Sukses


Ciri-Ciri Teks Deskripsi, Struktur, Langkah Menyusun, dan Contohnya yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Teks deskripsi merupakan teks yang menceritakan atau menggambarkan tentang suatu peristiwa, objek atau tempat, yang ditulis sacara detail.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks deskripsi yaitu teks yang memaparkan sesuatu dengan kata-kata yang jelas dan terperinci.

Isi dalam teks deskripsi menggambarkan objek secara konkret. Tujuan teks deskripsi ialah menggambarkan objek dengan memerinci secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis.

Jadi, penulis harus menggambarkan objek sekonkret mungkin sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar hingga merasakan apa yang dideskripsikan.

Adapun objek yang dibicarakan pada teks deskripsi lebih bersifat khusus. Kemudian objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal.

Untuk lebih jelasnya, bisa memahami ciri-ciri teks deskripsi, struktur hingga contohnya. Dengan begitu, kamu bisa lebih paham apa itu teks deskripsi.

Berikut ini rangkuman tentang ciri-ciri teks deskripsi, struktur, hingga contohnya yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman iup-ugm.com, Rabu (4/8/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Ciri-ciri Umum Teks Deskripsi

1. Pada setiap paragraf memiliki isi yang berupa penggambaran atau deskripsi.

2. Penjelasan yang digunakan untuk menggambarkan suatu hal sangat detail dan terperinci.

3. Melibatkan kesan indra yang dapat membuat pembaca ikut juga merasakan apa yang sedang dibahas pada teks tersebut.

4. Lebih menjelaskan lagi ciri fisik atau psikis objek sehingga terfokus pada satu hal yang dijelaskan.

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Penggunaan Bahasa Teks Deskripsi

1. Memunculkan kata ganti orang dalam teks deskripsi.

2. Menggunakan berbagai kata khusus yang digunakan untuk menggambarkan suatu objek (warna yang lebih terperinci, seperti merah, kuning, hijau).

4. Menggunakan bahasa kiasan/metafora

5. Terdapat kata keterangan seperti halnya keterangan cara, tempat, dan informasi yang berhubungan dengan objek agar mudah dipahami dan lebih jelas. Seperti di kebun, di toko, di sekolah, dan lainnya

5. Menggunakan bahasa yang memang digunakan dalam keseharian.

6. Menggunakan kalimat yang lebih terperinci dalam menggambarkan objek.

7. Menggunakan majas agar bisa melukiskan dengan konkret apa yang sebenarnya.

4 dari 6 halaman

Struktur Teks Deskripsi

  • Judul

Adanya judul digunakan untuk mengetahui isi dari teks deskripsi tersebut.

  • Identifikasi

Kalimat pengantar yang nantinya akan mengantarkan mengenai topik yang akan dibahas dalam teks deskripsi.

  • Klarifikasi

Penggolongan atau urutan topik yang sedang dibahas.

  • Deskripsi

Berisi penjelasan yang memang detail dari topik yang sedang dibahas. Hal itu untuk memberikan efek emosional pada pembaca sehingga apa yang digambarkan dalam teks seolah-olah bisa dilihat, didengar, maupun dirasakan sendiri oleh pembaca.

5 dari 6 halaman

Langkah-Langkah Menulis Teks Deskripsi

- Menentukan judul yang akan dibahas supaya penulis mendapatkan gambaran dari apa yang ditulis dalam teks deskripsi.

- Mengumpulkan berbagai informasi mengenai hal yang akan dibahas. Penulis bisa mencari literatur berupa buku ensiklopedia atau website resmi dari apa yang dibahas.

- Membuat kerangka tulisan atau garis besar dari teks deskripsi yang akan dituangkan dalam tulisan. Kerangka juga bertujuan untuk menjadi pedoman dalam menulis.

- Mengembangkan kerangka tulisan menjadi paragraf yang bagus, penulis bisa memanfaatkan bahan yang sudah disediakan untuk mengembangkan kerangka karangan.

6 dari 6 halaman

Contoh Teks Deskripsi

                                                                         Kucing Imut

  • Identifikasi

Kucing merupakan hewan sekaligus sahabat terbaik bagi manusia. Ia hewan peliharaan yang lucu, imut, dan nurut. Namun, tak sedikit pula kucing yang ditelantarkan oleh majikannya. Membuatnya susah cari makanan di sembarang jalan.

  • Klarifikasi

Beberapa minggu yang lalu, aku mulai mengadopsi seekor kucing yang aku temukan di pinggiran jalan raya. Jalanan yang ramai penuh transportasi yang bersimpangan. Menurutku, nyawa kucing bisa terancam bila tak diselamatkan. Untuk itu aku menggedongnya untuk kubawa ke rumah.

  • Deskripsi

Kucing tersebut masuk jenis kucing semi anggora usia muda, hasil silangan dari induk anggora dan kucing lokal. Kucing tersebut memiliki warna yang terbilang unik. Tiga warna dalam satu makhluk, yakni putih, hitam, dan cokelat. Di bagian kepala dipenuhi warna putih dan di sebagian perut berkombinasi bercak hitam dan cokelat.

Tubuhnya yang masih kecil membuatnya terlihat seperti boneka. Terlebih dengan matanya yang berwarna semi biru, membuatnya terlihat langka. Ketika aku menemukannya minggu kemarin, ia dalam keadaan kotor dan sekarang lebih terlihat cantik dan imut. Sekarang kuberi kucing tersebut dengan nama Cuties.

 

Sumber: iup-ugm.com

Video Populer

Foto Populer