Sukses


6 Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan yang Efektif dan Efisien

Bola.com, Jakarta - Cara menghemat pengeluaran bulanan patut diketahui khalayak umum agar tak mengambur-hamburkan uang atau bijak dalam mengelola uang. Terlebih dalam kondisi pandemi COVID-19 seperti sekarang, masyarakat perlu mengatur keuangan secara efektif dan efisien.

Mengontrol keuangan bukan berarti menjadi diri yang kikir atau justru pelit. Justru dengan pengelolaan uang yang baik, kamu bisa mengukur kondisi keuanganmu dengan baik.

Apalagi bagi pasangan suami istri. Anda perlu menyusun skala prioritas untuk kelanggengan bahtera rumah tangga. Pasalnya, tak sedikit rumah tangga hancur karena persoalan ekonomi.

Ketika sudah berkeluarga, Anda membutuhkan tabungan untuk biaya pendidikan anak, modal usaha setelah pensiun, biaya tidak terduga, atau untuk biaya liburan setahun sekali bersama keluarga.

Hal itu bisa tercapai dan dilakukan dengan perencanaan keuangan yang mumpuni.

Berikut cara menghemat pengeluaran bulanan agar efektif dan efisien, disadur dari Merdeka, Selasa (27/7/2021).

2 dari 7 halaman

Tetapkan Tujuan Menabung

Cara menghemat uang yang perlu diperhatikan pertama adalah menerapkan tujuan menabung. Sebelum memulai, sebaiknya Anda tetapkan terlebih dahulu tujuan atau target apa yang akan dicapai saat ingin menabung.

Misalnya, menabung untuk tujuan liburan, renovasi rumah, atau hanya sebagai simpanan uang di bank saja.

Dengan menetapkan tujuan tersebut, bisa mendorong Anda untuk lebih giat mengumpulkan uang. Sebelumnya, Anda perlu mencari tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk mencapai target tersebut serta berapa lama perkiraan waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan uang yang dibutuhkan.

Dengan mengetahui beberapa hal ini, bisa mempermudah Anda dapat menjalankan usaha menabung.

3 dari 7 halaman

Buat Rencana Tabungan

Setelah mengetahui tujuan atau target yang ingin dicapai, cara menghemat uang selanjutnya adalah dengan membuat perencanaannya.

Buatlah rencana tabungan dengan terstruktur sehingga Anda dapat mengelola keuangan dengan baik. Hal itu memberikan kemudahan untuk mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan.

Dalam hal ini, Anda bisa membuat rencana pengeluaran rutin dari kebutuhan bulanan yang dimiliki. Di sini, akan terlihat keperluan-keperluan apa saja yang dibutuhkan dan yang tidak terlalu penting.

Jika menemukan kebiasaan pengeluaran untuk hal yang kurang penting, sebaiknya hilangkan saja. Buatlah daftar belanja bulanan yang realistis, yaitu yang benar-benar dibutuhkan dan dikonsumsi sehari-hari.

Selain itu, bisa juga melakukan perubahan kecil lainnya. Misalnya dengan membiasakan diri membawa bekal makan siang dari rumah sehingga dapat menghemat biaya makan saat di kantor.

Anda juga bisa mengurangi keperluan tidak penting lainnya, yang membuat pengeluaran makin membengkak. Hal ini sangat efektif untuk menghemat uang dengan baik sehingga bisa digunakan untuk mencapai tujuan yang lain.

4 dari 7 halaman

Melunasi Tagihan atau Utang

Cara menghemat uang yang bisa dilakukan berikutnya adalah melunasi tagihan atau utang yang dimiliki. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan sisa uang dari belanja rutin untuk melunasi tagihan atau utang yang dimiliki, naik tagihan kartu kredit maupun cicilan pinjaman lain yang masih menjadi beban Anda.

Dengan melunasi tagihan atau utang lebih cepat maka akan lebih menghemat bunga yang bisa membengkak kapan saja jika tidak segera dibayar. Hal ini menjadi satu di antara cara menghemat uang yang tidak boleh disepelekan.

5 dari 7 halaman

Lakukan Riset untuk Produk Keuangan

Cara menghemat uang yang tidak kalah penting selanjutnya adalah melakukan riset untuk setiap penawaran produk keuangan yang akan digunakan. Lakukan riset sebelum mendaftar produk keuangan, seperti kartu kredit atau pinjaman.

Pastikan produk tersebut dapat memberikan Anda kenyamanan dan keuntungan terbaik. Misalnya, memilih kartu kredit dengan tingkat bunga rendah maka Anda bisa menghemat lebih banyak uang setelahnya.

Selain itu, lakukan riset pula sebelum Anda memperbarui asuransi yang dimiliki. Bandingkan premi asuransi dengan penyedia lain secara online.

Dengan begitu, Anda bisa melihat premi mana yang dapat memberikan penawaran terbaik. Hal ini juga dinilai sangat efektif untuk mengurangi pengeluaran biaya dengan lebih cermat.

6 dari 7 halaman

Buka Rekening Tabungan Terpisah

Cara menghemat uang yang tidak boleh disepelekan lainnya adalah membuka rekening tabungan secara terpisah. Buat akun rekening terpisah dengan rekening yang biasa digunakan untuk melakukan berbagai pembayaran atau tagihan.

Transfer sebagian penghasilan bulanan Anda ke rekening tabungan khusus yang telah dibuat. Cara ini dinilai efektif untuk mencegah kebiasaan konsumtif yang Anda miliki.

Sebaiknya, cari akun atau bank yang dapat memberikan tingkat bunga tinggi dan tanpa biaya. Hal ini dapat menambah pundi-pundi tabungan lebih cepat.

7 dari 7 halaman

Ubah Kebiasaan Belanja

Cara menghemat uang dengan mudah yang terakhir bisa dilakukan, yakni dengan mengubah kebiasaan belanja atau sikap konsumtif yang dimiliki. Dalam hal ini, Anda bisa mengurangi pengeluaran untuk keperluan yang tidak perlu.

Misalnya dengan menghentikan kebiasaan buruk merokok, mengurangi konsumsi alkohol, ataumengurangi makan atau membeli minuman di luar dengan membawanya sendiri dari rumah. Dengan begitu, pengeluaran harian dapat dipangkas dan dapat ditabung setelahnya.

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ayu Isti Prabandari. Published: 5/8/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer