Sukses


Ciri-Ciri Interaksi Sosial dan Syaratnya yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis berkaitan dengan hubungan antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok dan individu dengan kelompok.

Sebagai makhluk sosial, manusia akan berusaha melakukan interaksi dengan manusia lainnya. Sangat jarang atau bahkan hampir tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Maka itu, interaksi sosial sangat penting.

Interaksi sosial bisa terjadi di mana saja, termasuk di lingkungan sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melakukan interaksi sosial, bisa saling membantu kepada orang lain agar bisa tetap bertahan hidup.

Untuk mengetahui apa apakah interaksi yang terjadi adalah interaksi sosial atau bukan, kita perlu mengenal berbagai ciri dan syarat terjadinya interaksi sosial di kehidupan.

Ada beberapa ciri-ciri sebuah interaksi bisa disebut sebagai interaksi sosial. Apa saja ciri-cirinya?

Berikut ini rangkuman tentang ciri-ciri interaksi sosial, seperti dilansir dari laman repository.uin-suska.ac.id, Jumat (6/8/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Syarat Interaksi Sosial

Sebelum membahas ciri-ciri interaksi sosial, ketahui terlebih dahulu syaratnya. Interaksi sosial tidak terjadi apabila tidak memenuhi dua syarat ini, yaitu kontak sosial dan komunikasi.

1. Kontak sosial

Kontak sosial adalah sebuah cara yang dilakukan seseorang dalam proses interaksi sosial. Kontak artinya sama-sama menyentuh, tetapi dalam interaksi sosial, kontak tidak selalu terjadi interaksi atau hubungan fisik karena orang bisa berbicara melalui telepon, ponsel maupun surat.

2. Komunikasi

Komunikasi menjadi satu di antara syarat interaksi sosial karena dengan adanya komunikasi, pesan yang ingin kita sampaikan jadi tersampaikan. Secara harfiah, komunikasi adalah kegiatan saling menafsirkan perilaku (gerakan fisik, pembicaraan atau sikap), dan perasaan-perasaan yang tersampaikan.

3 dari 4 halaman

Ciri-ciri Interaksi Sosial

1) Jumlah pelaku lebih dari seorang, bisa dua atau lebih.

2) Adanya komunikasi antara para pelaku dengan menggunakan simbol-simbol. Simbol yang paling umum digunakan untuk berkomunikasi adalah bahasa. 

3) Adanya suatu dimensi waktu yang meliputi masa lampau, kini, dan akan datang. Hal ini berarti dalam setiap interaksi sosial ada konteks waktu yang menentukan batasan dari interaksi tersebut.

4) Adanya tujuan-tujuan tertentu, terlepas dari sama atau tidak sama dengan yang diperkirakan oleh para pengamat. Tujuan tersebut dapat menentukan apakah interaksi akan mengarah kepada kerja sama atau mengarah kepada pertentangan.

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Orang yang Berinteraksi Sosial dengan Baik

1) Mampu dan bersedia menerima tanggung jawab.

2) Berpartisipasi dengan gembira dalam kegiatan yang sesuai dengan tingkatan usia.

3) Segera menangani masalah yang menuntut penyelesaian.

4) Senang menyelesaikan dan mengatasi berbagai hambatan yang mengancam kebahagiaan.

5) Tetap pada pilihannya sampai diyakini bahwa pilihan itu benar.

6) Mengambil keputusan dengan senang tanpa konflik dan tanpa banyak menerima nasihat.

7) Lebih baik memperoleh kepuasan dan prestasi yang nyata ketimbang prestasi yang imajiner.

8) Dapat menggunakan pikiran sebagai alat untuk menciptakan tindakan, bukan akal untuk menunda atau menghindari suatu tindakan.

9) Belajar dari kegagalan dan tidak mencari-cari alasan untuk menjelaskan kegagalan.

10) Tidak membesar-besarkan keberhasilan atau mengharapkan pada bidang yang tidak berkaitan.

11) Mengetahui waktu bekerja bila saatnya bekerja dan mengetahui bermain bila saatnya bermain.

12) Dapat mengatakan 'tidak' dalam situasi yang membahayakan kepentingan sendiri.

13) Dapat mengatakan 'ya' dalam situasi yang akhirnya menguntungkan.

14) Dapat menunjukkan amarah secara langsung bila bersinggung atau bila haknya dilanggar.

15) Dapat menunjukkan kasih sayang secara langsung dengan cara dan takaran yang sesuai.

16) Dapat menahan sakit atau emosional bila perlu.

17) Dapat berkompromi bila menghadapi kesulitan.

18) Dapat memusatkan energi pada tujuan yang penting dan menerima kenyataan bahwa hidup adalah perjuangan yang tak kunjung berakhir.

 

Sumber: Uin-suska.ac.id

Video Populer

Foto Populer