Sukses


Cara Memakai Masker Dobel yang Benar untuk Mencegah COVID-19

Bola.com, Jakarta - Tertib memakai masker merupakan satu di antara cara sederhana untuk melindungi diri sendiri dan orang terdekat dari virus corona penyebab COVID-19.

Seperti diketahui, hingga saat ini penyebaran COVID-19 di beberapa negara masih belum mereda, termasuk di Indonesia. Berbagai upaya sudah dilakukan untuk menghentikan penularan virus tersebut.

Selain mengikuti vaksinasi, menerapkan 3M, yakni mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan memakai masker menjadi cara efektif menghentikan penyebaran virus corona.

Saat ini, menggunakan masker disarankan bagi orang yang bepergian untuk mengantisipasi penularan virus.

Apalagi virus corona tak hanya menyebar melalui percikan air liur orang yang bersin atau batuk saja, tetapi juga melalui udara.

Jadi, metode utama penyebaran virus corona dari satu orang ke orang lain bersama dengan partikel udara yang lebih kecil, yang disebut aerosol, diproduksi ketika orang berbicara atau mengembuskan napas.

Hal itu yang menjadi landasan kenapa orang-orang harus memakai masker saat berada di keramaian. Hingga saat ini, sudah jelas masker dapat mencegah penularan virus corona dan menyelamatkan nyawa.

Melansir dari web RSI Sultan Agung, Jumat (6/8/2021), penggunaan masker dobel lebih efektif mencegah COVID-19 daripada penggunaan satu masker, meski jenis masker yang digunakan masker bedah.

Masker bedah bisa menghalangi partikel udara yang berpotensi menularkan virus corona sebanyak 84,3 persen. Sementara, saat didobel dengan masker kain, perlindungannya bisa meningkat hingga 96,4 persen.

Namun, ada aturan pemakaian masker dobel yang harus ditaati agar perlindungan yang didapatkan benar-benar efektif. Berikut ini rangkuman tentang cara memakai masker dobel yang benar untuk mencegah COVID-19.

2 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Masker Dobel yang Benar

Penggunaan masker dobel harus dilakukan dengan cara yang benar agar bisa bekerja secara efektif. Berikut cara pakai masker dobel yang benar:

  • Gunakan masker bedah sebagai lapisan pertama.
  • Pastikan kawat tipis yang terdapat di bagian atas masker bedah ditekan ke arah wajah sehingga bentuknya mengikuti bentuk hidung.
  • Lapisi masker bedah dengan masker kain yang terdiri dari tiga lapis kain. Pakailah masker kain yang ukurannya pas.
  • Pastikan tali atau karet masker kain dikaitkan dengan baik pada telinga atau diikat di bagian belakang kepala.
  • Coba embuskan napas dan rasakan apakah masih ada udara yang mengalir dari sisi atas dan sisi samping masker. Bila masih ada, atur kembali posisi dan kekencangan masker.
  • Pastikan tetap bisa bernapas dengan nyaman dan tidak merasa pusing atau berkunang-kunang karena pemakaian masker dobel ini.

Meski ditutupi masker kain, masker bedah tetap harus dibuang setelah sekali pakai. Sementara itu, masker kain bisa digunakan kembali, tetapi harus dicuci dulu sampai bersih.

Namun, penting untuk diketahui dan diingat, masker dobel yang disarankan dhanyalah kombinasi dari masker bedah dan masker kain. Jangan melapisi masker bedah dengan masker bedah lainnya karena ini tidak akan memberikan perlindungan yang lebih baik.

Sementara untuk anak-anak, pemakaian masker dobel tidak direkomendasikan karena dapat membuat anak sulit bernapas.

3 dari 3 halaman

Cara Lain untuk Membuat Masker Lebih Efektif

Jika merasa tidak nyaman memakai masker dobel, bisa mengakali masker bedah supaya terpasang lebih pas ke wajah. Caranya sebagai berikut:

  • Lipat masker bedah menjadi dua bagian sehingga bagian atas dan bawah bertemu.
  • Ikat tali pengait masker di sisi kiri dan kanan hingga membentuk simpul di dekat masker.
  • Lipat sudut-sudut masker ke bagian dalam.
  • Kenakan masker, lalu tekan kawat agar mengikuti bentuk hidung sehingga tidak ada celah antara masker dengan wajah.

Adapun cara lainnya ialah dengan menggunakan mask fitter atau mask braces pada bagian luar masker bedah untuk menyangga dan menekan masker sehingga tidak ada celah antara wajah dan masker.

Penggunaan masker dobel bisa lebih melindungi seseorang dari paparan virus corona. Namun, jangan lupa bahwa ini hanya satu di antara cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah COVID-19.

Di samping mengenakan masker dengan benar, penting untuk melakukan physical distancing, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan, dan mendapatkan vaksin COVID-19 untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar dari virus corona.

Video Populer

Foto Populer