Sukses


6 Cara Jitu Pemda DIY Mengatasi COVID-19 Varian Delta

Bola.com, Jakarta - Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bergerak cepat setelah ditemukannya virus COVID-19 varian delta di DIY pada Sabtu (17/7/2021).

Temuan varian Delta di DIY ini merupakan hasil WGS SARS-COV-2 menggunakan metode Amplicon-based dari specimen COVID -19 yang dilaksanakan oleh Laboratorium WGS Pokja Genetik Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Terkait temuan varian Delta dari pasien positif COVID-19 di DIY tersebut, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, menyiapkan beberapa cara jitu untuk mencegah dan mengatasi penularan akibat varian ini.

Sultan membeberkan akan ada enam langkah strategi yang akan dijalankan di DIY.

Berikut enam cara jitu Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mengatasi virus COVID-19 varian delta, berdasarkan rilis resmi Humas Pemda DIY.

2 dari 2 halaman

6 Cara Jitu Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta

  1. Meningkatkan kapasitas layanan rumah sakit, logistik, dan sumber daya manusia untuk penanganan COVID-19.
  2. Memastikan ketersediaan oksigen dengan melakukan komunikasi secara intens dengan Pemerintah Pusat, koordinasi berkelanjutan dengan seluruh rumah sakit, serta melakukan komunikasi dengan perusahaan dan distributor oksigen.
  3. Memulai distribusi obat gratis bagi pasien isoman.
  4. Menaikkan kapasitas tracing merujuk pada angka positif di DIY dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia laboratorium untuk meningkatkan kecepatan analisis spesimen.
  5. Melaksanakan vaksinasi berbasis kemitraan secara lebih massif dan meningkatkan kapasitas vaksinasi di fasilitas kesehatan.
  6. Mempercepat vaksinasi tahap keempat bagi masyarakat pada bulan Juli, yang sedianya akan dilaksanakan pada bulan Agustus tahun 2021.
3 Gol Terbaik BRI Liga 1, Salah Satunya Tendangan Spektakuler Irsyad Maulana

Video Populer

Foto Populer