Sukses


Contoh-Contoh Teks Deskripsi Lengkap Beserta Strukturnya

Bola.com, Jakarta - Teks deskripsi adalah jenis teks yang berisi penggambaran suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu yang dijelaskan secara jelas dan terperinci.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Jadi, dalam menyusun teks deskripsi harus menggambarkan objek sekonkret mungkin sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar hingga merasakan.

Adapun tujuan teks deskripsi ialah untuk menggambarkan objek dengan memerinci secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis.

Adapun objek yang dibicarakan pada teks deskripsi lebih bersifat khusus. Kemudian objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal.

Dalam teks deskripsi terdapat tiga struktur yang membangunnya, yakni identifikasi/pernyataan umum, deskripsi bagian, dan penutup/ kesan.

Bagi kamu yang bingung dalam menyusun teks deskripsi, bisa memahami beberapa contoh yang ada.

Berikut ini beberapa contoh teks deskripsi lengkap beserta strukturnya, seperti dikutip dari laman Bocahkampus dan Serupa, Jumat (23/7/2021).

2 dari 4 halaman

Contoh Teks Deskripsi

                                                                               Keindahan Alam Indonesia

Deskripsi umum

Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam yang melimpah ruah dari Sabang hingga Merauke. Keindahan alam Indonesia memang dinilai tak ada yang mampu menandingi di negara mana pun di dunia.

Deskripsi Bagian

Hampir semua pesona alam terdapat di Indonesia, mulai daratan hingga laut. Oleh sebab itu, tidak heran banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam bumi pertiwi.

Selain keindahan alam yang disajikan, ternyata di dalam keindahan tersebut terdapat banyak hal tersembunyi yang jarang diketahui, seperti flora dan fauna yang sangat langka dan eksotis. Alam Indonesia yang paling tersohor di mata dunia adalah keindahan pantainya yang terbentang dari barat hingga ke timur.

Banyaknya pulau yang ada di Indonesia membuat kekayaan laut dan pantai makin berwarna. Selain pantai, keindahan dunia bawah laut juga menjadi incaran para wisatawan untuk masuk ke dalamnya dan ikut menikmati kehidupan bawah laut di Indonesia.

Daerah yang memiliki keindahan pantai yang menakjubkan di Indonesia yang paling tersohor adalah Manado, Bali, dan Raja Ampat. Tidak hanya keindahan pantai, Indonesia merupakan negara dengan cangkupan hutan terbesar di Dunia. Oleh karena itu Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia, sebab 1⁄3 hutan di dunia terdapat di Indonesia.

Penutup

Keindahan hutan di Indonesia memang tak perlu diragukan lagi, sebab memang hijau hamparan pohon membuat mata seakan terhipnotis. Selain itu, hewan dan tumbuhan endemik banyak yang menjadi buruan wisatawan yang hanya untuk berfoto untuk mengabadikan momen tersebut.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks Deskripsi

                                                                    Badak Bercula Satu

Deskripsi Umum

Badak bercula satu adalah satu di antara hewan yang hanya dapat ditemukan di Indonesia. Seperti namanya, keunikan badak ini adalah culanya yang tunggal. Binatang berkaki empat ini merupakan hewan yang dilindungi oleh negara karena langka dan nyaris punah.

Deskripsi Bagia

Binatang ini bermoncong panjang dan memiliki lubang hidung yang besar. Tepat di atas moncongnya adalah cula atau tanduk yang meliuk tajam. Sementara itu kuping lebarnya berada di bagian belakang kepala dan hampir berada di bagian leher atau punuknya.

Badannya besar dan berotot. Bahkan, diketahui bahwa badak bercula satu adalah hewan terbesar di Pulau Jawa. Bayangkan saja, beratnya bisa mencapai 1,5 ton.

Sekujur tubuhnya dilapisi oleh kulit tebal yang bentuknya hampir tampak seperti baju kesatria yang terbuat dari logam. Warna kulitnya cokelat hampir menyerupai abu pucat, seperti warna batuan gunung yang kukuh.

Badak yang besar ini disokong oleh keempat kakinya yang kukuh pula. Masing-masing kakinya berkuku tiga. Kukunya tebal dilapisi oleh kulit yang tebal pula untuk menyokong badannya yang tinggi besar.

Penutup

Alangkah luar biasanya binatang langka primadona Indonesia ini. Sudah sepatunya kita semua turut melestarikan hewan ini dengan cara setidaknya benar-benar mengenalnya. Tak kenal maka tak sayang bukan?

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Deskripsi

                                                                          Pantai Parangtritis

Deskripsi Umum

Satu di antara andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya, Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta.

Deskripsi Bagian

Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat.

Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok. Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa.

Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya embusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Seakan tersihir kita menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke hamparan air laut.

Penutup

Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai Parangtritis ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir.

Tua muda menikmati embusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda atau angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.

 

Sumber: Bocahkampus, Serupa

Video Populer

Foto Populer