Sukses


Pengertian Ide Pokok, Ciri-Ciri, Cara Menentukan, dan Contohnya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Di sekolah, pastinya kamu tidak asing dengan pembahasan tentang pengertian ide pokok. Ide pokok atau yang disebut juga gagasan utama, adalah ide yang disampaikan oleh penulis menjadi suatu pokok pembahasan dalam sebuah paragraf.

Dalam perkembangannya, ide pokok dikenal juga sebagai gagasan pokok atau pikiran utama. Kehadiran ide pokok dalam sebuah paragraph sangat penting guna memberikan informasi kepada pembaca.

Fungsi lain dari ide pokok ialah membantumu untuk mengembangkan suatu alur tulisan didukung dengan gagasan penjelas. Dalam sebuah paragraf, biasanya hanya akan ditemukan satu ide pokok.

Letak ide pokok terdapat di kalimat utama. Satu hal yang perlu diingat adalah, kalimat utama tidak sama dengan kalimat pertama. Kalimat utama bisa ada di awal (deduktif), akhir (induktif), atau bahkan awal dan akhir (campuran) paragraf.

Ide pokok dalam satu paragraf sering bersifat tersurat. Sedangkan ide pokok dalam satu tulisan penuh, akan dapat diketahui secara tersirat setelah mengumpulkan semua ide pokok masing-masing paragraf.

Untuk penjelasan lebih lengkap perihal ide pokok, kamu bisa menyimak pembahasannya di bawah ini, seperti dilansir dari laman Dosenpendidikan, Kamis (15/7/2021).

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri dan Cara Menentukan Ide Pokok

1. Ciri-ciri ide pokok

Adapun ciri-ciri ide pokok antara lain:

  • Memiliki kalimat pendukung (kalimat pengembang) atau penjelasan.
  • Ada yang mendukung, baik itu berupa penjelasan atau alasan yang menguatkannya.
  • Inti dari sebuah paragraf atau pusat pembahasan.

2. Cara menentukan ide pokok

Adapun untuk cara menentukan ide pokok suatu paragraf yaitu:

- Menentukan kalimat utama

Cara pertama yang bisa kamu pakai untuk menentukan ide pokok adalah tahu mana kalimat utama. Ciri yang paling menonjol adalah bersifat umum. Lepaskan kalimat penjelas dan fokus pada kalimat utama. Itulah ide pokok paragraf yang sedang kamu baca.

- Fokus membaca

Cara kedua adalah langsung membaca satu tulisan penuh dengan fokus yang tidak pecah. Atau lebih mudahnya, sebagai latihan, kamu bisa membaca satu paragraf dengan saksama dan fokus penuh. Dengan begitu, suatu ide atau inti tulisan yang kamu baca, yang bersifat umum, itulah ide pokoknya.

- Kesimpulan paragraf

Kamu bisa menulis beberapa hal penting. Misalnya dalam buku ilmiah yang sedang kamu baca, satu paragraf yang terdiri dari banyak kalimat dan kata-kata (paragraf gemuk).

Nah, pada paragraf yang seerti itu, kemungkinan besar memiliki lebih dari satu ide pokok. Catatlah poin umum yang kamu temui, beberapa catatan tersebut merujuk pada ide pokok yang sedang dicari.

3 dari 3 halaman

Contoh Menentukan Ide Pokok

3. Contoh menentukan ide pokok

- Contoh ide pokok dalam paragraf deduktif

Membuat diri bahagia banyak caranya dan mudah dilakukan. Kamu bisa mulai dengan hal paling sederhana: tersenyum. Kemudian carilah udara segar yang membantu membuat rileks otak. Ingat bahwa ada banyak orang yang mempedulikanmu, serta yang paling penting, hargai dirimu sendiri secara wajar.

Ide pokok: cara bahagia.

Kalimat utama: cara membuat diri bahagia ada banyak dan mudah dilakukan (deduktif).

Kalimat penjelas: Kamu bisa mulai dengan hal paling sederhana: tersenyum. Kemudian carilah udara segar yang membantu membuat rileks otak. Ingatlah bahwa ada banyak orang yang mempedulikanmu, serta yang paling penting, hargai dirimu sendiri secara wajar.

- Contoh ide pokok dalam paragraf induktif

Terlalu memikirkan masalah akan membuat kamu makin sedih. Selain itu, alangkah lebih baik untuk fokus untuk menyelesaikan. Tidak perlu menggerutu yang berlebihan. Tetap semangat dan mintalah bantuan kepada orang tepercaya jika diperlukan. Itulah beberapa cara mengatasi kesedihan karena terlalu banyak masalah.

Ide pokok: cara mengatasi kesedihan.

Kalimat utama: Itulah beberapa cara mengatasi kesedihan karena terlalu banyak masalah (induktif).

Kalimat penjelas: Terlalu memikirkan masalah akan membuat kamu makin sedih. Selain itu, alangkah lebih baik untuk fokus untuk menyelesaikan. Tidak perlu menggerutu yang berlebihan. Tetap semangat dan mintalah bantuan kepada orang tepercaya jika diperlukan.

 

Sumber: Dosenpendidikan

Dapatkan artikel pengertian dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer