Sukses


Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia yang Perlu Diketahui dan Dipahami

Bola.com, Jakarta - Proklamasi menjadi pernyataan resmi tentang kemerdekaan dan terbebas dari belenggu penjajah. Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Ir Soekarno pada Jumat, 17 Agustus 1945, di Jl. Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta.

Setelah berhasil menyatakan kemerdekaan, Indonesia resmi menjadi negara yang berdaulat. Indonesia bebas untuk menentukan nasib bangsa tanpa harus dibelenggu para penjajah.

Rangkaian peristiwa bersejarah inilah yang membawa perubahan besar. Meski hanya berlangsung singkat, pembacaan proklamasi kemerdekaan mengandung makna yang sangat penting bagi kehidupan bangsa Indonesia.

Proklamasi menjadi sebuah pengakuan atas kemerdekaan bangsa Indonesia. Perjuangan yang penuh darah dan air mata pun menjadi saksi, betapa bangsa Indonesia sangat menginginkan kemerdekaan.

Proklamasi memiliki berbagai makna mendalam bagi bangsa Indonesia. Apa saja kira-kira makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia?

Berikut ini rangkuman tentang makna proklamasi bagi bangsa Indonesia, seperti dilansir dari laman guruppkn.com, Selasa (3/8/2021) 

2 dari 6 halaman

Makna Proklamasi

1. Lahirnya Sebuah Negara Indonesia

Sebelum adanya proklamasi kemerdekaan Indonesia, tidak ada yang disebut sebagai negara Indonesia. Proklamasi kemerdekaan menjadi tanda lahirnya negara Republik Indonesia yang bebas dari penjajahan, berdiri sendiri, tanpa dikuasai oleh bangsa mana pun.

2. Puncak Perjuangan Pergerakan Kemerdekaan

Para pejuang bangsa telah berusaha mati-matian agar negara tercinta ini bebas dari penjajahan. Proklamasi Kemerdekaan merupakan puncak perjuangan kemerdekaan yang telah dilakukan selama berpuluh-puluh tahun.

3. Titik Tolak atau Awal Pelaksanaan Amanat Penderitaan Rakyat

Proklamasi menjadi awal pemerintahan dimulai, dengan mengutamakan kepentingan rakyat dalam segala urusan pemerintahan. Dengan proklamasi, penderitaan seperti saat masa penjajahan tidak dialami seluruh bangsa Indonesia.

Pengemban amanat adalah pemerintahan yang menjalankan operasional pemerintahan.

3 dari 6 halaman

Makna Proklamasi

4. Berakhirnya Segala Bentuk Penjajahan dan Dimulainya sebagai Negara Merdeka

Masa di mana menjadi bangsa yang dijajah oleh negara-negara seperti Belanda, Inggris, Jepang telah berakhir, membuka lembaran baru menjadi sebuah negara merdeka, tanpa melupakan sejarah kelam dan belajar dari masa lalu, agar ke depannya lebih baik.

5. Pernyataan De Facto

Proklamasi bagi bangsa Indonesia menjadi tanda kemerdekaan secara De Facto. De Facto merupakan istilah yang berarti kenyataan atau fakta. Makna proklamasi bagi bangsa Indonesia pada masa kini berarti Indonesia telah secara nyata merdeka dan dapat dibuktikan secara nyata.

6. Menaikkan Martabat Bangsa

Makna proklamasi bagi bangsa Indonesia merupakan bentuk dari martabat bangsa. Sebelum merdeka, status bangsa Indonesia masih dianggap sebagai bangsa jajahan.

Negara jajahan biasa dianggap rendah dan tidak memiliki banyak hak. Kini, Indonesia menjadi negara bebas dengan martabat yang sama dengan bangsa-bangsa merdeka lainnya.

4 dari 6 halaman

Makna Proklamasi

7. Tonggak Sejarah bangsa Indonesia

Dengan tonggak sejarah proklamasi, 'bangunan' yang akan berdiri di atas tonggak sejarah tersebut diharapkan masyarakat yang berkepribadian dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Bangunan yang berdiri abadi sepanjang masa. Tidak lekang oleh waktu. Tidak goyah dan hancur dengan berbagai ujian yang ada.

8. Aspek Hukum

Makna proklamasi dari aspek hukum berarti berlakunya konstitusi dan hukum di Indonesia. Semua warga negara mempunyai persamaan kedudukan dalam hukum.

Tanpa memandang jenis kelamin, ras, suku, agama, warna kulit dan berbagai perbedaan lain proses peradilan berlaku bagi siapa saja yang melakukan kejahatan.

5 dari 6 halaman

Makna Proklamasi

9. Aspek Historis

Makna proklamasi bagi bangsa Indonesia ditinjau dari aspek historis maksudnya adalah dengan adanya proklamasi, titik akhir sejarah kesusahan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah dan menjadi titik awal Indonesia sebagai negara merdeka.

10. Aspek Sosiologis

Makna proklamasi bagi bangsa Indonesia pada aspek sosiologis, yaitu munculnya rasa bebas dan merdeka dalam diri seluruh rakyat Indonesia.

11. Aspek Kultural

Dengan adanya Proklamasi maka muncul peradaban baru di mana harkat dan martabat semua masyarakat Indonesia sejajar (sama). Rasa kemanusiaan yang muncul pada kehidupan masyarakat mulai berkembang dengan cepat.

6 dari 6 halaman

Makna Proklamasi

12. Aspek Politis

Makna Proklamasi bagi bangsa Indonesia pada aspek politis, yaitu dapat menegaskan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang berdaulat dan memiliki kedudukan sama dengan negara-negara lainnya.

13. Aspek Spiritual

Makna Proklamasi pada aspek spiritual, yaitu menyadarkan kita bahwa kemerdekaan yang telah bangsa Indonesia peroleh merupakan rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Makna ini juga berarti bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang berketuhanan Yang Maha Esa.

 

Sumber: Guruppkn

Video Populer

Foto Populer