Sukses


Telah Usai, Yuk Simak Serunya Pertarungan Bola Voli Olimpiade Tokyo 2020

Bola.com, Jakarta Cabang olahraga voli Olimpiade Tokyo 2020 baru saja usai pada Minggu (08/08/2021).

Di nomor putri, Amerika Serikat secara mengejutkan berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Brasil 3-0 pada pertandingan yang diselenggarakan di Ariake Arena.

Medali emas ini yang pertama bagi bola voli putri AS setelah sebelum-sebelumnya hanya berhasil meraih medali perak dan medali perunggu.

Sedangkan pada nomor putra, Prancis juga mengejutkan juga berhasil meraih medali emas pertamanya juara bertahan, Rusia dengan skor tipis 3-2.

Tidak hanya itu, medali emas ini menjadi gelar pertama bagi Prancis di ajang Olimpiade setelah sebelum-sebelumnya selalu gagal menembus empat besar.

Banyak hal tidak terduga yang terjadi di Ariake Arena. Yuk kita simak perjalanan cabang olahraga voli di Olimpiade Tokyo 2020 ini!

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 6 halaman

Pertarungan di Babak Fase Grup

Pada pertandingan fase grup Sabtu (24/07/2021) ini, Rusia digadang-gadang dapat mempertahankan gelar juaranya setelah berhasil mengalahkan Tunisia 3-0.

Meskipun begitu, Rusia pada akhirnya berhasil menduduki posisi pertama klasemen grup B dengan total raihan empat kali menang dan satu kali kekalahan. Sedangkan Brasil menduduki posisi kedua setelah kalah perolehan poin dari Rusia. Prancis hanya berhasil finis di posisi keempat dengan total raihan sebesar 8 poin.

Di nomor putri, Amerika Serikat dan Brasil kukuh sebagai penguasa klasemen di poolnya masing-masing. Amerika berhasil meraih 10 poin dari empat kemenangan dan satu kekalahan, sedangkan Brasil mendapatkan 14 poin dari lima kemenangan beruntun di babak fase grup.

3 dari 6 halaman

Prancis Putra Unjuk Gigi di Perempat Final

Meskipun hanya finis di posisi keempat klasemen nomor putra, Prancis mulai unjuk gigi di perempat final. Prancis berhasil menyapu kemenangan 3-2 di perempat final saat melawan Polandia, Selasa (03/08/2021). Rusia dengan mudah melibas Kanada dengan skor telak 3-0. Sedangkan tuan rumah Jepang, harus keok di tangan Brasil dengan skor telak 0-3.

Sedangkan di nomor putri, nasib Rusia tidak seberuntung tim putra. Rusia keok di tangan Brasil 0-3. Sedangkan Amerika Serikat kembali memenangkan pertandingan perempat final dengan mengalahkan Republik Dominika dengan skor telak juga 3-0.

4 dari 6 halaman

Juara Bertahan Putra Kandas di Semifinal

Tak disangka-sangka, juara bertahan nomor putra, Brasil, keok 1-3 dari Rusia, Kamis (05/08/2021). Pada pertandingan semifinal tersebut Brasil bahkan hanya mampu memenangkan set pertama dengan skor 25-18.

Sedangkan Prancis berhasil menang telak atas Argentina di semifinal. Mereka berhasil menang telak 3-0. Trevor Clevenot dan Earvin Ngapeth masing-masing mencatatkan 14 poin dan 12 poin.

Di nomor putri, Amerika Serikat dan Brasil dengan ganas melibas lawannya di semifinal dengan skor telak 3-0. Amerika berhasil mengalahkan peraih medali perak edisi 2016, Serbia dengan hasil poin yang jauh 75-57. Sedangkan nasib tim putri Brasil lebih baik. Mereka berhasil menaklukan Korea Selatan dengan skor 75-48.

5 dari 6 halaman

Final Mendebarkan

Dengan kemenangan Prancis dan Rusia di semifinal, maka mereka dipertemukan untuk memperebutkan medali emas pada pertandingan yang diselenggarakan Sabtu (07/08/2021) kemarin. Pada pertandingan tersebut, pertandingan berjalan sangat sengit. Pasalnya pertandingan final ini harus dilalui sampai lima set. Meskipun begitu, Rusia gagal memenangkan pertandingan tersebut setelah kalah 2-3.

Sedangkan negara yang kalah di semifinal putra, yakni Brasil dan Argentina dipertemukan di pertandingan perebutan perunggu. Meskipun begitu, Brasil kembali kalah, dengan begitu medali perunggu jadi milik Argentina.

Di nomor putri, Amerika Serikat tanpa ragu mendominasi permainan atas Brasil dari set pertama hingga ketiga, dimana mereka berhasil memenangkan tiga set tersebut secara berturut-turut, yakni 25-21, 25-20, dan 25-14.

Di satu sisi, Serbia akhirnya memenangkan medali perunggu setelah berhasil mengalahkan Korea Selatan dengan skor telak 3-0.

6 dari 6 halaman

Perolehan Medali

Dengan berakhirnya Olimpiade Tokyo 2020 ini, maka Prancis menjadi negara satu-satunya yang berhasil menjuarai medali emas di nomor putra setelah sebelum-sebelumnya selalu gagal di ajang Olimpiade.

Sedangkan Rusia harus puas setelah hanya meraih medali perak. Di satu sisi, Juara bertahan Olimpiade Rio Brasil harus menelan pil pahit setelah hanya finis di posisi empat terbaik. 

Di nomor putri, Amerika Serikat juga berhasil mendapatkan medali emas perdananya di ajang Olimpiade setelah sebelum-sebelumnya hanya berhasil meraih medali perunggu dan perak. 

Di nomor putri juga Brasil harus puas mendapatkan medali perak meskipun nasibnya lebih baik ketimbang nomor putranya. Sedangkan Serbia harus puas juga mendapatkan perunggu setelah sebelumnya berhasil meraih medali perak di Olimpiade Rio 2016 silam.

 

Ajang multievent Olimpiade Tokyo 2020 bisa pembaca Bola.com saksikan melalui TV teresterial INDOSIAR dan O Channel. Selain itu juga bisa di layanan over the top (OTT) VIDIO baik gratis maupun berbayar dengan 12 channel tambahannya, serta channel Champions TV 1, 2 dan 3 yang dikelola IEG (Indonesia Entertainment Group), salah satu anak perusahaan di Emtek Group. Yuk nikmati sajian live streamingnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer