Sukses


Cara Membuat Kartu Nama dengan Microsoft Word, Mudah dan Praktis

Bola.com, Jakarta - Microsoft Word merupakan perangkat lunak pengolah kata yang umumnya dikuasai banyak orang. Tak hanya untuk menyusun artikel, Microsoft Word juga bisa digunakan untuk membuat brosur, sertifikat hingga kartu nama.

Kartu nama adalah kartu yang digunakan untuk menyampaikan informasi seseorang atau perusahaan. Biasanya kartu nama digunakan untuk perkenalan secara formal. Umumnya, dalam kartu nama berisi nama, logo perusahaan, alamat, nomor telepon, email, faksimile serta website.

Untuk membuat kartu nama bisa dikatakan cukup mudah, dan bisa menggunakan Microsoft Word.

Hal ini tentunya akan sangat membantu bagi kamu yang belum terlalu memahami aplikasi-aplikasi desain seperti Photosho maupun CorelDraw.

Membuat kartu nama di Microsoft Word tidak sulit dilakukan. Cukup memilih template, sehingga tugasmu hanya memasukkan informasi yang diperlukan saja.

Berikut ini rangkuman tentang cara membuat kartu nama di Microsoft Word, seperti dilansir dari laman berakal.com, Jumat (23/7/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Kartu Nama di Word Menggunakan Template

1. Buka Microsoft Word di perangkat yang kamu gunakan.

2. Klik File, lalu pilih opsi New.

3. Kemudian cari Business Cards di kolom pencarian.

4. Setelah itu, akan muncul banyak pilihan template kartu nama dalam berbagai bentuk, mulai dari horizontal hingga vertikal.

5. Pilih template yang ingin kamu gunakan.

5. Klik Create atau Download untuk membuka template yang telah dipilih.

6. Selanjutnya, tinggal mengisi informasi atau data yang perlu tercantum di kartu nama tersebut.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Kartu Nama di Word Menggunakan Tabel

1. Buka Microsoft Word

2. Kemudian, klik tab Page Layout, lalu pilih Margins.

3. Setelah muncul opsi ukuran batas kertas, pilih Narrow.

4. Klik tab Insert, lalu pilih opsi Table.

5. Buat tabel dengan panjang 5 sel dan lebar 2 sel.

6. Buka table properties dengan cara klik kanan pada kursor bidik silang di pojok kiri atas tabel, kemudian pilih Table Properties.

7. Untuk memudahkan saat meratakan informasi di dalam kartu nama, atur tata letak tabel dengan memilih opsi Center.

8. Selanjutnya, klik tab Row, lalu centang pada kotak Specify Height. Masukkan ukuran 2", dan pilih Exactly pada kolom Row Height is.

9. Klik tab Column, lalu centang pada kotak Preferred Width. Masukkan ukuran 3.5", dan pilih Exactly pada kolom Measure in.

10. Untuk menyesuaikan ukuran tabel dengan layar, klik kanan kembali pada bidik kursor tabel, kemudian klik AutoFit, lalu pilih Fixed Column Width agar ukuran tabel tidak berubah ketika kamu memasukkan data di dalamnya.

11. Kemudian, masukkan data atau informasi yang ingin dicantumkan dalam kartu nama. Pilih jenis dan ukuran font, warna, dan berbagai tools.

12. Setelah memasukkan data atau informasi pada satu sel tabel, salin untuk memindahkannya ke sel lain. Pastikan sebelum mengisi informasi pada kartu tidak ada kesalahan lagi.

13. Setelah isi sel pertama telah disalin dan ditempel pada sel-sel lainnya, klik kanan kembali pada bidik silang tabel kemudian masuk kembali ke Table Properties.

14. Klik opsi Borders and Shading, lalu pilih None untuk border. Tujuannya agar garis batas tabel tidak terlihat ketika kartu dipotong.

15. Cetak kartu nama yang telah dibuat.

 

Sumber: Berakal

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer