Sukses


8 Cara Mengatasi Perut Kembung, Cepat dan Aman

Bola.com, Jakarta - Perut kembung adalah keadaan perut terasa nyeri dan membesar yang membuat seseorang merasa tidak nyaman. Seseorang yang mengalami kondisi ini akan merasakan perutnya terasa sangat penuh seperti begah dan ada sensasi ingin muntah.

Biasanya kondisi ini terjadi setelah makan. Perut kembung bisa saja terjadi pada siapa pun, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Perut kembung adalah kondisi di mana saluran pencernaan dipenuhi oleh udara atau gas yang berlebih. Keadaan ini dapat dipicu oleh beberapa makanan dan minuman yang menghasilkan banyak gas ketika mencapai lambung.

Anda mungkin akan bersendawa lebih sering atau perut suka mengeluarkan bunyi ketika mengalami perut kembung. Maka dari itu, ada baiknya Anda mengurangi konsumsi sejumlah makanan dan minuman yang dapat menghasilkan banyak gas di perut.

Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung.

Berikut ini cara mengatasi perut kembung dengan cepat dan aman yang bisa Anda coba, dilansir dari laman Klikdokter, Jumat (16/7/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Perut Kembung

1. Minum air putih hangat

Air putih hangat memiliki efek vasodilator, yaitu efek memperlebar pembuluh darah dan menstimulasi aliran darah menuju usus sehingga mendukung proses pencernaan. Selain itu, minum air putih hangat membantu membersihkan usus untuk menghindari perut kembung.

Biasakan untuk minum air putih hangat pada pagi hari saat kondisi perut masih kosong sehingga saat Anda makan, suhu hangat tersebut akan membantu mengemulsi lemak dan membuatnya lebih mudah dicerna.

2. Makan lebih banyak serat

Satu di antara penyebab perut kembung adalah sembelit. Disarankan untuk Anda makan makanan yang mengandung tinggi serat, seperti sayuran hijau, buah, atau serealia biji-bijian seperti oat.

3. Kurangi makanan yang mengandung gas

Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gas secara berlebihan, seperti kubis, kembang kol, daun singkong, brokoli, pisang ambon, kedondong, buah yang dikeringkan, dan nangka.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Perut Kembung

4. Aktif bergerak

Saat perut terasa kembung, jangan hanya duduk diam dan membiarkan kondisi ini menjadi berlarut-larut. Coba berjalan kaki sebentar, kira-kira 10-15 menit. Aktivitas tersebut akan membantu gas melewati saluran pencernaan lebih cepat, keluhan perut kembung akan perlahan sirna.

5. Konsumsi produk susu dengan baik

Bila keluhan perut kembung masih terjadi atau makin parah, Anda bisa mencoba beralih dengan mengonsumsi susu atau produk olahan nabati lainnya seperti keju, yoghurt, mayones, susu kedelai atau produk bebas laktosa.

6. Jangan makan terlalu cepat

Satu di antara penyebab utama kembung adalah menelan terlalu banyak udara saat Anda makan. Umumnya, ini terjadi pada orang-orang yang punya kebiasaan makan terlalu cepat, berbicara sambil makan, minum dari sedotan, atau minum banyak soda.

Untuk mengatasinya, Anda disarankan untuk makan secara perlahan dengan mulut tertutup. Habiskan satu porsi makanan dalam waktu 15-30 menit.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Perut Kembung

7. Minum teh peppermint

Kandungan yang ada di dalam teh peppermint seperti menthol dan menthone, memiliki efek antispasmodik (mengurangi kontraksi) dan meredakan keluhan tidak nyaman di saluran cerna.

8. Konsumsi kunyit

Kunyit memiliki kandungan bahan aktif kurkumin yang dapat meredakan kembung dan begah. Dengan mengonsumsi ekstrak kunyit setiap hari, bahan rimpang ini dipercaya mampu membantu perbaikan gejala nyeri perut, perut kembung, dan begah hingga 67 persen.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 12/11/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer