Sukses


8 Cara Mencegah Terkena Kanker Payudara, Wajib Diketahui

Bola.com, Jakarta - Kanker payudara adalah suatu kondisi kesehatan tubuh di mana sel-sel dalam payudara tumbuh tidak terkendali. Sel-sel tersebut membelah lebih cepat dari yang seharusnya dan membentuk benjolan.

Menurut data yang dilansir dari American Cancer Society, lebih dari 200 ribu kasus kanker payudara muncul setiap tahunnya. Diperkirakan ada 40 ribu orang meninggal akibat kanker payudara.

Saat kanker ini masih pada tahap stadium awal, biasanya tidak muncul gejala apa pun pada pengidapnya. Alhasil, disarankan bagi setiap wanita untuk memeriksakan kesehatan payudara secara rutin.

Cara lain yang bisa dipraktikkan, seperti memeriksa sendiri dengan meraba searah jarum jam, untuk mengetahui apakah terdapat benjolan kecil pada payudara Anda. Cara ini dapat dilakukan setiap saat.

Gaya hidup yang tidak sehat sangat berpengaruh menaikkan risiko terkena kanker payudara, terutama bagi mereka yang gemar merokok dan mengonsumsi alkohol.

Ada beberapa cara yang dapat menurunkan risiko Anda terkena kanker payudara, satu di antaranya  berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara rutin.

Brikut delapan cara mencegah terkena kanker payudara, yang wajib diketahui, seperti dikutip dari Sheknows, Jumat (23/7/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Mencegah Terkena Kanker Payudara

1. Perhatikan Berat Badan

The American Cancer Society mencantumkan kelebihan berat badan atau obesitas sebagai faktor risiko terekena kanker payudara, terutama bagi wanita setelah memasuki masa tua.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang bertambah berat badannya saat dewasa berisiko lebih tinggi terkena kanker payudara daripada wanita yang kelebihan berat badan sejak masa kanak-kanak.

Terlepas dari itu, jika Anda kelebihan berat badan, bicarakan dengan dokter Anda atau ahli diet terdaftar tentang perubahan pola makan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mencapai berat badan yang ideal.

2. Melakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Para ahli merekomendasikan agar wanita menemui penyedia layanan kesehatan untuk mendapatkan pemeriksaan payudara klinis setiap tiga tahun jika mereka berusia di bawah 40 tahun dan setiap tahun jika mereka berusia 40 tahun atau lebih.

Penyedia layanan kesehatan dapat mendeteksi perubahan yang terlewatkan oleh wanita saat melakukan pemeriksaan payudara sendiri. Mereka juga dapat memberikan informasi tentang pencegahan kanker payudara kepada wanita, dengan mempertimbangkan riwayat keluarga dan gaya hidup. 

3 dari 5 halaman

Cara Mencegah Terkena Kanker Payudara

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat secara rutin setiap hari dapat mengurangi risiko Anda terkena penyakit kanker payudara.

Pola makan yang mengutamakan makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan, menjauhkan dari risiko kanker payudara karena kandungan nutrisi di dalamnya yang dapat menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit, dan khususnya kanker payudara.

4. Menghindari Paparan Radiasi

Menghindari paparan radiasi dapat menjauhkan Anda dari risiko terkena kanker payudara. Radiasi biasanya didapat saat Anda melakukan pengecekan medis menggunakan alat seperti CT scan dan sinar-x. Alat-alat tersebut memaparkan radiasi yang cukup tinggi pada tubuh Anda.

Kurangilah melakukan pengecekan medis menggunakan alat yang memaparkan radiasi tinggi, atau melakukan pengecekan jika hanya diperlukan.

4 dari 5 halaman

Cara Mencegah Terkena Kanker Payudara

5. Mengurangi Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol yang terlalu banyak atau berlebihan meningkatkan risiko seseorang terkena kanker payudara dan berbagai jenis kanker lainnya.

Dibandingkan dengan yang tidak, wanita yang meminum beberapa gelas minuman beralkohol dalam sehari memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara.

Tidak ada batas aman dalam meminum minuman beralkohol. Namun, setidaknya Anda dapat membatasi diri untuk meminum satu gelas dalam sehari, atau bahkan tidak meminumnya sama sekali.

6. Olahraga Secara Rutin

Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin setiap harinya tidak hanya dapat memberikan efek sehat pada badan secara keseluruhan. Namun, hal tersebut juga dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Beberapa penelitian mengatakan wanita yang melakukan aktivitas fisik atau berolahraga selama 1,5 jam-2,5 jam setiap hari dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 18 persen. Anda dapat berlari, bersepeda, berenang, atau berjalan kaki secara rutin agar tubuh Anda makin sehat.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Terkena Kanker Payudara

7. Menyusui Bayi

Beberapa penelitian mengatakan bahwa menyusi bayi dapat mengurangi risiko seorang wanita terkena kanker payudara, terutama jika mereka terus menyusui bayi selama kurang lebih dua tahun.

Hal tersebut terjadi karena menyusui dapat mengurangi siklus menstruasi yang dapat mengurangi tubuh terpapar hormon esterogen. Paparan hormon esterogen yang terlalu tinggi pada wanita dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

8. Menghindari Asap Rokok

Tidak hanya mengehentikan aktivitas merokok Anda, namun juga jauhilah asap rokok yang dihasilkan oleh orang lain. Asap rokok yang mengandung banyak bahan kimia dapat meningkatkan risiko terkena berbagai macam kanker dan khususnya kanker payudara.

Hentikan kebiasaan merokok Anda dan jauhi asap rokok, karena menjauhi asap rokok dapat mengurangi risiko Anda terkena kanker payudara dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

 

Sumber: Sheknows

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer