Sukses


Windy Cantika Tambah Medali Angkat Besi ke-13 Indonesia di Olimpiade, Bersaing dengan Bulutangkis

Bola.com, Jakarta Nama Windy Cantika Aisah booming setelah berhasil mendapatkan medali pada cabang olahraga angkat besi yang dilaksanakan Sabtu (24/07/2021).

Windy Cantika Aisah berhasil memperoleh medali perunggu dalam ajang Olimpiade pertamanya, sekaligus menjadi atlet Indonesia pertama yang berhasil meraih medali pada ajang yang diselenggarakan di ibu kota Jepang tersebut.

Sebelumnya, Windy Cantika Aisah sempat gagal pada percobaan pertamanya dalam jenis angkatan snatch. Namun, pada kesempatan kedua ia berhasil mengangkat barbel dari lantai ke atas kepala dengan satu gerakan tak terputus. Lifter bernomor 49 kg ini sukses mengangkat beban dengan total 84 kg.

Sedangkan pada jenis angkatan clean jerk, ia berhasil mengangkat barbel pada tiap percobaan yang dilakukannya, dimana masing-masing 103 kg, 108 kg, dan 110 kg. Karena, percobaan ketigalah yang paling besar, maka ia memperoleh raihan angkatan clean & jerk sebesar 110 kg.

Secara akumulasi, ia berhasil mengangkat beban sebesar 194 kg. Meskipun angka nya dibawah lifter asal China Zhihui Hou (210 kg) dan lifter India Chanu Saikhom Mirabai (202 kg), ia berhasil meraih medali perunggu pertamanya dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Menambah Koleksi Medali yang Diperoleh Indonesia

Secara keseluruhan, Indonesia berhasil meraih 32 medali dalam ajang Olimpiade, dimana 19 diantaranya berasal dari cabang olahraga bulu tangkis.

Cabang olahraga angkat besi sendiri sebelumnya berhasil meraih 12 medali, terpaut 7 dari bulu tangkis. Sedangkan jumlah medali paling sedikit adalah dari cabang olahraga panahan, yakni satu buah medali.

Dengan raihan medali yang diperoleh Windy Cantika Aisah pada ajang Olimpiade Tokyo 2020, maka jumlah medali pada cabang angkat besi Indonesia turut bertambah menjadi 13 medali. Hal ini tentu saja bersifat sementara karena masih ada atlet-atlet seperti Eko Yuli Irawan, Deni, Nurul Akmal, dan Rahmat Erwin Abdullah yang akan bertanding pada beberapa waktu mendatang.

Terimakasih kepada Windy yang sudah berhasil mengharumkan nama Indonesia. Semoga hal ini bisa diikuti oleh para atlet dari berbagai cabang olahraga Indonesia lainnya di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

 

Ajang multievent Olimpiade Tokyo 2020 bisa pembaca Bola.com saksikan melalui TV teresterial INDOSIAR dan O Channel. Selain itu juga bisa di layanan over the top (OTT) VIDIO baik gratis maupun berbayar dengan 12 channel tambahannya, serta channel Champions TV 1, 2 dan 3 yang dikelola IEG (Indonesia Entertainment Group), salah satu anak perusahaan di Emtek Group. Yuk nikmati sajian live streamingnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer