Sukses


4 Fakta Lianne Tan yang Takluk dari Gregoria Mariska di Olimpiade Tokyo: Bangga Berdarah Indonesia, Pernah Foto Bareng Owi / Butet

Bola.com, Jakarta Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, melangkah ke 16 besar Olimpiade Tokyo 2020 setelah mengalakan pemain Belgia, Lianne Tan, Rabu (28/7/2021). Gregoria menang dua gim langsung 21-11, 21-17. 

Kemenangan itu membuat Gregoria menyapu bersih laga di grup M setelah sebelumnya juga menang atas wakil Myanmar, Thet Htar Thuzar. Di babak 16 besar Gregoria sudah ditunggu penghuni juara grup N, Ratchanok Intanon asal Thailand.

Yang menarik, lawan Gregoria pada laga kedua fase grup M Olimpiade Tokyo itu ternyata punya darah Indonesia. Ya Lianne Tan, berdarah Indonesia dan Belgia. 

Ibunya merupakan orang Belgia. Adapun darah Indonesia yang mengalih dalam dirinya berasal dari sang ayah.

Di akun Instagram pribadinya, Liana Tan, beberapa kali mengunggah foto yang menyebut-nyebut Indonesia. Bahkan, ada caption foto yang ditulisnya menggunakan bahasa Indonesia. 

Berikut ini beberapa fakta menarik tentang Lianne Tan, pebulutangkis Belgia yang punya darah Indonesia.   

 

 

2 dari 6 halaman

1. Ditangani Pelatih asal Indonesia

Lianne Tan bukan hanya berdarah Indonesia, yang berasal dari sang ayah. Bahkan, ia juga ditangani oleh pelatih asal Indonesia. 

Pelatihnya adalah Indra Bagus Ade Chandra. Dia merupakan anggota tim pelatih tim bulutangkis Belgia, yang juga pernah melatih di berbagai negara. 

 

 

3 dari 6 halaman

2. Ayah dan Adik Juga Bermain Bulutangkis

Lianne Tan mengatakan bermain bulutangkis karena mengikuti jejak sang ayah dan sang kakak. Kakanya, Yuhan Tan. Dalam wawancara dengan BWF ia menceritakan alasan kapan mulai menggeluti bulutangkis. 

"Di kampung halaman saya, pada usia 8 tahun, karena ayah saya, kakak perempuan, dan kakak laki-laki saya semuanya bermain bulutangkis.  Saat ini, saya menikmati olahraga ini, karena saya senang dengan rasa kemenangan. Saya juga melakukan perjalanan, dan bertemu orang-orang dari berbagai penjuru dunia," kata dia, dalam wawancara dengan BWF. 

 

4 dari 6 halaman

3. Bangga Berdarah Indonesia dan Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan

"Jangan lupakan asal Anda. Berdarah separuh Indonesia merupakan sesuatu yang membuat saya bangga. Selamat hari kemerdekaan Indonesia," tulis Lianna ketika mengunggah foto bersama kakaknya saat berpakaian ala Indonesia. 

"Foto lama ini diambil saat Indonesia Open 2012. Saya suka melihat lagi foto ini, membangkitkan kenangan menyenangkan, yang saya nikmati bersama saudara laki-laki saya ketika tur bulutangkis."

5 dari 6 halaman

4. Berfoto Bareng dan Dukung Owi Butet

Lianne Tan juga pernah berfoto bareng ganda campuran legendaris Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, saat berlaga di Olimpiade Rio de Janeiro 2012. Dia berfoto dengan memegang syal bertuliskan "Ayo Indonesia". 

Foto tersebut diunggah di akun Instagram pribadinya, dengan disertai keterangan foto dengan menggunakan bahasa Indonesia. "Yeaay!! Owi/Butet masuk final!! Congrats!! Tim Merah Putih!! Satu lagi." 

Foto yang kembali diunggah pada Januari 2019  saat Liliyana Narsir pensiun selepas Indonesia Masters. 

"Terima kasih Butet, telah menginspirasi banyak orang. Anda benar-benar terbaik dari yang terbaik."

Ajang multievent Olimpiade Tokyo 2020 bisa pembaca Bola.com saksikan melalui TV teresterial INDOSIAR dan O Channel. Selain itu juga bisa di layanan over the top (OTT) VIDIO baik gratis maupun berbayar dengan 12 channel tambahannya, serta channel Champions TV 1, 2 dan 3 yang dikelola IEG (Indonesia Entertainment Group), salah satu anak perusahaan di Emtek Group. Yuk nikmati sajian live streamingnya dengan mengklik tautan ini.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Wawancara Khusus Memphis Depay

Video Populer

Foto Populer