Sukses


8 Cara Ampuh Melupakan Mantan Pacar biar Cepat Move On

Bola.com, Jakarta - Putus dari kekasih hati tentu menyakitkan. Harapan untuk bersama selamanya, terpaksa kandas. Setelah putus cinta, biasanya kenangan akan sang mantan masih kerap menghantui. Itulah mengapa, banyak orang yang putus cinta mencari cara ampuh untuk bisa segera melupakan mantan pacar.

Berpisah dengan kekasih hati alias putus memang menyakitkan. Namun, sebaiknya jangan menjadikan hal tersebut sebagai penghambatmu untuk terus melanjutkan kehidupan.

Sedih menjadi kewajaran setelah putus cinta. Berikan waktu bagi dirimu untuk bersedih dan merenungkan segala yang telah terjadi. Setelah itu, lanjutkan kembali hidupmu karena orang yang lebih tepat, sudah menanti pertemuan denganmu.

Di sisi lain, pada awalnya, melupakan mantan kekasih bisa jadi hal berat. Namun, pastinya tidak mustahil dilakukan. Terlebih apabila sudah tertanam niat dan tekad.

Cara melupakan mantan bisa dimulai dengan tidak menghubunginya lagi atau melakukan kontak secara langsung dengannya. Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk melupakan mantan ialah dengan memaafkan segala kesalahannya dan jangan pernah lagi berharap agar dia kembali padamu.

Ada beberapa cara lain yang bisa kamu terapkan agar kamu bisa melupakan mantan pacarmu setelah putus cinta dengannya. Cara-cara di bawah ini sekaligus bisa membantumu untuk move on.

Nah, berikut 8 cara ampuh untuk melupakan mantan pacar, seperti dikutip dari Sheroes dan Wikihow, Kamis (15/7/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Ampuh untuk Melupakan Mantan Pacar

1. Buat Pengalaman Baru

Hal ini mungkin yang paling sulit dilakukan, tetapi sebenarnya lebih mudah dari yang diharapkan. Memang, mengunjungi tempat-tempat atau melakukan aktivitas yang biasa kamu dan mantan kekasihmu lakukan, bisa jadi menghantui. Namun, itu bukan akhir dari dunia setelah kamu putus.

Oleh karena itu, kamu tidak bisa selalu menghindarinya karena tempat tersebut mengingatkanmu akan masa lalu. Ketika kamu mengunjungi tempat yang dirasa memiliki sejarah dengan mantan, alihkan pemikiranmu kepada hal yang menyenangkan.

Kunjungi destinasi yang tak terlupakan itu, kali ini bersama keluarga maupun temanmu. Berfoto bersama, makan bersama, dan nikmati semua aktivitas lain bersama-sama. 

Dengan cara ini, ketika kamu mulai melihat ke belakang, kamu hanya akan mengingat saat-saat indah, bukan saat-saat yang memberi tahu kamu tentang sakit hati.

2. Hindari Kontak

Hindari kontak dengan mantan kekasihmu, kecuali jika kamu 100 persen yakin kamu dapat tetap 'hanya berteman' dengan mantanmu (dan dia juga 100 persen yakin). Hindari bertemu mantanmu sebanyak mungkin, selama setidaknya satu atau dua bulan awal setelah putus.

Saat kamu terpaksa menemuinya, jaga percakapanmu sesingkat dan sesopan mungkin. Hal ini mungkin sulit, tetapi penting.

Berinteraksi dapat menyebabkan obrolan canggung di mana kamu dan mantan memikirkan hubungan lama dan tergoda dengan kenangan lama bersamanya.

3 dari 5 halaman

Cara Ampuh untuk Melupakan Mantan Pacar

3. Menjalin Pertemanan Baru

Terkadang, kesulitan melupakan mantan dikarenakan mereka yang baru putus, lebih ingin menyendiri dan menghindar dari publik atau keramaian. Namun, sebaliknya, mulailah menjalin pertemanan baru sebagai cara melupakan mantan kekasihmu.

Suasana sunyi dan sepi umumnya membuat seseorang makin sedih karena pikiran terfokus, khususnya pada kondisi putus cinta, dan tidak ada orang lain yang bisa menyemangatinya.

Jadi, satu di antara cara terbaik melupakan mantan pacar, ialah berkenalan dengan orang-orang baru.

Selain itu, jangan ragu bersosialisasi dengan orang baru. Aktivitas ini akan membuat pikiran teralihkan dan lebih terbuka akan hal baru, yang pastinya jauh lebih menarik untuk dibicarakan.

4. Tingkatkan Semangat dengan Berolahraga

Olahraga menjadi car fantastis untuk mulai merasa baik tentang diri kamu setelah melewati pengalaman yang sulit. Tidak hanya murah dan menyenangkan, olahraga terbukti meningkatkan suasana hati dan melawan depresi klinis.

Yang terbaik dari semuanya, jika kamu rutin melakukannya, kamu akan mulai melihat perubahan dalam penampilan fisik serta dan mental, di mana percaya dirimu akan meningkat dan hal itu membuatmu lebih mudah mengatasi patah hati.

4 dari 5 halaman

Cara Ampuh untuk Melupakan Mantan Pacar

5. Curahkan Isi Hati kepada Teman

Cara selanjutnya untuk melupakan mantan, adalah dengan mencurahkan isi hati. Menceritakan kisah perpisahanmu bisa menjadi satu di antara cara pelepas stres setelah putus cinta.

Terutama jika kamu mencurahkan isi hatimu dengan orang-orang yang pernah mengalami pengalaman serupa. Kamu bisa meminta saran dari mereka, apa yang harus kamu lakukan untuk bisa cepat melupakan mantan kekasih.

Tetapi, harus diingat. Jangan pula terlalu lama membicarakan topik putus cinta ini karena justru akan menyulitkanmu untuk move on secepatnya. 

Ceritakan kisahmu sekali saja atau menjadikan putus cintamu sebagai topik pembicaraan sesingkat mungkin, jangan terlalu lama menjadi pembahasan di antara kamu dan temanmu.

6. Mencoba untuk Menghargai Diri Sendiri

Ingatlah bahwa kamu adalah orang yang paling penting dalam hidupmu. Dengan mengingat hal ini, kamu akan lebih mudah fokus pada diri sendiri daripada pada pasangan yang telah hilang atau pergi.

Percaya diri, miliki sikap positif, dan terima kekuranganmu. Fokuslah untuk menjadi orang terbaik yang kamu bisa. Kebahagiaan datang bukan dari orang lain, tetapi dari dalam diri sendiri.

5 dari 5 halaman

Cara Ampuh untuk Melupakan Mantan Pacar

7. Berhenti Mencari Tahu

Ketika hubungan harus berakhir, cara terbaik melupakan mantan kekasih bisa diwujudkan, satu di antaranya dengan kamu berhenti mencari tahu hal apa pun yang berkaitan denganya. Baik secara langsung atau lewat media sosial.

Bagi sebagian orang, cara melupakan mantan terindah adalah memblokir atau berhenti mengikuti seluruh akun sosial media personalnya.

Bila tidak mengetahui kabarnya, kamu bisa mengurangi kepedulian terhadap apa yang dilakukannya sehari-hari. Stalking mantan melalui sosial media hanya akan membuat kamu terus terikat dengannya.

8. Maafkan dan Jangan Berharap Kembali

Memaafkan segala hal yang telah mantanmu lakukan kepadamu menjadi cara ampuh untuk melupakannya. Pengampunan akan menetralkan segala kenanganmu terhadapnya.

Pengampunan tidak membenarkan perlakuan orang terhadapmu, namun menghilangkan rasa sakit yang kamu rasakan.

Selain itu, coba untuk berhenti berharap segala berjalan seperti yang kamu inginkan. Berpikirlah lebih realistis karena cinta yang bertepuk sebelah tangan tidak akan menjadi sebuah kisah cinta yang utuh.

Hal itu memang sulit untuk dilakukan, namun dengan tidak berharap lagi kepadanya, akan membuatmu dapat melupakan mantan dengan lebih mudah.

 

Sumber: Sheroes, Wikihow

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer