensitas waktu untuk melakukan kegiatan ini kurang lebih sekitar 75 menit aktivitas fisik aerobik dalam satu minggu.

4 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi COVID-19

5. Kelola Stres

Cara meningkatkan imun tubuh yang penting lainnya untuk dilakukan, yaitu mengelola stres dengan baik. Jika tidak maka dapat memicu adanya produksi hormon kortisol dalam jumlah besar.

Ketika hormon kortisol tinggi, sistem imun dapat melemah. Dalam mengelola stres, Anda bisa melakukan berbagai hal, seperti olahraga ringan, beraktivitas sesuai hobi, aktif bersosialisasi bersama teman, kendati melalui telepon gengam, dan lain sebagainya.

6. Kurangi aktivitas di luar rumah yang tidak penting

Penyebaran COVID-19 terbanyak adalah aktivitas di luar rumah, seperti kegiatan bermasyarakat, dalam alat transportasi umum, serta tempat-tempat yang menyebabkan kerumunan.

Itulah mengapa, demi mencegah penyebaran dan meningkat imunitas, diharapkan tak melakukan kegiatan yang tak penting di luar rumah. Jika terpaksa keluar rumah, pakai masker sesuai yang dianjurkan dan menerapkan prosedur kesehatan lainnya.

 

Sumber: Narayanahealth

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer