Sukses


8 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Otak, Penting Diketahui

Bola.com, Jakarta - Selain jantung, manusia memiliki organ vital lainnya yang perlu dijaga kesehatannya, yaitu otak. Menjaga kesehatan otak sama pentingnya dengan menjaga kesehatan jantung.

Katika otak mengalami gangguan kesehatan atau kerusakan, hal tersebut dapat memengaruhi keadaan tubuh secara menyeluruh, terutama daya ingat.

Otak adalah tempat di mana semua informasi dari awal kita lahir hingga saat ini, disimpan. Otak juga mengendalikan berbagai organ dan fungsi pada tubuh.

Kita dapat menjaga agar otak kita tetap sehat dengan pola hidup yang sehat, seperti mengonsumsi makanan bernutrisi, menjauhi makanan cepat saji, dan berolahraga secara teratur.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat memengaruhi fungsi dan kesehatan otak, satu di antaranya tidak memiliki waktu tidur yang cukup.

Mencermati serta menjauhi berbagai aktivitas yang dapat memengaruhi kesehatan otak, bisa memberikan efek baik bagi kesehatan dan keadaan tubuh secara keseluruhan.

Berikut delapan cara ampuh menjaga kesehatan otak, seperti dikutip dari Psychologytoday dan Pharmiweb, Minggu (18/7/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Otak

1. Tidak Melewatkan Sarapan

Banyak orang meninggalkan waktu sarapan. Padahal, setiap pagi setelah bangun tidur, tubuh Anda membutuhkan asupan nutrisi. Melewatkan waktu sarapan dapat menyebabkan otak kekurangan asupan nutrisi.

Beberapa penelitian mengatakan beberapa anak yang sarapan, memiliki kinerja yang baik di sekolah daripada mereka yang tidak. Selain itu, melewatkan waktu sarapan Anda dapat menyebabkan kadar glukosa darah rendah, yang berdampak buruk pada fungsi otak.

2. Tidur Cukup

Kekurangan waktu tidur dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, juga dapat menyebabkan kantuk di siang hari, depresi, dan ingatan yang terganggu.

Hal tersebut dapat mengganggu hingga merusak fungsi otak secara keseluruhan. Perlu diingat, kekurangan tidur yang digantikan dengan tidur semalaman tidak dapat membantu otak Anda pulih dengan cepat.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah berusaha untuk memiliki waktu tidur yang cukup, paling tidak 7-8 jam setiap malam, dan melakukan kegiatan yang menenangkan pikiran sebelum tidur agar otak lebih rileks.

3 dari 5 halaman

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Otak

3. Menghindari Rokok

Selain dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, merokok yang Anda lakukan dapat mengganggu atau merusak fungsi otak.

Asap rokok mengandung berbagai macam bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Kecanduan nikotin yang ada di dalam rokok dapat menyusutkan otak, dan penyusutan otak untuk waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

4. Kurangi Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dapat menyebabkan kelebihan berat badan, merasa kembung, serta memicu beberapa penyakit.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan juga dapat merusak fungsi otak. Hal tersebut dapat mengeraskan pembuluh darah di otak dan merusak kemampuan mental.

4 dari 5 halaman

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Otak

5. Kurangi Konsumsi Gula

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula dalam jangka waktu lama dapat mengganggu tubuh untuk menyerap protein dan nutrisi.

Hal tersebut menimbulkan kondisi yang biasa disebut sebagai malnutrisi, yang dapat menghambat pertumbuhan otak.

Hal itu karena tubuh mengalami kekurangan nutrisi yang cukup signifikan di dalam darah, membiuat suplai nutrisi ke otak tidak berjalan lancar serta menyebabkan terhalangnya pertumbuhan otak.

6. Tidak Mendengarkan Musik Menggunakan Earphone Terlalu Keras

Jika Anda mempunyai kebiasaan mendengarkan musik menggunakan earphone terlalu keras, hentikan kebiasaan tersebut.

Kebiasaan itu dapat menyebabkan gangguan pada pendengaran bahkan kehilangan kemampuan mendengar. Kebiasaan ini juga dapat menyebabkan beberapa masalah pada otak, seperti kehilangan memori dan kerusakan jaringan otak.

5 dari 5 halaman

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Otak

7. Berolahraga

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan otot dan tulang, berolahraga dapat memperbaiki kinerja pembuluh darah kecil dalam membawa darah yang kaya oksigen menuju otak.

Beberapa jenis aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan, misalnya berjalan kaki, senam, atau jogging. Lakukan setidaknya selama 30 menit setiap hari.

Aktivitas fisik atau olahraga dapat memicu perkembangan sel saraf baru dan meningkatkan hubungan antarsel di otak agar lebih optimal.

8. Menghindari Makanan Tinggi Kolesterol

Kolesterol merupakan komponen penting dari otak manusia. Namun, mengonsumsi makanan tinggi kolesterol secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Kelebihan kolesterol dapat memicu terjadinya penyumbatan di dalam pembuluh darah otak sehingga suplai oksigen ke otak berkurang. Hal ini yang mengakibatkan seseorang mengalami stroke.

 

Sumber: Psychologytoday, Pharmiweb

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer