Sukses


Manfaat Perdagangan Internasional bagi Suatu Negara yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Perdagangan Internasional merupakan kegiatan jual beli antara dua negara atau lebih. Kegiatan tersebut menjadi satu di antara sektor yang mampu meningkatkan sektor ekonomi suatu negara.

Jadi, kegiatan perdagangan internasional bisa dijadikan sebagai motor penggerak bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Perdagangan internasional tidak hanya berdampak pada pendapatan negara. Akan tetapi, juga turut serta membuka peluang kerja, menjaga hubungan baik antarnegara, dan meningkatkan kemakmuran.

Tujuan utama lain dari perdagangan internasional ialah untuk memenuhi kebutuhan yang tidak ada di negara tersebut. Hal tersebut menunjukkan perdagangan internasional akan sama-sama menguntungkan bagi kedua pihak.

Manfaat perdagangan internasional bisa dirasakan apabila ada kesepakatan bersama antara negara satu dengan negara yang bersangkutan.

Ada banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan perdagangan internasional yang dilakukan oleh suatu negara. Apa saja manfaatnya?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat perdagangan internasional bagi suatu negara, seperti dilansir dari laman materiips.com, Rabu (4/8/2021).

2 dari 7 halaman

Manfaat Perdagangan Internasional

Memperoleh Barang yang Tidak diproduksi di Negeri Sendiri

Kondisi SDA dan SDM yang berbeda-beda pada setiap negara akan memengaruhi suatu produksi bagi setiap negara. Maka dari itu, adanya perdagangan internasional dan kegiatan ekspor impor barang yang tidak bisa dipoduksi oleh negara sendiri dapat diperoleh dari negara lain.

Memperluas Pasar dan Menambah Keuntungan

Tak sedikit produsen di dalam negeri tidak mengoptimalkan produksi dari perusahaannya karena takut kelebihan produksi sehingga barang tidak laku dan membuat harga jual turun hingga mengakibatkan kerugian besar.

Adanya perdagangan internasional, para pengusaha dapat memperluas pasar dan memproduksi barang sebanyak-banyaknya tanpa takut rugi.

Transfer Teknologi Modern

Adanya perdagangan internasional membuat produsen dapat mempelajari teknik produksi yang lebih efisien, yaitu dengan menggunakan teknologi yang modern.

Jadi, perdagangan internasional dapat menjadi unsur-unsur budaya dalam pelajaran atau masukan bagi pengusaha yang belum memiliki teknologi modern.

3 dari 7 halaman

Manfaat Perdagangan Internasional

Mempererat Hubungan Antarbangsa

Perdagangan internasional dapat mempererat hubungan antarbangsa. Dengan begitu, setiap negara yang bekerja sama akan mempunyai rasa membutuhkan satu sama lain sehingga rasa persahabatan pun akan tumbuh.

Hubungan antarnegara pun akan menjadi makin harmonis karena antarnegara saling memberikan keuntungan bagi negara yang ikut dalam kerja sama tersebut.

Negara Makin Makmur

Perdagangan internasional dapat membuat negara makin makmur. Hal ini terjadi karena jika ada suatu negara kekurangan atau kelebihan barang maka yang kekurangan akan membeli dan yang kelebihan akan menjual sehingga pendapatan negara menjadi meningkat.

Satu di antara ukuran kemakmuran suatu negara dilihat dari bidang ekonominya.

4 dari 7 halaman

Manfaat Perdagangan Internasional

Memperluas Kesempatan Kerja

Adanya perdagangan internasional menjadikan pemasaran barang makin luas. Hal ini menyebabkan naiknya permintaan barang untuk dikirim ke berbagai negara.

Dengan naiknya permintaan jumlah produksi, akan makin banyak membutuhkan sumber daya manusia sehingga tercipta kesempatan kerja yang luas.

Menambah Devisa Negara

Dengan dilakukannya perdagangan internasional, akan meningkatkan devisa negara. Ketika suatu perusahaan mengekspor barang maka akan mendapatkan bayaran berupa mata uang asing dari negara pembeli.

Mata uang asing itulah yang disebut dengan devisa. Makin luas pemasaran barang maka makin banyak devisa yang akan diperoleh.

Mendorong Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Adanya persaingan dalam perdagangan internasional menjadikan setiap negara ingin menghasilkan produk dengan kualitas terbaik.

Hal tersebut menjadi pendorong suatu negara untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi agar produk yang dihasilkan mempunyai kelebihan dibandingkan produk negara lainnya.

5 dari 7 halaman

Manfaat Perdagangan Internasional

Mudah Memperoleh Barang dengan Harga Lebih Murah

Melalui perdagangan internasional, pembeli bisa mendapatkan berbagai barang yang harganya sangat murah, tetapi memiliki kualitas yang baik. Dengan barang yang lebih murah daripada memproduksi sendiri yang akan memakan biaya yang tinggi, mengimpor barang dari luar, bisa menjadi pilihan.

Mendorong Kegiatan Ekonomi Dalam Negeri

Dengan adanya perdagangan internasional maka produksi dalam negeri akan meningkat agar dapat meningkatkan hasil ekspor. Dengan begitu, para pengusaha dalam negeri akan berlomba dalam memproduksi barang dan akan membutuhkan tenaga kerja sebanyak-banyaknya.

Mempererat Hubungan Politik

Selain mempunyai manfaat pada berbagai bidang ekonomi juga memiliki manfaat pada bidang politik. Perdagangan internasional dapat mempererat hubungan politik setiap negara. hal ini menyebabkan rasa persahabatan makin erat.

6 dari 7 halaman

Manfaat Perdagangan Internasional

Membantu Meningkatkan Daya Saing Ekonomi

Dengan adanya perdagangan internasional maka akan menciptakan persaingan setiap negara yang ikut serta pada perdagangan internasional. Persaingan yang tercipta haruslah persaingan sehat. Persaingan ini dapat dilakukan melalui meningkatnya kemampuan produsen bagi setiap negara.

Meningkatkan Investasi

Dengan adanya perdagangan internasional, bisa menarik para investor untuk menanamkan saham. Dengan menunjukkan hasil produksi yang baik, akan banyak investor yang ingin menginvestasikan modalnya.

Makin banyak investor yang menanamkan saham maka akan makin meningkat pula pembangunan dan perekonomian. Dengan banyaknya investor, dapat juga menambah lapangan kerja. Dengan banyak lapangan kerja maka pengangguran akan makin berkurang.

7 dari 7 halaman

Manfaat Perdagangan Internasional

Mencegah Perdagangan Barang yang Membahayakan

Melalui perdagangan internasional bisa mencegah terjadinya penjualan senjata, obat-obatan terlarang, hewan langka, atau barang lain yang membahayakan.

Oleh karena itu, setiap negara di dunia memiliki bea cukai, hal ini untuk memeriksa setiap barang yang datang, apakah barang tersebut aman atau membahayakan.

Pemeriksaan ini perlu dilakukan untuk melihat pajak barang tersebut, dan untuk memastikan apakah barang itu legal atau ilegal.

Menciptakan Harga yang Stabil

Jika dalam suatu negara tidak bisa memproduksi suatu barang atau barang tersebutsulit didapatkan maka harga akan cenderung sangat tinggi.

Dengan adanya perdagangan internasional, tidak akan ada situasi tersebut karena barang yang sulit didapatkan, bisa diimpor dari negara lain sehingga harga menjadi tetap stabil.

Mengenal Berbagai Mata Uang Negara Lain

Dengan adanya perdagangan internasional tentu akan ada proses ekspor atau impor. Hal tersebut dapat mengetahui berbagai mata uang dari negara yang saling berhubungan.

Beberapa mata uang yang dijadikan alat pembayaran dalam perdagangan internasional, di antaranya dolar Amerika Serikat dan poundsterling Inggris.

 

Sumber: Materiips

Video Populer

Foto Populer