Sukses


7 Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju, Jadikan Bersih Lagi

Bola.com, Jakarta - Memiliki baju yang terkena noda dan luntur karena kotoran memang menjengkelkan. Itulah mengapa, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan noda luntur pada baju.

Ada beberapa hal penyebab baju luntur, seperti warna baju itu sendiri saat kali pertama pencucian.

Baju yang memiliki noda luntur pastinya penampilan Anda, terlebih lagi baju yang Anda miliki berwarna putih atau hitam.

Cara termudah mengatasi noda luntur adalah dengan menggunakan pemutih. Hanya, pemutih pakaian tidak bisa digunakan pada baju berwarna gelap.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara lain yang ampuh untuk Anda gunakan agar noda luntur pada baju hilang dan tidak merusak kondisi baju.

Berikut tujug cara menghilangkan noda luntur pada baju, jadikan pakaian bersih lagi, seperti dikutip dari Howstuffworks dan 99.co, Selasa (27/7/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju

1. Menggunakan Belimbing Wuluh

Cara menghilangkan noda luntur yang ampuh untuk dicoba adalah menggunakan bahan alami seperti belimbing wuluh. Buah satu ini memiliki sifat asam sehingga bisa menjadi penghapus noda luntur yang efektif.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu memotong belimbing menjadi dua. Kemudian gosokkan bagian daging buahnya ke noda di baju dan diamkan kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu cuci pakaian seperti biasa dengan detergen dan air, lalu jemur di bawah sinar matahari.

2. Menggunakan Baking Soda

Selain sebagai bahan membuat kue, baking soda memiliki manfaat untuk menghilangkan noda luntur. Gunakan baking soda untuk menghilangkan noda luntur yang tidak terlalu banyak dan pekat.

Cukup campurkan baking soda dengan detergen, lalu oles pada bagian baju yang terkena luntur. Rendam seperti biasa, lalu sikat hingga bersih.

3. Menggunakan Jeruk Nipis

Selain menggunakan belimbing wuluh dan baking soda, Anda bisa mencoba menggunakan jeruk nipis sebagai alternatif. Cukup gosokkan potongan jeruk nipis ke permukaan noda luntur selama lima menit, diamkan sebentar, lalu cuci baju seperti biasa dengan detergen.

Noda luntur perlahan akan terangkat dari permukaan pakaian sehingga warnanya kembali seperti semula. Selain noda luntur, larutan jeruk nipis bisa Anda gunakan untuk menghilangkan noda kekuningan di baju putih.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Baju

4. Menggunakan Cuka

Cuka memiliki manfaat lain selain digunakan sebagai campuran membuat acar dan bahan masakan lainnya. Cuka bermanfaat untuk menghilangkan noda luntur pada baju.

Cukup oleskan cuka pada bagian baju yang terkena noda luntur. Diamkan sejenak, lalu bilas dengan air bersih. Kemudian cuci seperti biasa menggunakan pewangi serta detergen.

5. Menggunakan Micin dan Vestin

Siapkan ember bersih dan air hangat, campur micin atau vetsin dengan detergen. Rendam baju yang terkena noda dalam larutan tersebut.

Diamkan selama kurang lebih 30 menit atau tergantung banyak dan pekatnya noda. Lalu bilas dengan air dingin, dan cuci seperti biasa.

6. Menggunakan Larutan Alkohol

Jika noda luntur berasal dari tinta atau cat, coba gunakan larutan alkohol untuk mengatasinya. Cara ini efektif, terutama untuk menghilangkan noda luntur di baju berwarna putih.

Gosokkan alkohol pada bagian yang bernoda hingga memudar, kemudian sikat pakaian dengan detergen. Lakukan 2-3 kali hingga noda tinta atau car hilang sepenuhnya dari baju kesayangan.

7. Menggunakan Air Soda

Selain menyegarkan jika diminum, air soda berguna untuk menghilangkan noda luntur pada baju, khususnya noda luntur yang diakibatkan oleh darah atau tinta.

Caranya, tuangkan air soda ke dalam ember, lalu rendam baju Anda paling tidak semalam penuh, setelahnya cuci biasa menggunakan detergen.

 

Sumber: Howstuffworks, 99.co

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer