Sukses


Cara Pasang Iklan di Instagram, Efektif dan Enggak Pakai Ribet

Bola.com, Jakarta - Di era digital seperti sekarang, penggunaan media sosial sudah melekat dalam kehidupan manusia. Satu di antara platform media sosial yang paling populer saat ini ialah Instagram.

Melalui Instagram, seseorang bisa berbagi foto dan video serta membuat cerita singkat pada fitur stories. Instagram bisa memudahkan berbagai aktivitas dengan cepat.

Bahkan, tak sedikit orang yang mendapatkan banyak uang dari Instagram. Yap, sebagai platform media sosial yang sangat populer, tak heran banyak orang memanfaatkan kepopuleran Instagram sebagai penunjang aktivitas bisnis.

Dengan Instagram, para pemilik bisnis bisa meningkatkan branding perusahaan maupun memasarkan jasa atau barang di platform tersebut.

Untuk lebih mendekatkan antara merek dan audiens, Instagram memiliki fitur unggulan yang membantu pemasaran lewat Instagram Ads.

Fitur tersebut sama fitur iklan lainnya, seperti Google Ads, Facebook Ads, dan sebagainya. Cara kerja Instagram Ads ialah dengan mencocokkan kata kunci dengan target audiens yang menjadi sasaran iklan, seperti jenis kelamin, usia, hobi, dan lain-lain.

Namun, karena Instagram telah diakuisisi Facebook, fitur Instagram Ads baru bisa digunakan setelah memiliki halaman Facebook.

Berikut ini rangkuman tentang cara pasang iklan di Instagram, seperti dilansir dari laman inbizia.com, Rabu (14/7/2021).

2 dari 7 halaman

1. Buka Facebook Ads Manager

Seperti yang sudah dijelaskan, Anda perlu membuka laman Facebook Ads Manager. Namun, pastikan Anda sudah login akun Facebook Anda.

Dengan fitur tersebut, nantinya Anda tidak hanya beriklan di Facebook saja, tetapi juga bisa di Instagram.

3 dari 7 halaman

2. Pilih Create Ads

Setelah membuka Facebook Ads Manager, Anda bisa memilih Create Ads pada bagian kanan atas. Menu ini biasanya ditandai dengan button hijau yang cukup menonjol.

4 dari 7 halaman

3. Pilih Tujuan Beriklan

Sebelum iklan Anda tayang di platform Instagram, Anda perlu terlebih dahulu mengatur setting Instagram Ads. Ada tiga kategori tujuan beriklan, yakni kesadaran, pertimbangan, dan konversi.

Kesadaran berkaitan dengan peningkatan brand awareness audiens Instagram terhadap produkmu. Sementara, pertimbangan, bisa dipilih apabila Anda bertujuan untuk meningkatkan traffic ke website yang Anda miliki.

Untuk konversi, tujuannya ialah mengkonversi iklan menjadi pemasukan melalui pembelian yang dilakukan audiens terhadap produk Anda.

5 dari 7 halaman

4. Atur Target Audiens, Anggaran, dan Jadwal Iklan

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengatur target audiens, berapa anggaran yang ingin Anda keluarkan, dan jadwal penayangan iklan.

Pada kolom target audiens, Anda bisa menentukan persona dari target penerima iklan yang ingin Anda tayangkan berdasarkan usia, jenis kelamin, hobi, bahasa, dan letak geografis.

Jika sudah menentukan persona dari target audiens Anda, Anda bisa mengisi berapa biaya yang ingin Anda keluarkan untuk iklan tersebut, dan mengisi kapan jadwal penayangan iklan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menentukan berapa lama iklan tersebut ingin ditayangkan. Cukup merogoh kocek mulai Rp25 ribu, sudah bisa menayangkan iklannya lewat fitur Instagram Ads.

6 dari 7 halaman

5. Pilih Format Penayangan Iklan

Selanjutnya, pilih format penayangan. Anda bisa mengunggah gambar yang ingin Anda gunakan untuk beriklan, dengan keterangan atau caption pendukung serta tautan link.

Format yang bisa dipilih tidak hanya dalam bentuk gambar, tetapi juga video, slideshow, dan collection. Pada saat mengisi keterangan, Anda bisa memilih di kolom atas pilihan Instagram Account dan masukkan username serta password.

7 dari 7 halaman

6. Lakukan Pembayaran

Terakhir, jika sudah selesai mengisi format penayangan iklan yang ingin ditampilkan, Anda bisa melakukan pembayaran sesuai biaya iklan yang telah Anda isi sebelumnya.

Metode pembayaran yang dipilih bisa ialah lewat kartu kredit maupun kartu debit. Selanjutnya, pihak Facebook akan mereview kembali pengajuan pemasangan iklan di Instagram yang Anda buat.

Kemudian Anda akan mendapatkan pemberitahuan lanjutan, apakah iklan Anda tersebut sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku atau tidak.

 

Sumber: Inbizia

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer