Sukses


Cara Cek BPJS Kesehatan Masih Aktif atau Tidak Secara Online, Gampang dan Praktis Banget

Bola.com, Jakarta - BPJS Kesehatan merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mendapat tugas dari pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan sosial kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Kehadiran BPJS Kesehantan memiliki peran sentral dalam mewujudkan sistem jaminan sosial nasional bidang kesehatan.

Melalui program BPJS Kesehatan, masyarakat Indonesia bisa berobat dengan aman dan terjangkau. Bahkan jaminan sosial yang diberikan juga tidak ada batasannya seperti ketika menggunakan jaminan kesehatan swasta.

Agar bisa merasakan manfaat dari jaminan kesehatan ini, bisa mendaftarkan diri. Bagi yang ingin mendaftar BPJS Kesehatan, bisa secara langsung ke kantor atau secara online.

Status kepesertaan BPJS Kesehatan akan aktif setelah terdaftar sebagai peserta. Namun, status Kepesertaan BPJS dapat nonaktif akibat beberapa hal.

Satu di antaranya karena menunggak tagihan BPJS terlalu lama. Ada baiknya peserta mengecek status BPJS Kesehatan secara berkala, apakah masih aktif atau tidak.

Bagi para peserta BPJS Kesehatan, mengecek status keanggotaan sangatlah penting. Jangan sampai saat dibutuhkan, ternyata belum atau sudah tidak aktif lagi sebagai peserta.

Saat ini, cara cek kartu BPJS Kesehatan aktif atau tidak sangat mudah, cukup secara online. Dengan begitu, peserta tidak perlu ke kantor BPJS terdekat untuk mengeceknya.

Berikut ini rangkuman tentang cara cek BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak, seperti dilansir dari laman Online-pajak.com, Kamis (15/7/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cara Cek BPJS Kesehatan Melalui Website

1. Kunjungi laman https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/

2. Isi kolom yang tertera pada laman tersebut.

3. Isilah mulai nomor kartu BPJS, tanggal lahir serta angka validasi yang telah tertera di layar.

4. Setelah terisi semua, klik pilihan Cek.

5. Situs BPJS Kesehatan akan menampilkan semua informasi terkait kepesertaan. Mulai identitas, status kepesertaan, jenis keanggotaan hingga jumlah tanggungan anggota keluarga.

6. Pada bagian bawah, akan tertera daftar tagihan beserta tanggal pembayarannya tiap bulan.

3 dari 5 halaman

Cara Cek BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi

1. Unduh aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan di Google Play Store atau App Store.

2. Buka aplikasi yang telah terpasang di smartphone Anda.

3. Anda akan menemukan form login dan meminta nomor kartu BPJS atau email aktif dan password.

4. Bila sudah pernah mendaftar aplikasi ini, silakan langsung mengisi form dan klik 'Login'. Jika belum pernah mendaftar, klik 'Register'.

5. Isi form pendaftaran yang tertera di halaman. Mulai nomor BPJS, nomor KTP, tanggal lahir, nama depan ibu kandung, email, nomor ponsel serta password. Isi alamat email dan nomor ponsel yang sesuai dengan data saat mendaftar BPJS Kesehatan.

6. Klik 'Register' dan Anfa akan menerima form verifikasi yang perlu diisi dengan kode angka unik. Kode unik tersebut akan dikirimkan ke alamat email yang terdaftar.

7. Buka pesan masuk dari BPJS Kesehatan di email, salin kode unik dan masukkan ke form verifikasi.

8. Klik 'Verify', dan Anda akan masuk ke menu utama, di mana tertera beberapa fitur Mobile JKN.

9. Pilih menu 'Peserta' untuk mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan.

10. Di sini Anda bisa menemukan informasi terkait keanggotaan BPJS Kesehatan diri sendiri beserta anggota keluarga yang menjadi tanggungan.

4 dari 5 halaman

Cara Cek BPJS Kesehatan Melalui Call Center

Cara cek BPJS Kesehatan selanjutnya, yaitu dengan BPJS call center. Anda bisa menghubungi nomor call center 1500 400. Nantinya, Anda akan terhubung dengan pusat Customer Service BPJS Kesehatan yang siap mengatasi keluhan serta pertanyaan selama 24 jam.

Di sini, Anda juga bisa menanyakan status kepesertaan BPJS Kesehatan. Jangan lupa untuk menyiapkan nomor BPJS Kesehatan dan nomor KTP Anda sebelum menghubungi Call Center.

5 dari 5 halaman

Cara Cek BPJS Kesehatan Melalui SMS

Cara cek BPJS Kesehatan juga bisa menggunakan SMS. Berikut beberapa format SMS yang bisa digunakan untuk mencari status keanggotaan:

- Menggunakan NIK (Nomor Kependudukan) di KTP.

- Menggunakan NOKA (Nomor Kartu BPJS Kesehatan).

- Menggunakan NIP (Nomor Induk Pegawai).

Anda tinggal pilih satu di antara tiga format di atas, kemudian kirimkan format tersebut ke nomor 08777-5500-400. Setelah itu, Anda tinggal menunggu hingga mendapatkan balasan dari BPJS Kesehatan.

 

Sumber: Onlinepajak

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer