Sukses


Manfaat Vaksinasi COVID-19 yang Penting untuk Diketahui

Bola.com, Jakarta - Pemberian vaksin menjadi solusi paling tepat untuk mengurangi risiko terinfeksi virus corona penyebab COVID-19. Vaksin COVID-19 disuntikkan untuk mendorong tubuh membentuk antibodi yang berguna melawan infeksi virus corona.

Untuk memutus penyebaran COVID-19, masyarakat diberikan vaksin. Di Indonesia, program vaksinasi sudah berjalan sejak awal tahun 2021 dan masih berjalan hingga sekarang.

Pemerintah menganjurkan agar semua orang mendapatkan vaksin. Saat ini, vaksinasi COVID-19 terus dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Melalui program vaksinasi tersebut diharapkan bisa memunculkan kekebalan tubuh untuk mengurangi risiko terinfeksi COVID-19 lebih parah.

Tak hanya itu, melakukan vaksin COVID-19 mendatangkan beberapa manfaat lain. Apa saja manfaat vaksinasi COVID-19?

Melansir dari laman smartcity.jakarta.go.id, Jumat (6/8/2021), ada beberapa manfaat melakukan vaksinasi COVID-19 yang perlu diketahui.

2 dari 6 halaman

Mencegah Gejala COVID-19 Lebih Parah

Seseorang yang sudah mendapatkan vaksin akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dan meminimalisasi seseorang terinfeksi COVID-19.

Jadi, seseorang yang sudah divaksinasi kemudian terpapar COVID-19, gejala yang timbul akan sangat ringan, berbeda dibandingkan dengan individu yang belum disuntik vaksin.

Vaksin COVID-19 dapat melindungi Anda dengan menciptakan antibodi atau sistem kekebalan dalam tubuh, untuk memerangi virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19.

Dengan antibodi tersebut, tubuh Anda akan terlatih untuk mencegah dan melawan infeksi COVID-19.

3 dari 6 halaman

Melindungi Orang Sekitar

Dengan vaksin, seseorang tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga keluarga dan orang-orang di sekitar. Hal ini karena tidak semua orang dapat menerima vaksin COVID-19.

Saat ini, vaksin hanya diberikan kepada mereka yang sehat, tidak memiliki penyakit berat, dan persyaratan lainnya.

Mereka yang tidak bisa divaksinasi mengandalkan orang sudah vaksin untuk mengurangi penyebaran COVID-19. Makin banyak orang yang divaksinasi, makin kecil kemungkinan orang yang terinfeksi menularkan penyakit ini ke orang lain.

4 dari 6 halaman

Melindungi dan Membantu Tenaga Kesehatan

Pandemi COVID-19, membuat rumah sakit kewalahan karena fasilitas dan sumber daya yang terbatas. Banyak rumah sakit mencapai kapasitasnya untuk menerima pasien-pasien COVID-19 dan non-COVID-19.

Tenaga kesehatan yang merawat pasien harus rela bertahan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) agar terhindar dari COVID-19.

Dengan makin banyak orang yang divaksinasi, orang yang terinfeksi dan penyebarannya tentu akan berkurang. Hal ini tentu bisa mengurangi beban tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan.

5 dari 6 halaman

Pandemi Bisa Segera Berakhir

Makin banyak orang yang divaksinasi COVID-19, makin besar pertahanan diri seseorang dalam melawan virus. Hal ini akan mendorong pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok.

Herd immunity inilah yang akan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 sekaligus mengakhiri pandemi. Menerima vaksinasi dan tetap menjaga diri dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M) akan mengoptimalkan kemungkinan pandemi ini segera berakhir.

 

6 dari 6 halaman

Melindungi Generasi Masa Depan

Dengan menurunnya tingkat infeksi COVID-19 dan terputusnya mata rantai pandemi, Anda dapat melindungi generasi masa depan dari penderitaan panjang akibat terinfeksi penyakit ini.

Hal itu sudah terbukti berdasarkan catatan-catatan sejarah. Sebagai contohnya, Indonesia secara resmi dinyatakan bebas polio pada 2014 oleh WHO karena berhasilnya vaksinasi polio tiga tahap di Indonesia.

Pada masa lampau begitu banyak penyakit yang disebabkan virus-virus mematikan. Maka, inilah saatnya bagi Anda untuk menyelamatkan generasi masa depan dari efek penyakit COVID-19 yang berbahaya dengan cara mengikuti vaksinasi.

Video Populer

Foto Populer