Sukses


Kawinkan Medali Emas Tim Putra dan Putri, Yuk Kita Simak Perjalanan Timnas Basket Amerika Serikat di Olimpiade Tokyo 2020

Bola.com, Jakarta - Amerika Serikat berhasil keluar sebagai juara bola basker putra dan putri Olimpiade Tokyo 2020.

Dengan kemenangan ini, Amerika Serikat sukses mempertahankan medali emas tim putra dan putri sejak edisi 2004 di Athena.

Seperti diketahui, timnas basket putra Amerika Serikat bertanding terlebih dahulu di final yang diselenggarakan Sabtu (07/08/2021).  Kevin Durant dkk. berhasil menumbangkan Prancis 87-82.

Sedangkan di nomor putrinya, Sue Bird dkk. sukses mempermalukan tuan rumah Jepang dengan skor 90-75 pada pertandingan yang diselenggarakan Minggu (08/08/2021).

Bola.com akan merangkum perjalanan Timnas Basket AS selama Olimpiade Tokyo 2020 ini. Yuk, disimak selengkapnya!

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 6 halaman

Tampil Impresif Semenjak Babak Penyisihan

Di Olimpiade Tokyo 2020, tim putra Amerika Serikat berada di grup A, bersanding dengan Prancis, Republik Ceska, dan Iran.

Pada pertandingan perdananya, Minggu (25/07/2021), Amerika Serikat secara mengejutkan tumbang di tangan Prancis dengan skor tipis 76-83.

Meskipun begitu, Amerika Serikat yang dipimpin oleh Kevin Durant ini sukses melahap dua pertandingan selanjutnya di fase grup dengan kemenangan telak. Mereka lalu membantai Iran pada pertandingan 120-66.

Sedangkan pada pertandingan ketiga, Amerika Serikat juga kembali memenangkan duel atas Republik Ceska dengan skor tebal, yakni 119-84.

Sementara, tim basket putri Amerika Serikat berhasil menyapu semua pertandingannya di babak fase grup dengan kemenangan, yakni melawan Nigeria 81-72, Jepang 86-69, dan Prancis 93-82. Dengan kemenangan beruntun tersebut, timnas basket putri AS berhasil menduduki puncak klasemen grup B dengan total raihan 6 poin.

 

3 dari 6 halaman

Bertemu dengan Negara Berat di Perempat Final

Lolosnya Amerika Serikat di babak fase grup akhirnya mempertemukan mereka dengan lawannya di Final Olimpiade Rio 2016, yakni Spanyol.

Spanyol yang diperkuat pemain hebat seperti Ricky Rubio sempat membuat Amerika Serikat kewalahan. Pebasket berusia 30 tahun tersebut sukses mencatatkan 38 poin pada pertandingan perempat final yang diselenggarakan pada Selasa (03/08/2021).

Meskipun begitu, Amerika Serikat berhasil comeback di tiga kuarter terakhir, yakni 24-22, 26-20, dan 26-18. Di pertandingan perempat final ini, Kevin Durant sukses mencatatkan 29 poin.

Sedangkan di nomor putri, Amerika Serikat bertemu dengan Australia. Pada pertandingan yang diselenggarakan Rabu (04/08/2021)ini, Amerika Serikat sukses mencatatkan kemenangan 79-55.

4 dari 6 halaman

Pertandingan Semakin Sengit

Pada pertandingan semifinal, timnas basket putra Amerika Serikat yang bertemu dengan Australia. Pada pertandingan yang diselenggarakan Jumat (06/08/2021), Amerika Serikat tertinggal 18-24 di kuarter pertama. Meskipun begitu, Jrue Holiday sukses menutup pertandingan kuarter kedua lewat dua poinnya. Di kuarter kedua ini, Amerika Serikat unggul 24-21.

Sedangkan di kuarter ketiga, Amerika Serikat menjadi-jadi. tembakan bola yang dilemparkan mereka seringkali berhasil memasuki ring Australia. Di kuarter ketiga ini mereka menang telak 32-10. Di kuarter terakhir, kedua tim tampil sangat apik, di mana skor berakhir seri 23-23.

Meskipun begitu, poin yang diperoleh Amerika Serikat secara akumulatif jauh lebih unggul dibanding Australia, yakni 97-78. Dengan begitu, Kevin Durant dkk. berhak melaju ke final Olimpiade.

Tim putri Amerika Serikat menumbangkan melawan Serbia. Adapun poin paling banyak dipersembahkan oleh Brittney Griner dan Chelsea Gray dimana masing-masing mencetak 15 dan 14 poin. 

5 dari 6 halaman

Comeback Di Final

Setelah mengalami kekalahan di pertandingan pertama babak penyisihan, timnas basket putra Amerika Serikat enggan mengulangi hal tersebut untuk kedua kalinya.

Duel berjalan sangat sengit. Baik Prancis maupun Amerika Serikat balas membalas dalam mencetak poin. Bahkan di detik-detik akhir pertandinga,  Prancis berhasil menambah poinnya lewat Nando De Colo.

Meskipun begitu, Kevin Durant berhasil memerlebar selisih poin tersebut berkat dua poinnya yang dicetak melalui free throw. Amerika Serikat sukses meraih medali emas dengan skor akhir 87-82.

Sedangkan di nomor putri, Amerika Serikat bertemu dengan tuan rumah Jepang. Mereka berhasil memenangkan tiga kuarter dengan kemenangan, yakni 23-14, 27,25, 25-17. AS kalah pada kuarter keempat dengan skor dan 15-19.

Amerika Serikat menang 90-75 atas tuan rumah Jepang, menjadikan mereka sebagai peraih medali emas dalam 7 edisi berturut-turut.

6 dari 6 halaman

Kembali Menang Secara Back to Back

Dengan kemenangan tim putra-putri di Olimpiade Tokyo, maka jumlah medali yang diraih Amerika Serikat lewat cabang olahraga basket semakin unggul di antara negara-negara lainnya.

Tim basket putra Amerika Serikat berhasil mengoleksi 19 medali sepanjang sejarah Olimpiade. Medali-medali tersebut terdiri dari 16 emas, 1 perak, dan 2 perunggu.

Sedangkan tim basket putri Amerika Serikat berhasil merebut 11 medali, rinciannya adalah 9 emas, 1 perak, dan 1 perunggu.

 

Video Populer

Foto Populer