Sukses


9 Cara Mengatasi Sakit Perut di Rumah, Aman dan Mudah Dipraktikkan

Bola.com, Jakarta - Sakit perut merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa dan kapan saja. Maka dari itu, cara mengatasi sakit perut di rumah patut menjadi perhatian, jika sewaktu-sewaktu penyakit tersebut menyerang Anda atau anggota keluarga yang lain.

Sakit perut kerap kali menimbulkan ketaknyamanan berserta beragam gejalanya.

Secara umum, sakit perut tidak bersifat serius dan gejalanya cepat berlalu. Anda hanya perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Untuk menghindari sakit perut, disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas.

Gejalan ringan sakit perut sebetulnya tak perlu penanganan medis. Namun, jika sudah terlalu sakit dan berlangsung cukup lama, perlu pertolongan medis agar lebih jelas penyebabnya dan penyembuhannya.

Berikut cara mengatasi sakit perut di rumah, dinukil dari lamanĀ Klikdokter, Kamis (22/7/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sakit Perut di Rumah

1. Jahe

Sebuah studi menunjukkan, jahe bisa berperan sebagai pengobatan efektif untuk sakit perut tertentu. Bahan herbal ini dapat berperan sebagai antiinflamasi alami.

Untuk mengatasi sakit perut, Anda bisa mengonsumsi makanan, suplemen, atau minuman jahe.

2. Teh Kamomil

Secangkir teh kamomil dapat meringankan sakit perut. Minuman ini juga bertindak sebagai antiinflamasi.Ā 

Sifat antiinflamasi itu membuat otot perut lebih relaks. Hal ini bisa menurunkan sakit akibat kejang dan kram.

3. Diet BRAT (Banana, Rice, Apple Sauce, and Toast)

BRAT terdiri dari makanan rendah serat dan dapat mengikat nutrisi. Asupan dalam tipe diet jenis ini akan membantu meringankanĀ diareĀ atau mual.

Makanan BRAT tidak mengandung garam atau zat yang dapat memperburuk gejala sakit perut.Ā 

Diet yang tergolong hambar ini harus dilakukan saat Anda merasa mual, namun tetap harus makan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sakit Perut di Rumah

4. Sari Cuka Apel

Bila Anda bisa menahan rasa asam yang kurang nikmat, coba konsumsi sari cuka apel sebanyak 1 sdm untuk menetralkan sakit perut.Ā 

Kalau rasanya terlalu kuat, coba campurĀ apple cider vinegarĀ dengan secangkir air dan 1 sdt madu lalu teguk perlahan.

Asam di dalam sari cuka apel dapat membantu zat tepung atau karbohidrat masuk ke usus dan menjaga bakteri di usus agar tetap sehat.

5. Kompres HangatĀ 

Anda mungkin bisa memanfaatkan koyo hangat atau botol berisi air hangat untuk meredakan rasa mual dan ketaknyamanan pada perut sampai gejala hilang.

Kehangatan di perut akan mengalihkan Anda dari sensasi kram atau nyeri. Lalu, rasa panas dapat membantu mengendurkan otot dan mengurangi mual.Ā 

Namun, jangan biarkan kompres hangat terlalu lama karena kulit dapat mengalami kerusakan karena penggunaan yang berlebihan.

6. Perbaiki Asupan Cairan

Tubuh butuh air untuk membantu proses pencernaan dan penyerapan nutrisi secara efisien. Kekurangan cairan (dehidrasi) akan mengganggu fungsi pencernaan. Kondisi ini bisa saja menyebabkan sakit perut.Ā 

Biasanya, asupan cairan yang baik yaitu sekitar 8 gelas atau lebih dalam sehari.Ā Bagi orang dengan masalah pencernaan, penting untuk terhidrasi dengan baik.Ā 

Pasalnya, diare dan muntah dapat memperburuk dehidrasi. Jadi, pengidap sakit perut harus tetap memenuhi kebutuhan cairannya.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sakit Perut di Rumah

7. Hindari Berbaring

Saat tubuh dalam posisi horizontal, asam lambung lebih cenderung naik. Hal ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut.

Orang dengan nyeri perut sebaiknya tidak berbaring paling tidak selama beberapa jam hingga sakitnya berlalu.Ā 

Bila perlu berbaring, topang kepala, bagian leher, dan dada dengan bantal lebih baik pada kemiringan 30 derajat.

8. Hindari Konsumsi Rokok dan Alkohol

Merokok bisa membuat tenggorokan iritasi dan berpotensi memicu sakit perut.Ā 

Jika pengidap muntah, merokok dapat makin membuat iritasi pada jaringan lunak yang telah teriritasi akibat asam lambung.

Kemudian, alkohol tidak mudah dicerna serta dapat menimbulkan kerusakan di hati dan lapisan lambung. Jadi, saat sakit perut, hindari rokok dan alkohol sampai gejala terasa lebih baik.

9. Kayu Manis

Kayu manis diklaim memiliki berbagai antioksidan yang membantu melancarkan pencernaan serta menurunkan risiko iritasi dan dampak buruk pada saluran cerna.Ā 

Beberapa antioksidan kayu manis meliputiĀ linalool,Ā eugenol,Ā camphor,Ā danĀ cinnamaldehyde. Kayu manis juga dipercaya bisa membantu mengurangi kram, kembung, dan sendawa.

Ā 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 22/2/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer