Sukses


12 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Aman

Bola.com, Jakarta - Rambut rontok sering kali membuat kita menjadi tak percaya diri. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk kembali menumbuhkan dan memanjang rambut.

Pertumbuhan rambut memang tidak dapat dilakukan secara instan, biasanya rambut membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tumbuh dan panjang kembali.

Ada beberapa faktor yang bisa menghalangi pertumbuhan rambut, seperti kurangnya asupan vitamin, salah dalam perawatan, hingga faktor genetik.

Perlu diketahui, ada cara yang lebih mudah dan murah untuk memanjangkan rambut. Satu di antaranya memijat kepala secara rutin.

Berikut 12 cara memanjangkan rambut dengan cepat dan aman, yang bisa Anda coba terapkan, seperti dikutip dari Lifehack, Senin (26/7/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

1. Gunakan Air Dingin ketika Mandi

Ketika Anda membilas rambut, usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan air panas, akan lebih baik menggunakan air dingin.

Hal tersebut dikarenakan air panas dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering, sebaliknya air dingin berfungsi mencegah kekeringan di rambut karena air dingin mampu melindungi sebum atau minyak alami.

2. Menggunakan Produk Masker Rambut Mengandung Kafein

Kafein dapat memberi Anda dorongan energi, tetapi ada beberapa penelitian menemukan kafein juga memiliki efek pertumbuhan pada rambut Anda.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa kafein dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut baru pada tingkat molekuler, seluler, dan organ pada pria dan wanita..

3. Pijat Kulit Kepala 

Anda dapat mencoba memanjangkan rambut tanpa bahan apa pun, caranya dengan memijat kepala secara rutin paling tidak tiga kali dalam satu minggu.

Hal tersebut akan membantu melancarkan peredaran darah pada kulit kepala sehingga proses tumbuhnya rambut akan lebih cepat.

Selain dapat memperlancar peredaran darah, memijat kulit kepala akan membersihkan kotoran-kotoran pada kulit kepala yang menyebabkan tumbuhnya jamur, seperti ketombe yang terkadang menjadi penghambat tumbuhnya rambut.

3 dari 5 halaman

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

4. Memakai Kondisioner setelah Keramas

Untuk membantu memanjangkan rambut lebih cepat, Anda dapat menggunakan kondisioner setelah keramas. Selain dapat membantu memanjangkan rambut, penggunaan kondisioner dapat membuat rambut menjadi lebih halus.

Untuk menggunakannya, oleskan kondisioner dari tengah rambut ke ujung rambut dengan berlahan hingga merata ke seluruh bagian rambut, dan bilas menggunakan air hingga bersih.

5. Gunakan Minyak Penumbuh Rambut secara Rutin

Penggunaan minyak penumbuh rambut harus dilakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebagian besar minyak penumbuh rambut sarat bahan-bahan penghidrasi yang membantu menciptakan fondasi yang sehat untuk kulit kepala dan rambut Anda.

Anda dapat mencoba menggunakan minyak jarak yang sarat vitamin E, asam lemak, dan mineral. Minyak jarak tidak hanya anti-inflamasi dan anti-mikroba, tetapi juga membantu menjaga kelembapan kulit kepala.

6. Jangan Terlalu Sering Mengikat Rambut

Jangan terlalu sering mengikat rambut. Seiring waktu kerusakan struktural pada rambut Anda akan menyebabkan helai rapuh dan pecah.

 

4 dari 5 halaman

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

7. Hindari Mewarnai Rambut

Anda sering mewarnai rambut? Jika ingin mempercepat pertumbuhan rambut, sebaiknya Anda jangan terlalu sering mewarnai rambut.

Pastinya Anda sudah tahu pewarna rambut mengandung bahan kimia sehingga jika terlalu sering digunakan, bahan kimia yang terkandung di dalamnya dapat merusak kulit kepala hingga menghambat pertumbuhan rambut.

8. Perbanyak makanan yang mengandung protein

Untuk mempercepat pertumbuhan rambut, Anda bisa mulai memperbanyak konsumsi makanan yang kaya kandungan protein.

Fungsi protein bagi rambut adalah meningkatkan produksi keratin sehingga pertumbuhan rambut akan makin cepat. Adapun makanan yang mengandung protein, seperti daging ayam, telur, daging sapi, dan kacang almond.

9. Perawatan Rambut dengan Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya dalam menutrisi serta menyehatkan rambut sudah tidak diragukan lagi. Lidah buaya selalu menjadi kunci berbagai cara memanjangkan rambut.

Tidak heran banyak produsen produk perawatan rambut yang menggunakan tanaman satu ini sebagai bahan dasar pembuatan produknya.

Namun, untuk mendapatkan manfaatnya secara lebih maksimal, akan lebih baik jika Anda menggunakan lidah buaya secara langsung, bukan menggunakan produk-produk perawatan rambut yang mengandung tanaman tersebut.

5 dari 5 halaman

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

10. Gunakan Suplemen atau Vitamin Penumbuh Rambut

Selain dapat menggunakan minyak, Anda dapat mencoba untuk mengoleskan vitamin penumbuh rambut. Selain vitamin dalam bentuk krim, Anda juga dapat mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen.

Banyak ahli yang mengatakan, konsumsi suplemen yang kaya akan nutrisi dan vitamin dapat membantu merangsang pertumbungan rambut dengan cepat.

11. Gunakan Minyak Zaitun dan Kemiri

Minyak zaitun dan minyak kemirisudah terkenal ampuh untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Selain saat keramas, Anda dapat melakukan pemijatan kulit kepala sesaat sebelum tidur dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak kemiri.

Cukup dengan meneteskan lima tetes minyak zaitun atau minyak kemiri pada kulit kepala, kemudian pijat secara lembut selama 5-10 menit. Biarkan semalaman, lalu bilas hingga bersih pada saat mandi di pagi hari.

12. Konsumsi Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi. Itu mencegah peradangan folikel rambut, yang merupakan penyebab umum kerontokan rambut. Lemak omega-3 juga melindungi sel-sel dalam tubuh dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Untuk mendapatkan manfaat lemak omega-3, konsumsi ikan berlemak seperti salmon, tuna, atau teri dua kali seminggu. Jika Anda bukan penggemar ikan, Anda bisa mengonsumsi kapsul minyak ikan.

 

Sumber: Cosmopolitan, Lifehack

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer